Masa penerimaan mahasiswa baru merupakan waktu yang tepat untuk melakukan promosi kampus. Dengan strategi yang baik, promosi kampus bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Biasanya, promosi kampus memiliki tujuan awareness hingga untuk memenuhi kuota mahasiswa.

Promosi yang tepat bisa membuat biaya promosi optimal, artinya biaya yang dikeluarkan tidak terbuang sia sia. Untuk mencapai tujuan dari promosi, haruslah memperhatikan beberapa aspek yang mungkin dapat mempengaruhi efektifitas sebuah promosi.

Yang Harus Dilakukan Saat Promosi Kampus

Saat melakukan promosi kampus, beberapa hal dibawah ini bisa dilakukan untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan Media Sosial

Usia calon mahasiswa, merupakan usia yang paling banyak menggunakan media sosial. Menurut survey yang dilakukan oleh databook mayoritas anak muda menggunakan internet untuk mengakses media sosial.

Media sosial di era sekarang, bukan hanya sekadar platform digital untuk berkomunikasi saja, akan tetapi digunakan untuk mencari informasi termasuk seputar dunia kuliah. Oleh karena itu, pemanfaatan media sosial sebagai media promosi kampus bisa dibilang cukup potensial.

Menggunakan Website

Banyak dari calon mahasiswa maupun masyarakat masih menggunakan google untuk mencari informasi yang kredibel. Oleh karena itu, penggunaan website sebagai media promosi ataupun pengenalan kampus bisa menjadi salah satu cara yang efektif.

Menurut data dari SEMrush, pencarian keyword penerimaan mahasiswa baru memiliki angka pencarian sebanyak 14.800 per bulan. Dengan menggunakan teknik SEO dan konten yang relevan untuk pengguna, peluang website kampus untuk muncul di halaman pertama pencarian google akan tinggi.

Jika website kampus belum teroptimasi dengan baik, hal lain yang bisa dilakukan adalah kerja sama dengan edutech yang menyediakan informasi mengenai perguruan tinggi.

Menggunakan Brand Ambassador

Menggunakan brand ambassador kampus untuk promosi bisa mendatangkan kesadaran audiens secara cepat. Pemilihan brand ambassador bisa dengan mahasiswa berprestasi dari kampus terkait ataupun publik figur yang memiliki minat di dunia pendidikan sekaligus memiliki citra baik di masyarakat.

Seorang brand ambassador harus mampu mengedukasi dan memberikan informasi kepada calon mahasiswa mengenai kampus terkait, akan tetapi pemilihan brand ambassador harus benar-benar dipertimbangkan.

Melibatkan alumni

Menggunakan profil alumni berprestasi untuk promosi kampus, bisa menjadi salah satu cara yang efektif. Alumni yang memiliki cerita sukses, akan membuat calon mahasiswa merasa tertarik untuk menimba ilmu di tempat yang sama.

Selain menggunakan profil alumni di berbagai platform, bisa juga mengadakan kegiatan talkshow dengan alumni yang ditujukan untuk calon mahasiswa.

Menggunakan Kata-Kata yang menarik

Kata-kata promosi kampus haruslah dibuat menarik, kara-kata yang menarik ini juga harus disesuaikan dengan platform yang digunakan. Misalnya saja, ketika melakukan promosi di Tik-Tok, bisa menggunakan kata-kata yang sedang trendi supaya peluang muncul di halaman pencarian pengguna media sosial semakin tinggi.

Yang Jangan dilakukan saat Promosi Kampus

Ketika promosi kampus, ada beberapa hal yang harus dihindari sebab bisa berakibat fatal yang mengakibatkan dana promosi menjadi terbuang sia-sia. Nah dibawah ini adalah hal yang sebaiknya dihindari saat melakukan promosi kampus.

Strategi Promosi Asal-Asalan

Sebelum melakukan promosi kampus, alangkah baiknya membuat strategi promosi terlebih dahulu. Strategi bukan sekadar cara, melainkan digunakan untuk mengukur suatu campaign apakah berhasil atau tidak.

Untuk mencapai hasil yang optimal dan terukur mulai dari pendanaan dan sumber daya, diperlukan strategi yang matang dan tidak asal-asalan. Strategi yang dibuat asal-asalan akan membuat campaign tidak efektif dan membuat biaya untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan akan bertambah.

Website Tidak Kredibel

Biasanya, informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru akan ditampilkan di website. Bukan sekadar informasi, website juga bisa digunakan untuk calon mahasiswa melakukan pendaftaran. Oleh karena itu, jika website belum dikelola dengan baik, mulai dari tampilan, rendering, konten dsb akan berakibat pada berkurangnya minat calon mahasiswa dalam mengakses website terkait.

Apalagi ketika seorang calon mahasiswa melakukan banyak aktivitas di dalam website dan justru banyak ditemukan halaman kosong, hal tersebut bisa berpengaruh pada citra kampus dan membuat calon mahasiswa tidak melakukan tindakan yang diharapkan.

Content Tidak Relevan

Setiap media promosi memiliki pengguna dengan karakteristik dan juga kebiasaan yang berbeda. Oleh karena itu, jangan sampai membuat konten promosi yang tidak sesuai dengan platform yang digunakan.

Lakukanlah riset mengenai audiens terlebih dahulu dan tentukan jenis konten yang relevan. Demografi pengguna media sosial bisa dilihat di tools analytic yang disediakan oleh masing-masing platform.

Konten yang tidak relevan hanya akan menghabiskan biaya produksi konten tanpa mendapatkan hasil yang diinginkan.

https://kuliahaja.id/

Bagaimana? Sudah menemukan strategi yang pas untuk melakukan promosi kampus? kuliahaja.id merupakan platform penyedia informasi seputar dunia kampus. Selain itu, calon mahasiswa juga bisa melakukan pendaftaran kampus mitra di website kuliahaja.id. kuliahaja.id membantu calon mahasiswa menemukan kampus impian mereka.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment