Mau keliling Indonesia atau keliling dunia secara gratis bahkan dibayar? Tentu bisa, jika Kawan Juang berprofesi sebagai pramugari atau pramugara. Akan tetapi sebelum menjadi pramugari, Kawan Juang harus menempuh pendidikan terlebih dahulu di sekolah pramugari.

Selain cocok untuk Kawan Juang yang suka berkeliling menggunakan pesawat, profesi pramugari banyak dipilih karena gajinya yang cukup besar loh. Bagaimana, tertarik? Yuk langsung saja simak rekomendasi sekolah pramugari di Indonesia.

Sekolah Pramugari di Indonesia

Setiap perguruan tinggi atau institusi memiliki fokus yang berbeda satu sama lain, jadi sebelum mendaftar, pastikan Kawan Juang melakukan riset terlebih dahulu. Di bawah ini adalah sekolah pramugari yang bisa Kawan Juang pelajari lebih jauh jika tertarik menjadi seorang flight attendant, salah satunya adalah pramugrari.

1. Pendidikan Staf Penerbangan dan Pramugari (PSPP)

Memiliki visi menjadi lembaga pendidikan yang berperan besar dalam memajukan industri penerbangan di Indonesia dengan menyediakan SDM yang berkualitas. PSPP menjadi salah satu sekolah pramugari yang bisa dijadikan pilihan.

PSPP sudah ada di kota-kota besar indonesia seperti Yogyakarta, Jakarta, Lampung, Makassar, dan Bali dengan peminatan studi berupa pendidikan pramugari, staf penerbangan, dan Aviation Security (AVSEC).

Selama pembelajaran 4 bulan di kampus dan 2 bulan secara OJT, mahasiswa akan belajar ilmu pengetahuan terkait penerbangan, emergency procedure, table manner, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa syarat untuk masuk ke dalam PSPP.

  • Tidak hepatitis.
  • Lulusan SMA/SMK/MA sederajat.
  • Tidak buta warna.
  • Tinggi badan minimal 158 cm.
  • Tidak pernah patah tulang (khusus staf penerbangan dan keamanan penerbangan).
  • Warga Negara Indonesia.

Biaya untuk sekolah pramugari di PSPP sekitar 25-29 Juta sudah termasuk fasilitas berupa tablet Android, seragam, tas, modul, dan buku panduan untuk menunjang pendidikan muridnya.

Baca Juga : 10 Sekolah Kedinasan, Ada yang Gratis Biaya Pendidikan dan Bisa Langsung Kerja

2. Java Aviation Academy

Jika Kawan Juang tertarik menjadi pramugara, salah satu lembaga pendidikan yang menyediakan program tersebut adalah Java Aviation Academy. Selain pramugara, terdapat juga pendidikan pramugari dan ground staff.

Biaya sekolah pramugari yang berada di Jakarta ini sebesar 33 Juta Rupiah, dengan besaran biaya tersebut, fasilitas yang akan didapatkan adalah seragam, modul pelatihan, table manner, beauty class, kunjung ke bandara, dan perekrutan maskapai domestik maupun internasional.

Di bawah ini beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai peserta didik baru.

  • Minimal usia 17 hingga 25 tahun.
  • Tinggi min. 160 cm (perempuan) dan 170 cm (laki-laki).
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Pendidikan SLTA sederajat.
  • Tidak buta warna dan tidak bertato.
  • Mampu menjalani pendidikan Pramugari dan Pramugara.
  • Lulus wawancara di Java Aviation Academy.

3. Total Outsource Development (TOD)

Jika sekolah pramugari sebelumnya berfokus pada bidang pesawat saja, di Total Outsource Development (TOD), calon mahasiswa bisa belajar memberikan pelayanan di pesawat, kereta api, dan kapal laut.

Lembaga pendidikan yang berada di Yogyakarta ini mendapatkan akreditasi A oleh dinas pendidikan. Beberapa program yang ada di TOD adalah Pramugari, Staf Penerbangan/Ground Staff, dan Avsec (Aviation Security). Fasilitas yang akan di dapatkan oleh siswa terkait adalah ruangan ber-AC, lab komputer, serta ruang praktik cabin practice.

4. FAAST (Flight Attendant and Airline Staff Training)

FASST (Flight Attendant and Airline Staff Training) merupakan lembaga pendidikan untuk pramugari, pramugara, dan airline staff yang berlokasi di Yogyakarta. Sekolah pramugari ini memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan seperti tur wisata, outbond, hingga kunjungan ke bandara.

5. P3 Nusantara

P3 Nusantara merupakan lembaga pelatihan pramugari dan pramugara dengan akreditasi A. Terletak di Jl. Polisi Istimewa No. 10, Timoho, Yogyakarta, sekolah pramugari ini memiliki metode pembelajaran 4 bulan teori dan 3 bulan OJT.

6. Jogja Flight Indonesia

Dari namanya, Kawan Juang pasti langsung bisa menebak dimana lokasi sekolah pramugari yang satu ini. Jogja Flight Indonesia merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Kusuma Mahardika Yogyakarta.

Tapi jangan salah, meski pusatnya berada di Yogyakarta, Jogja Flight Indonesia memiliki banyak kantor admisi dan cabang yang mempermudah Kawan Juang dalam proses pendaftaraan. Kantor Jogja Flight bisa ditemui di daerah Yogyakarta, Jakarta, Balikpapan, Pontianak, Medan, Palembang, Manado, Gorontalo, dan masih banyak daerah lainnya.

Kampus ini memiliki program peminatan yang cukup lengkap untuk industri penerbangan loh, seperti pramugari/a, staf bandara, staf airline, aviation security, S1 manajemen udara, dan perhotelan kapal pesiar.

7. Sekar Gegani

Sekolah pramugari yang terletak di Jawa Timur ini, memiliki tiga jenis kelas pramugari/pramugara yang bisa calon siswa pilih, yaitu program kelas reguler dengan durasi 6 bulan dan kelas singkat selama 2 bulan saja untuk para lulusan SMA dan sederajat. Yang terakhir program untuk lulusan D3 atau S1, tersedia kelas kilat dengan durasi 2 minggu.

Biaya untuk sekolah di Sekar Gigani beragam, tergantung program yang diambil. Untuk program reguler sendiri biaya yang dibayarkan sekitar Rp35.000.000.

8. STTKD (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan)

STTKD mungkin sudah tidak asing di telinga Kawang Juang yang memiliki minat di bidang penerbangan. Kampus yang satu ini menyediakan berbagai jurusan untuk memenuhi kebutuhan industri penerbangan, tak terkecuali program D1 Pramugari.

Sekolah Pramugari STTKD
Fasilitas penunjang pembelajaran di STTKD. (Sumber Dok. STTKD)

STTKD memiliki banyak fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti pesawat 737-200 yang kabinnya bisa digunakan untuk praktik mata kuliah. Terdapat juga fasilitas lain seperti pesawat Cessna 150, Cessna 402, helikopter, dan masih banyak lagi.

Berapa Gaji Pramugari?

Gaji seorang pramugari berbeda-beda tergantung maskapai tempatnya bekerja. Untuk garuda indonesia misalnya. Setiap bulannya, total gaji pokok, tunjangan, serta bonus pramugari senior bisa mencapai Rp25- 30 juta sedangkan untuk junior di angka Rp15 Juta.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik Mencoba?

Bagaimana, Kawang Juang? Tertarik menjadi bagian dari penerbangan pesawat sebagai pramugari/a? Itu dia penjelasan mengenai sekolah pramugari di Indonesia. Semoga artikel di atas bisa membantu Kawan Juang menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment