Masa penerimaan mahasiswa baru merupakan waktu dimana calon mahasiswa mencari Perguruan Tinggi untuk melanjutkan studinya. Promosi kampus menjadi salah satu hal yang gencar dilakukan untuk menarik minat calon mahasiswa. Strategi promosi kampus haruslah direncanakan secara matang.

Strategi promosi kampus, bukan hanya mampu menarik calon mahasiswa, akan tetapi membuat biaya yang sudah dikeluarkan tidak sia-sia. Apabila strategi promosi digarap dengan matang, dapat memangkas biaya promosi dari awal.

Strategi Promosi Kampus

Dibawah ini adalah beberapa cara untuk menemukan strategi promosi kampus yang tepat. 

Mengenal Positioning Kampus

Langkah pertama dalam membuat strategi promosi kampus adalah mengenali positioning kampus, Positioning kampus merupakan citra yang terbentuk atau kesempatan bersaing di antara kampus yang lain.

Positioning bisa dilihat dari jenis perguruan tinggi, kemudian program studi di dalamnya dan juga program-program unggulan yang di adakan. Misalnya terdapat kampus swasta yang memiliki program unggulan jurusan e-sport, maka promosi kampus haruslah tertuju kepada calon mahasiswa yang menyukai game e-sport dan tidak tertarik terhadap perguruan tinggi negeri.

Dalam hal ini, positioning kampus sangat bergantung pada pengetahuan si pemasar atau tim pemasaran mengenai kampus yang akan di promosikan

Mengenal Target Audience

Setiap kampus memiliki calon mahasiswa yang berbeda. Setelah mengenal positioning, maka target audience akan terbentuk. Dengan memahami target audience, akan membuat strategi promosi lebih spesifik menyasar si calon mahasiswa.

Misalnya jika target audience merupakan calon mahasiswa kesehatan, maka strategi promosi kampus bisa menggunakan gambaran fasilitas-fasilitas unggul yang menunjang pembelajaran kesehatan. Kata kata promosi kampus juga haruslah diperhatikan supaya promosi lebih menarik.

Membangun Branding Yang Kuat

Branding merupakan citra kampus dimata calon mahasiswa. Branding yang kuat bisa membuat calon mahasiswa mengenal kampus bahkan sebelum melakukan promosi. Misalnya Universitas Terbuka yang sudah memiliki branding kuliah online, tanpa perlu melakukan promosi, jika seseorang ingin berkuliah online maka jawabannya adalah Universitas Terbuka.

Masih banyak branding yang bisa di isi oleh kampus lain, tergantung dari program kampus, positioning dan juga target audience nya.

Menggunakan Media Sosial

Di era digital sekarang ini, media sosial bukan hanya sebagai media menyampaikan informasi saja. Lebih dari itu, media sosial digunakan untuk branding dan juga media promosi kampus. Menggunakan media sosial salah satu cara yang efektif membangun awareness sebab hampir seluruh mahasiswa adalah pengguna media sosial

Strategi promosi kampus di media sosial haruslah disesuaikan dengan algoritma dan juga content yang berkualitas supaya kemungkinan dilihat oleh calon mahasiswa besar

Baca Juga : 7 Cara Promosi Kampus paling Efektif di Era Digital

Menggunakan Search Engine

Search Engine yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah google. Volume pencarian perguruan tinggi di google sangatlah tinggi. Sebab, google akan menyajikan informasi sesuai dengan apa yang user tanyakan tak terkecuali seputar informasi kuliah.

Website yang kredibel serta menggunakan kaidah SEO akan lebih mudah tampil di halaman pertama mesin pencarian atau google. Strategi promosi kampus bisa melalui landing page yang berisikan informasi seputar perguruan tinggi atau menggunakan artikel yang menarik

strategi promosi kampus

kuliahaja.id adalah platform penyedia informasi lengkap bagi calon mahasiswa seputar dunia kuliah. kuliahaja.id memiliki tujuan menghubungkan calon mahasiswa dengan kampus impiannya. Bagi kampus yang ingin menjadi mitra kuliahaja.id bisa melakukan pendaftaran di sini tanpa dipungut biaya alias gratis

Mengadakan Acara Khusus

Acara khusus yang dimaksud bermacam jenisnya, mulai dari perlombaan, seminar, expo campus dan masih banyak lagi. Strategi promosi kampus ketika melakukan acara khusus haruslah matang, sebab biasanya mengeluarkan biaya promosi yang cukup banyak.

Acara tersebut juga harus dikemas dengan baik sehingga tidak menimbulkan kesan hanyalah acara promosi semata. Acara khusus ini juga harus memperhatikan audience dan juga target peserta. Jangan sampai membuat acara yang tidak memiliki pes

Menyediakan informasi secara komprehensif

Sebelum melakukan promosi, haruslah menyusun jadwal serta hal-hal mengenai apa saja yang akan dipromosikan. Hal tersebut berdampak pada informasi yang akan disampaikan ketika melakukan promosi.

Menyediakan informasi secara komprehensif akan membuat calon mahasiswa memiliki anggapan bahwa kampus tersebut memiliki kredibilitas. Selain itu, informasi yang komprehensif juga membuat calon mahasiswa merasa lebih nyaman dan tidak bingung ketika ingin mendaftar

Menggunakan kata-kata promosi Yang Menarik

Kata-kata dalam promosi berpengaruh besar terhadap kesuksesan promosi. Kata-kata dalam promosi haruslah disesuaikan di media promosi yang akan digunakan. Dengan mengguanakan kalimat yang sesuai, menarik dan menjawab keresahan calon mahasiswa, maka potensi keberhasilan promosi akan meningkat.

strategi promosi kampus

Itu dia beberapa hal mengenai strategi promosi kampus. Untuk melakukan promosi, perguruan tinggi tidak perlu menunggu masa penerimaan mahasiswa baru, sebab banyak calon mahasiswa yang masih mencari informasi seputar perguruan tinggi baik di media sosial maupun search engine. Semoga artikel di atas bisa membantu.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)