Apakah benar lulus Jurusan Hubungan Internasional bisa langsung kerja di luar negeri? Banyak sekali pertanyaan mengenai jurusan yang satu ini. Bukan tanpa alasan, Jurusan Hubungan Internasional termasuk jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa karena dianggap memiliki prospek kerja yang cukup menarik.

Lantas bagaimana kuliah di Jurusan Hubungan Internasional? Apa saja yang dipelajari dan apakah jurusan ini tergolong jurusan yang susah? Biar tidak penasaran, yuk simak penjelasannya dibawah ini!

Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional adalah program studi yang mempelajari isu-isu global seputar politik, ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan dengan tujuan hubungan antar negara. Mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai organisasi internasional, sistem politik internasional, konflik etnik, hak asasi manusia hingga ekonomi internasional.

Mahasiswa akan dibekali ilmu dan kondisi yang mengharuskan mereka berfikir logis dan kritis untuk menghadapi tantangan tingkat nasional maupun internasional. Harapannya, lulusan Jurusan Hubungan Internasional, mampu berperan aktif dalam sektor kemanusian, kerja sama, dan pembangunan antar negara.

Untuk mendukung kompetensi mahasiswa, Jurusan Hubungan Internasional menawarkan berbagai bidang kajian seperti studi mengenai perdamaian internasional, Pembangunan Internasional hingga politik Internasional.

Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional haruslah memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan juga bahasa inggris yang baik.

Mata Kuliah Jurusan Hubungan Internasional

Berikut ini adalah contoh beberapa mata kuliah yang ada di Jurusan Hubungan Internasional.

  • Sejarah Hubungan Internasional
  • Politik Internasional
  • Organisasi Internasional
  • Sejarah Diplomasi
  • Hukum Internasional
  • Politik Luar Negeri Indonesia
  • Hubungan Internasional di Amerika
  • Hubungan Internasional di Eropa
  • Hubungan Internasional di Asia Timur
  • Hubungan Internasional di Timur Tengah dan Afrika
  • Ekonomi Politik Internasional
  • dan lain-lain

Selain mata kuliah di atas, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional juga akan mendapatkan mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan dan juga Agama.

Untuk Gelar Lulusan Hubungan Internasional diantaranya S.Sos, S.IP, S.Hub.Int, atau S.H. tergantung perguruan tinggi masing-masing. Jadi pastikan sebelum mendaftar, lakukanlah riset maupun cek akreditasi perguruan tinggi yang akan dipilih ya!

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Tidak ada syarat khusus maupun tertulis untuk masuk ke dalam Jurusan Hubungan Internasional. Sama seperti jurusan yang lain, syarat masuk jurusan ini adalah melalui seleksi bersama perguruan tinggi yaitu SNBP, SNBT dan Ujian Mandiri yang diadakan tiap peguruan tinggi.

Jika ada syarat tidak tertulis yang memudahkan kamu nantinya dalam masa studi, sobat eCampuz bisa menemukannya di bawah ini!

Jurusan Hubungan Internasional bisa untuk lulusan IPA,IPS, maupun Bahasa. 

Baca Juga : 16 Jurusan Kuliah IPA yang Cocok Untuk Perempuan dan Prospek Kerjanya

Prospek Kerja Jurusan hubungan Internasional

Lulusan Jurusan Hubungan Internasional memiliki prospek kerja yang cukup banyak, hal ini dikarenakan ilmu pengetahuan dan skill yang di dapat selama masa perkuliahan. Berikut ini beberapa prospek kerja yang bisa dipilih.

Duta Besar

Pekerjaan ini tergolong sukar untuk di dapat, akan tetapi Jurusan Hubungan Internasional mempunyai peluang lebih untuk mengisi posisi ini. Seorang duta besar dipilih oleh presiden dengan tujuan menjaga hubungan internasional antar negara dan mengenalkan negara Indonesia di kancah Internasional

Staf Kedutaan

Staf kedutaan memiliki fungsi dan tugas tergantung pada penempatan divisinya. Misalnya, jika seseorang ditempatkan di staf divisi politik, maka tugas yang dilakukan adalah melaporkan iklim politik negara tujuan, mencakup terorisme, demonstrasi massa, kekerasan kelompok, maupun pertikaian.

Staf Ahli

Staf ahli adalah pekerjaan dibawah kementrian tertentu untuk membantu menteri dalam pengumpulan informasi, analisis, rekomendasi dan juga memecahkan masalah.

Government Relations Officer

Karir yang satu ini adalah bekerja pada perusahaan asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Sebagai Government Relations Officer, seseorang memiliki tugas untuk menjadi penghubung antar perusahaan tempatnya bekerja dengan pemerintah.

Untuk Menjadi Government Relations Officer haruslah memiliki skill diplomasi yang baik, sebab akan berhubungan dengan kebijakan pemerintah dan juga melakukan lobi.

Wartawan atau Jurnalis

Dengan kemampuan berpikir logis dan kritis, lulusan Hubungan Internasional berpeluang bekerja menjadi wartawan maupun jurnalis. Apalagi, jika ditambah dengan kemampuan berbahasa asing, akan memungkinkan bekerja pada media nasional maupun internasional.

Konsultan Internasional

jurusan hubungan internasional

Konsultan Internasional adalah seseorang yang memiliki wewenang untuk memberikan saran mengenai isu global yang terjadi terhadap klien maupun perusahaan tempatnya bekerja.

Seorang konsultan internasional haruslah memperhatikan isu isu global  yang tengah berkembang untuk mengambil sebuah keputusan. Konsultan Internasional bisa bekerja secara independen maupun di perusahaan berskala internasional.

International Officer

Sobat eCampuz mempunyai cita cita bekerja di kantor PBB? Menjadi International Officer membuka potensi untuk teman-teman bekerja di PBB loh. Seorang International Officer memiliki tugas untuk menangani persoalan atau kasus internasional  di Kementerian Luar Negeri, Konsulat, Kedutaan Besar, Atase, maupun INGO (International Non Governmental Organization). 

Itu dia beberapa karir lulusan hubungan Internasional. Selain pekerjaan di atas, seorang lulusan hubungan internasional juga mempunyai peluang berkarir sebagai dosen, politisi hingga entrepreneur.

Rekomendasi Perguruan Tinggi Jurusan Hubungan Internasional

Di bawah ini, adalah rekomendasi Perguruan TInggi dengan Jurusan Hubungan Internasional yang dianggap terbaik di Indonesia.

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Diponegoro (Undip)
  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Binus University
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • President University
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Katolik Parahyangan

Pastikan sobat eCampuz melakukan riset maupun cek akreditasi perguruan tinggi dan jurusan supaya tidak salah dalam memilih tempat berkuliah.

Sekian penjelasan mengenai Jurusan Hubungan Internasional, semoga membantu teman teman menemukan kampus impian.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment