Ilmu komunikasi merupakan salah satu ilmu terapan yang memiliki peminat cukup banyak setiap tahunnya. Mempunyai prospek kerja yang cukup banyak di berbagai bidang, menjadi salah satu alasan Jurusan Ilmu Komunikasi banyak dipilih oleh calon mahasiswa. STIKOM Yogyakarta menjadi salah satu sekolah tinggi yang berfokus pada disiplin Ilmu Komunikasi.

Memiliki visi menjadi perguruan tinggi yang unggul, profesional, dan kreatif di bidang Ilmu Komunikasi berbasis teknologi komunikasi. STIKOM Yogyakarta memiliki metode pembelajaran dan jalur masuk yang bisa dipilih calon mahasiswa sesuai kondisi.

Biar tidak penasaran, ini dia informasi seputar Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Yogyakarta beserta jalur masuknya!

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta merupakan perguruan tinggi dengan fokus bidang studi pada Ilmu Komunikasi. Sebelumnya, kampus ini bernama Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) YPK dan berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM).

Sekolah TInggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta menawarkan pilihan program studi, yaitu S1 Ilmu Komunikasi, D3 Hubungan Masyarakat (Public Relations), D3 Periklanan (Advertising), dan D3 Penyiaran (Broadcasting). 

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi menggunakan metode campuran antara praktik dan teori dengan harapan lulusannya mampu bersaing di dunia kerja secara profesional didukung dengan pengalaman langsung dalam praktik kerja.

Baca Juga : 10 Universitas Muhammadiyah Terbaik di Indonesia

Jalur Masuk STIKOM Yogyakarta

STIKOM Yogyakarta

Dilansir dari website resmi STIKOM Yogyakarta, terdapat 5 jalur masuk dalam masa penerimaan mahasiswa baru, berikut di antaranya!

Jalur Reguler

Jalur ini merupakan penerimaan mahasiswa baru untuk lulusan SMA/SMK/MA yang memilih program studi D3 (Hubungan Masyarakat, Periklanan, dan Penyiaran) atau S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta melalui pendaftaraan reguler pada website resmi STIKOM Yogyakarta.

Timeline Pendaftaran Jalur Reguler

  1. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran reguler
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  4. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Rapor Semester 5/SKL/Ijazah, Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP
  5. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id dan email
  6. Setelah dinyatakan diterima, silahkan melakukan heregistrasi sesuai program studi

Tahapan Heregistrasi Jalur Reguler

Berikut adalah tahapan proses heregistrasi pendaftaran mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta:

  1. Membayar biaya heregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  2. Mengirimkan bukti pembayaran ke bagian Keuangan CP : 089517293781 (Pratiwi, A.Md)
  3. Mengisi form heregistrasi di laman https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/, login menggunakan akun yang telah dibagikan. (Cp : 0813-7425-6967, Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  4. Mengunggah berkas heregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari setelah heregistrasi pada jam kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/ Foto Bukti Pembayaran Biaya Heregistrasi
    2. Scan/ Foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/ Foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/ Foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai   Rp.10.000,-
    5. Scan/ Foto Paspor dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA)
    6. Scan/Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi
    7. Fotocopy Ijazah yang Terlegalisir
    8. Fotocopy Akta Kelahiran yang Terlegalisir
    9. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    10. Formulir Jas Almamater
    11. Formulir Kartu Mahasiswa
    12. Pas Foto Berwarna (Bukan Foto Selfie)
    13. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
    14. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    15. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp.10.000,-
    16. Resi Tanda Terima Berkas
    17. Scan /Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi

Jalur Lintas Jalur 

Lintas Jalur merupakan jalur masuk penerimaan mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa D3 atau Vokasi yang akan melanjutkan ke S1 Ilmu Komunikasi STIKOM Yogyakarta.

Jalur Lintas Jalur terdiri dari dua jenis, yaitu Lintas Jalur Alumni dan Lintas Jalur Non-alumni.

  • Jalur Lintas Jalur Alumni tidak dikenakan biaya SPA (dikhususkan bagi alumni D3 AKINDO/STIKOM Yogyakarta).
  • Jalur Lintas Jalur Non-alumni dikenakan biaya SPA sebesar Rp2.000.000,00
  • Jadwal kuliah dilakukan hari Jumat dan Sabtu

Timeline Pendaftaran Jalur Lintas Jalur/Kelas Sore (Transfer)

  1. Membuat akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran Lintas Jalur
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  4. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Pas Foto, Kartu Keluarga, Ijazah Terakhir, dan Transkrip Nilai
  5. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  6. Setelah dinyatakan diterima, silahkan melakukan heregistrasi sesuai program studi

Tahapan Heregistrasi Mahasiswa Lintas Jalur/Kelas Sore (Transfer)

  1. Membayar biaya heregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  2. Mengisi form heregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/, login menggunakan akun yang telah dibagikan. (Cp : 0813 7425 6967, Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  3. Mengunggah berkas heregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari setelah heregistrasi pada jam kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/Foto Bukti Pembayaran Biaya Heregistrasi
    2. Scan/Foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/Foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/Foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000 
    5. Scan/Foto Paspor dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA)
    6. Scan/Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi
    7. Fotocopy Ijazah Terakhir yang Terlegalisir
    8. Fotocopy KTP
    9. Fotocopy Kartu Keluarga
    10. Fotocopy Akta Kelahiran yang Terlegalisir
    11. Formulir Jas Almamater
    12. Formulir Kartu Mahasiswa
    13. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    14. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-

Jalur Pindahan

Merupakan jalur masuk bagi mahasiswa yang belum dinyatakan lulus dari kampus lain akan tetapi ingin mengubah program studi yang tersedia di STIKOM Yogyakarta. Jalur ini juga berlaku bagi mahasiswa STIKOM Yogyakarta jika belum dinyatakan lulus akan tetapi ingin berpindah ke prodi yang lain.

Timeline Pendaftaran Jalur Pindahan

  1. Membuat akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran Pindahan
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  4. Upload Bukti Pembayaran
  5. Unggah berkas: Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP, Transkrip Nilai dari Kampus Asal, Surat Pengunduran Diri dari Kampus Asal, Ijazah SMA,  (semua dalam format PDF)
  6. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  dan email
  7. Setelah dinyatakan diterima, silahkan melakukan heregistrasi sesuai program studi

Tahapan Heregistrasi Mahasiswa Pindahan

  1. Membayar biaya heregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  2. Mengisi form heregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/, login menggunakan akun yang telah dibagikan. (Cp : 0813 7425 6967, Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  3. Mengunggah berkas heregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari setelah heregistrasi  pada jam kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/Foto Bukti Pembayaran Biaya Heregistrasi
    2. Scan/Foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/Foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/Foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,- 
    5. Scan/Foto Paspor dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA)
    6. Scan/Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi
    7. Fotocopy Ijazah SMA yang Terlegalisir
    8. Transkrip Nilai dari Kampus Asal
    9. Surat Pengunduran Diri dari Kampus Asal
    10. Fotocopy Akta Kelahiran yang Terlegalisir
    11. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    12. Formulir Jas dan Jaket Almamater
    13. Formulir Kartu Mahasiswa
    14. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    15. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-
    16. Scan/Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi

Jalur Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Kartu Indonesia Pintar atau KIP adalah program bantuan sosial dari pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan bagi siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Timeline Pendaftaran Jalur  KIP

  1. Membuat akun dan melengkapi data di https://kip-kuliah.kemendikbud.go.id
  2. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id  
  3. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran KIP
  4. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  5. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Rapor Semester 5/SKL/Ijazah, Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP Mengikuti seleksi dengan jadwal yang sudah ditentukan
  6. Dilakukan survey lapangan jika memungkinkan
  7. Pengumuman diterima sebagai mahasiswa STIKOM Yogyakarta

*Narahubung/CP informasi KIP STIKOM Yogyakarta : 0882005435999 (Bapak Arvian)

Penerima beasiswa KIP akan dibebaskan dari biaya pendidikan (SPA dan UKT) sesuai masa studi (3 tahun untuk program D3 dan 4 tahun untuk S1 ).

Tahapan Heregistrasi Mahasiswa Baru Jalur KIP

  1. Mengisi form heregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/, login menggunakan akun yang telah dibagikan. (Cp : 0813 7425 6967, Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  2. Mengunggah berkas heregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah heregistrasi  pada jam kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/Foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    2. Scan/Foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    3. Scan/Foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-
    4. Fotocopy Ijazah yang Terlegalisir
    5. Fotocopy Akta kelahiran yang Terlegalisir
    6. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    7. Pas Foto Berwarna (Bukan Foto Selfie)
    8. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
    9. Formulir Jas Almamater
    10. Formulir Kartu Mahasiswa
    11. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    12. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-

Jalur Kelas Karyawan/Kelas Sore ( SMA ke S1)

Jalur yang satu ini merupakan jalur masuk bagi calon mahasiswa yang akan menempuh kuliah dengan status bekerja/ karyawan perusahaan. Kegiatan kuliah akan diadakan pada sore atau malam hari.

Timeline Pendaftaraan Jalur Kelas Karyawan/Kelas Sore (SMA ke S1)

  1. Membuat akun di www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id
  2. Klik DAFTAR kemudian isi formulir pendaftaran. Pilih jalur pendaftaran kelas sore
  3. Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01 000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  4. Unggah berkas (5 berkas semua dalam format PDF): Bukti Pembayaran, Rapor Semester 5/SKL/Ijazah, Pas Foto, Kartu Keluarga, dan KTP
  5. Menunggu pengumuman diterima. Informasi akan disampaikan melalui email. Mohon selalu memantau akun www.pmb.stikomyogyakarta.ac.id dan email
  6. Setelah dinyatakan diterima, silahkan melakukan heregistrasi sesuai program studi.

Tahapan Heregistrasi Jalur Kelas Karyawan/Kelas Sore

Berikut adalah tahapan proses heregistrasi pendaftaran mahasiswa baru STIKOM Yogyakarta:

  1. Membayar biaya heregistrasi meliputi biaya Uang Kuliah Tetap (UKT) + Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA) sesuai Prodi diterima, ke BANK BRI dengan Nomor Rekening: 0029.01-000891.30.2 a/n Yayasan Pendidikan Komunikasi Akindo
  2. Mengirimkan bukti pembayaran ke bagian Keuangan CP : 089517293781 (Pratiwi,A.Md)
  3. Mengisi form heregistrasi di laman  https://stikomyogyakarta.ecampuz.com/eadmisi/, login menggunakan akun yang telah dibagikan. (Cp : 0813 7425 6967, Bapak David Miftakhurrahman, S. Kom.)
  4. Mengunggah berkas heregistrasi online atau dibawa ke kampus dan diserahkan ke bagian AKADEMIK STIKOM Yogyakarta 10 hari  setelah heregistrasi pada jam kerja ( 09.00-15.00 WIB):
    1. Scan/Foto Bukti Pembayaran Biaya Heregistrasi
    2. Scan/Foto Surat Pernyataan Kebenaran Data 
    3. Scan/Foto Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM 
    4. Scan/Foto Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-
    5. Scan/Foto Paspor dan Visa bagi calon Mahasiswa Warga Negara Asing (WNA)
    6. Scan/Foto Surat Penarikan Uang Heregistrasi
    7. Fotocopy Ijazah yang Terlegalisir
    8. Fotocopy Akta Kelahiran yang Terlegalisir
    9. Data Diri Mahasiswa yang sudah diisi 
    10. Formulir Jas Almamater
    11. Formulir Kartu Mahasiswa
    12. Pas Foto Berwarna (Bukan foto Selfie)
    13. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP
    14. Surat Pernyataan Tata Tertib STIKOM
    15. Surat Pernyataan Tidak Terlibat Kegiatan NAPZA bermaterai Rp10.000,-

Itu dia informasi mengenai STIKOM Yogyakarta beserta jalur masuk yang bisa Kawan Juang pilih berdasarkan kondisi teman-teman. Semoga artikel ini bisa membantu Kawan Juang meraih kampus impian.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment