Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan jurusan yang dianggap santai tetapi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan. Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi tidak terbatas pada bidang media saja, akan tetapi juga dibutuhkan di berbagai industri lain. Oleh karenanya setiap masa penerimaan mahasiswa baru, jurusan ini tidak pernah sepi peminat. 

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi tidak berputar pada hal komunikasi saja, prospek kerja jurusan ini juga merambah pada seni desain, marketing dan masih banyak lagi. Ini dia beberapa di antaranya.

Social Media Manager

Social media manager adalah seorang yang bertugas mengelola serta melakukan campaign perusahaan di sosial media. Akhir-akhir ini, sosial media bukan hanya tempat untuk promosi saja, akan tetapi sudah menjadi tempat branding dan juga membangun komunitas.

Social media manager memiliki tugas membawa tone, karakter dan juga menarik user s untuk masuk ke dalam akun sosial media perusahaan tempatnya bekerja. Jadi untuk menjadi sosial media manager haruslah mampu melakukan riset, strategi, planning dan evaluasi.

Digital Marketer

prospek kerja jurusan ilmu komunikasi

Pekerjaan yang satu ini sedang banyak diminati oleh banyak orang loh Kawan Juang, bukan tanpa alasan, seorang digital marketer mempunyai salary yang cukup besar, apalagi banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote.

Digital marketer memiliki banyak pekerjaan di dalamnya seperti tim ads, SEO, sosial media spesialis, KOL dan masih banyak lagi. Digital marketer bertugas melakukan campaign untuk kepentingan yang sudah ditetapkan perusahaan seperti awareness maupun sales atau penjualan.

Sales Person

Prospek kerja jurusan ilmu komunikasi selanjutnya adalah Sales person atau sales representative merupakan pekerjaan yang berputar pada hal jual beli produk atau layanan maupun promosi. Seorang salesperson harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan juga kemampuan persuasif.

Copywriter

Pekerjaan yang satu ini sedang banyak dicari oleh banyak perusahaan, copywriter bertugas menulis teks iklan maupun teks lain yang bertujuan untuk pemasaran. Seorang copywriter akan bekerja sama dengan tim lain seperti sosial media, website maupun tim ads untuk menciptakan teks yang mampu berdampak untuk perusahaan.

Seorang copywriter harus memiliki taste dan juga referensi yang baik, sebab teks yang dihasilkan biasanya akan ditampilkan secara visual. Seorang copywriter juga bisa bekerja secara freelance yang dibayar berdasarkan project.

Public Relations

Pekerjaan ini berhubungan erat dengan citra atau branding suatu perusahaan. Public Relations secara luas memiliki tugas untuk membangun, menjaga, serta merumuskan strategi komunikasi antara perusahaan dengan pemangku kepentingan, seperti pelanggan, investor, media, pemerintah, dan masyarakat umum.

Seorang public relations memiliki pekerjaan yang cukup berat sebab keberhasilan strategi akan berpengaruh langsung terhadap branding perusahaan dan akan menentukan keputusan penting yang akan diambil pemangku kepentingan.

Marketing Communication

Salah satu prospek kerja yang cukup banyak dibuka untuk lulusan jurusan komunikasi adalah marketing communication. Marketing communication akan bekerjasama dalam tim marketing untuk membuat konsep pemasaran yang maksimal.

Marketing communication tidak sekadar menjual produk atau layanan, lebih dari itu, pekerjaan ini harus mampu melakukan analisis SWOT untuk menjadi daya tawar dibandingkan dengan kompetitor.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia atau yang dikenal dengan HRD ini merupakan pekerjaan yang bertugas mengelola, mengembangkan dan juga berkoordinasi kepada karyawan terkait segala pekerjaan dan peraturan yang ada di perusahaan.

Pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi yang baik untuk mengatur  banyak karyawan, selain itu HRD juga harus memiliki pengetahuan seputar recruitment dan juga hal apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Juru Bicara

Pekerjaan yang satu ini biasanya menjadi citra dari sebuah perusahaan, project atau event yang sedang berlangsung. Juru bicara bertugas memberikan siaran pers terkait informasi yang bersangkutan.

prospek kerja jurusan ilmu komunikasi
Maudy Ayunda Menjadi Jubir Presidensi G20 (Sumber)

Sebagai juru bicara harus memiliki public speaking yang baik dan juga biasanya memiliki personal branding yang baik. Juru bicara juga menjadi salah satu prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang mempunyai gaji cukup besar loh

Customer Service

Merupakan pekerjaan yang menjadi garda terdepan hubungan antara penyedia barang atau jasa dengan konsumen. Customer Service harus mampu membangun citra pelayanan yang baik bagi perusahaan supaya kepuasan pelanggan akan meningkat.

Oleh karena itu, pekerjaan ini haruslah di isi orang yang mampu berkomunikasi serta tenang dalam menghadapi situasi tertentu.

Event Planner

Jangan kira, menjadi seorang event planner hanya membutuhkan skill planning saja. Justru pekerjaan ini banyak diminati lulusan komunikasi sebab pekerjaan ini mengharuskan menuangkan ide, keinginan dan kreatifitas dalam mensukseskan suatu acara atau event.

Skill komunikasi diperlukan untuk mengurus vendor, mencari sponsor, presentasi ide, kemudian kemampuan persuasif untuk menarik client.

Graphic Designer

Ketika berkuliah jurusan komunikasi akan diajarkan dasar-dasar desain grafis. Dengan meningkatkan skill desain dan juga komunikasi yang baik, lulusan komunikasi bisa menjadi seorang desainer grafis.

Pada era digital ini, banyak brand membutuhkan design bukan hanya sekadar estetika saja, akan tetapi design tersebut biasanya mengandung informasi penting yang tidak asal dalam membuat designnya.

Jurnalis

Salah satu prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang banyak diminati oleh lulusan ilmu komunikasi adalah menjadi jurnalis. Seorang jurnalis harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik untuk menyampaikan berita secara tertulis maupun lisan.

Seorang jurnalis banyak dibutuhkan di berbagai media maupun perusahaan untuk mengumpulkan informasi dan menyampaikannya kepada publik.

Program Director

Salah satu pekerjaan di bidang media yang mengharuskan seseorang memiliki kemampuan komunikasi dan kreatifitas untuk membuat program menarik dan diminati audience. Seorang program director harus memiliki kesadaran akan pasar supaya menarik minat audience.

Fotografer

Seorang fotografer bisa menjadi pekerjaan yang cocok untuk lulusan komunikasi yang tertarik pada bidang fotografi. Di era digital sekarang, seorang fotografi juga bekerja pada agensi pemasaran untuk melakukan foto produk. Seorang fotografer harus memiliki pengetahuan seputar komposisi foto, kemampuan artistik, pemahaman kamera, dan photo editing.

Penyiar Radio/Podcaster

Pada era sekarang, program podcast sangat banyak ditemukan di kanal youtube. Oleh karenanya banyak kesempatan bagi lulusan komunikasi untuk menjadi penyiar radio maupun podcaster.

Tantangan yang dihadapi cukup berat, tapi dengan ide yang menarik dan pemilihan segmen yang tepat, seorang podcaster pasti memiliki pendengarnya sendiri.

Nah itu dia beberapa prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang cukup populer. Semoga artikel di atas bisa menjadi pertimbangan Kawan Juang dalam memilih jurusan. Cek artikel menarik lainnya di kuliahaja.id

0 CommentsClose Comments

Leave a comment