Universitas Tadulako atau yang dikenal dengan UNTAD merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional, di bawah pembinaan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, berkedudukan di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Kampus ini memiliki jurusan yang cukup banyak di berbagai bidang ilmu, oleh karenanya banyak calon mahasiswa menunggu masa penerimaan mahasiswa baru Untad.

UNTAD memiliki tujuan untuk Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dengan sumber daya manusia, cerdas dan berdaya tinggi. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, UNTAD memberikan fasilitas belajar yang nyaman untuk para mahasiswanya. Buat kawan juang yang tertarik menjadi bagian dari UNTAD, yuk catat tahapan dan tanggal penting pada saat penerimaan mahasiswa baru UNTAD

Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAD

Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru UNTAD dimulai dari masa seleksi, pengumuman, pendaftaran ulang hingga PKKMB, UNTAD memiliki tiga jalur masuk yang bisa dipilih tergantung kondisi calon mahasiswa.

Jalur Masuk UNTAD

Dibawah ini adalah jalur masuk pada masa penerimaan mahasiswa baru UNTAD. Pejuang UNTAD wajib catat tanggal pentingnya.

SNBP

SNBP merupakan jalur masuk perguruan tinggi serentak yang diadakan oleh KEMENDIKBUDRISTEK. Jalur masuk ini merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru UNTAD menggunakan nilai rapor dan juga prestasi lain baik akademik maupun non akademik.

SNBT

Jika jalur SNBP hanya untuk yang berprestasi, berbeda dengan jalur SNBT setiap peserta bisa melakukan pendaftaran secara online tanpa harus menunggu rekomendasi. Peserta bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi SNBT kemudian melakukan login 1 untuk cetak pembayaran selanjutnya melakukan pembayaran ke Bank, silahkan tanyakan kepada teller Mandiri atau BNI, kemudian login 2 untuk mendaftaran sampai dengan selesai.

Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN)

Seleksi Mandiri UNTAD atau SMMPTN merupakan jalur seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru UNTAD dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), seperti pelaksanaan UTBK-SNBT. Bedanya untuk soal disiapkan oleh tim dari UNTAD

Selain jalur reguler, UNTAD juga membuka jalur afirmasi dengan kuota sekitar 30 persen dari total daya tampung seleksi mandiri. Beberapa jalur afirmasi yang tersedia antara lain afirmasi Prasejahtera, afirmasi Keluarga Civitas Akademika UNTAD, afirmasi Prestasi, afirmasi Ketua OSIS, afirmasi Penyandang Disabilitas, afirmasi Putra Putri Guru, dan afirmasi Kemitraan.

Syarat Seleksi Mandiri UNTAD

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Paket C 3 Tahun Terakhir
  • Memiliki NISN yang terdaftar NPSN
  • Membayar biaya pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri sebesar Rp250.000 melalui Bank BNI
  • Peserta seleksi memenuhi persyaratan kesehatan
  • Siswa yang dinyatakan lulus pada SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi jalur mandiri
  • Peserta yang dinyatakan lulus SNBT 2024 dan telah daftar ulang di PTN manapun tidak dapat diterima pada seleksi mandiri.

Jadwal Seleksi Mandiri UNTAD

  • Pendaftaran : 14 Juni – 2 Juli 2024
  • Ujian : 8 – 13 Juli 2024
  • Pengumuman : 25 Juli 2024 Pukul 15.00 WITA.

Tahapan Pendaftaran

  • Mengunduh Panduan Pendaftaran di laman https://pmb.untad.ac.id
  • Mendaftar di laman https://pmb.untad.ac.id, dengan mengisi username dan password
  • Mengisi biodata yang dilengkapi dengan unggah file pas foto ukuran maksimal 500 KB dengan latarbelakang warna biru
  • Mengisi Form pendaftaran di laman https://pmb.untad.ac.id dan memilih program studi yang diminati
  • Cetak pengantar pembayaran
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke Bank BNI seluruh Indonesia, dengan menunjukkan bukti pengantar pembayaran
  • Login kembali di laman https://pmb.untad.ac.id, dengan mengisi username dan password, kemudian mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian
  • Bagi calon peserta yang tidak melalui tata cara tersebut, tidak terdaftar sebagai peserta ujian.

Daftar Ulang UNTAD

Setelah dinyatakan lulus seleksi mahasiswa UNTAD, calon mahasiswa akan melakukan pendaftaran ulang melalui laman resmi Universitas Tadulako. Calon mahasiswa bisa memperoleh informasi seputar pendaftaran ulang penerimaan mahasiswa baru UNTADdi https://pmb.untad.ac.id/

Calon mahasiswa bisa memilih pendaftaraan ulang sesuai dengan jalur seleksi di menu atas. Setelah memilih akan ada pemberitahuan mengenai syarat dan ketentuan yang harus dilakukan calon mahasiswa. 

penerimaan mahasiswa baru untad

PKKMB UNTAD

PKKMB UNTADmerupakan kegiatan sebelum calon mahasiswa melakukan kuliah normal, PKKMB juga menjadi tanda jika calon mahasiswa sudah secara resmi bergabung menjadi keluarga UNTAD.

Tahun 2024, PKKMB UNTADdilaksanakan secara hybrid (50% online dan 50% offline) karena jumlah pesertanya yang cukup banyak.

Kegiatan PKKMB UNTADdilaksanakan selama dua hari dengan acara Display Ormawa, hingga Talkshow yang diisi oleh 9 orang narasumber yang memaparkan materi terkait Pancasila, Ketahanan Negara, Radikalisme, Pencegahan Terorisme dan Penanganan dan Pencegahan Kekerasan Seksual (PPKS) serta terkait Ideologi dan Dasar-Dasar Negara, Globalisasi, Era Industri dan Digitalisasi, Pengembangan Akademik dan SKS dan terkait Ke-Tadulako-an.

Setelah selesai melaksanakan PKKMB, mahasiswa baru akan mulai berkuliah secara normal seperti mahasiswa pada umumnya.

Baca Juga : Info Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Gratis

Bagaimana kawan juang? Apakah teman-teman termasuk ke dalam pejuang Universitas Tadulako? Semoga artikel mengenai penerimaan mahasiswa baru Untad di atas bisa membantu kawan juang meraih kampus impian ya!

penerimaan mahasiswa baru untad
0 CommentsClose Comments

Leave a comment