Agar tidak salah pilih jurusan, jangan lupa ikuti tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang bisa membantu kamu menentukan pilihan jurusan maupun program studi yang cocok untuk kamu.

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, calon mahasiswa umumnya akan disibukan oleh fase pemilihan jurusan. Selain menyimak tips menentukan jurusan perkuliahan, mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah gratis juga dapat mempermudah pengambilan keputusan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu usaha yang dilakukan untuk menghindari kesalahan pemilihan jurusan perkuliahan.

8 Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Gratis yang Bisa Kamu Coba

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Gratis yang Bisa Kamu Coba

Mengetahui minat dan bakat dalam fase penentuan jurusan kuliah dapat dilakukan dengan melakukan tes atau percobaan psikologis. Minat dan bakat merupakan psikologi yang seharusnya dilakukan oleh tenaga ahli dan kompeten dibidangnya contohnya psikolog.

Berdasarkan jurnal Bridging the Gap menyatakan bahwa tes minat bakat biasanya terdiri dari 3 hal yaitu pengetahuan, pendidikan dasar dan yang tidak kalah pentingnya adalah skill (kemampuan). Beberapa hal yang dilakukan tes nantinya akan ditarik kesimpulan berdasarkan hasil yang telah dikerjakan oleh calon mahasiswa.

Berikut ini adalah tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang bisa membantu kamu mengetahui potensi dalam diri:

1. Test MBI (Myers-Briggs Type Indicator)

Tes minat bakat jurusan kuliah gratis pertama yang bisa kamu coba adalah MBTI. MBTI (Myers-Brigg Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang dikembangkan oleh ibu dan Katharine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers guna mengukur cara seseorang melihat dunia dan membuat keputusan. 

Tes ini dikembangkan dengan teori kepribadian yang sebelumnya diungkapkan oleh Carl Jung, yaitu tipe introvert dan extrovert. 16 tipe kepribadian MBTI didapat dari kombinasi 4 dimensi sifat dasar manusia ini. 16personalities.com adalah website paling terkenal yang menyediakan tes kepribadian ini secara gratis. Tes ini sering digunakan dalam membantu pengambilan keputusan karir yang cocok untuk tipe kepribadian tertentu. 

2. Tes Minat Bakat RIASEC

Tes RIASEC adalah salah satu tes psikologi yang bertujuan untuk mengenal diri sendiri. Selain itu, tes ini juga dapat menjadi arahan dalam memperkirakan arah potensi pekerjaan yang tepat bagi seseorang. 

Mulanya, tes minat bakat jurusan kuliah gratis ini dikembangkan berdasarkan teori kepribadian dari seorang Psikolog John Holland. Dimana RIASEC memiliki kepanjangan berdasarkan enam tipe kepribadian realistic, investigative, artistic, social, enterprising dan conventional

3. Tes Minat Bakat Career Key

Tes minat bakat Career Key menggunakan metode teori karir Holland. Tes minat bakat jurusan kuliah gratis ini membantu kamu mengidentifikasi minat yang digunakan ketika mengambil keputusan karir. Secara ilmiah, Career Key memiliki angka valid yang tinggi, artinya pengukuran berdasarkan penelitian tentang individu yang mana penelitian ini telah masuk pada jurnal nasional.

4. Tes Minat Bakat Career Explorer

Career Explore bisa menjadi tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang wajib untuk dicoba. Sistem yang diterapkan oleh tes minat bakat ini cukup unik, dimana sistem yang digunakan selalu diperbaharui secara real-time. Sehingga kapanpun kamu memasukan informasi baru, sistem mereka akan secara otomatis memperbarui.

5. Tes Minat Bakat 123 Free Career Aptitude Test

Tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang bisa kamu coba selanjutnya adalah 123 Free Career Aptitude Test. Tes ini mengharuskan kamu menjawab 15 pertanyaan ilustrasi yang menurut kamu sesuai. Hasil dari tes ini akan memberitahukan kepribadian spesifik apa yang dimiliki oleh Kawan Juang. Tidak hanya jurusan kuliah, tes ini juga bisa membantu menemukan karir pekerjaan yang pas loh!

6. Tes Minat Bakat MAPP

Test Motivational Appraisal Personal Potential (MAPP) akan membantu calon mahasiswa maupun lulusan baru dalam penilaian karirnya. Berdurasi 22 menit, tes minat bakat jurusan kuliah gratis ini memberikan data akurat berkat pengujian dari sejumlah psikolog.

7. Tes Minat Bakat Buzzfeed

Tes Buzzfeed menjadi salah satu tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang memberikan hasil jurusan dan pekerjaan apa yang paling cocok untuk Kawan Juang. Kamu diharuskan menilai minat pada subjek tertentu dan seberapa banyak kamu menyetujui pernyataan yang berbeda tentunya selaras dengan kepribadian kamu.

8. Tes Minat Bakar Princeton

Princeton memiliki 24 pertanyaan dengan pilihan jawaban alternatif. Kamu ditugaskan menjawab sepasang pertanyaan dan wajib memilih salah satu yang paling menggambarkan diri kamu. Setelah kuis selesai kamu jawab, hasil akan keluar otomatis yang akan memberikan gambaran umum tentang jenis karir dan rekomendasi jurusan yang sesuai dengan minat. Nah kamu bisa banget langsung mencoba tes minat bakat jurusan kuliah gratis yang satu ini ya!

Tips-Tips Mengerjakan Tes Minat Bakat

Setelah mengetahui beberapa platform tes minat bakat jurusan kuliah gratis diatas, selanjutnya kamu wajib mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan ketika mengerjakan tes minat bakat. Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa kamu lakukan saat mengerjakan tes minat bakat:

  • Memahami sistem yang digunakan saat tes. Hal ini dikarenakan terdapat berbagai jenis tes minat bakat jurusan. Dimana pihak perguruan tinggi tentunya akan menggunakan sistem dengan karakter dan spesifikasi yang sesuai dengan apa yang mereka tetapkan.
  • Baca secara berulang untuk memahami pertanyaan yang dimaksud oleh tes tersebut.
  • Pastikan suasana sekitar mendukung saat mengerjakan tes minat bakat jurusan kuliah gratis ini agar dapat memberikan output yang maksimal.
  • Berkonsentrasi secara penuh saat mengikuti tes sangatlah penting dilakukan. Singkirkan sejenak persoalan lain dan fokuskan pikiran kamu kepada soal-soal yang tersaji.
  • Menjaga kesehatan agar tetap fit sehingga pada saat tes tidak ada gangguan yang justru berasal dari diri kamu sendiri.

Gimana nih Kawan Juang? Setelah mengetahui platform tes minat bakat jurusan kuliah gratis dan tips yang bisa diterapkan saat ingin mengikuti test, apakah kamu siap untuk mencoba tes bakat minat untuk mengenali diri kamu?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment