Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Dikenal memiliki lingkungan belajar yang nyaman serta fasilitas belajar yang memadai, membuat UGM memiliki daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa. Tak heran apabila penerimaan mahasiswa baru UGM banyak ditunggu.

Selain biaya kuliah yang perlu disiapkan, sobat eCampuz haruslah mempersiapkan pengetahuan seputar dunia perguruan tinggi, di bawah ini adalah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UGM 2024

Tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru UGM

Penerimaan mahasiswa baru UGM dimulai dari pembuatan akun, pendaftaran, seleksi hingga pengumuman. Pastikan teman-teman mencatat tanggal-tanggal penting pada masa penerimaan mahasiswa baru UGM.

Setelah terdaftar sebagai mahasiswa baru, calon mahasiswa akan mengikuti serangkaian kegiatan pengenalan pembelajaran lingkungan kuliah yang pada tahun 2024 disebut dengan PIONIR.

penerimaan mahasiswa baru ugm
Dok. Selebrasi Formasi PIONIR Gadjah Mada 2024 di Channel YouTube PIONIR Gadjah Mada.

PIONIR Gadjah Mada merupakan kegiatan pembelajaran, pengenalan, penggalian potensi, dan orientasi untuk mendidik calon pemimpin muda yang memiliki visi seiring dengan nilai-nilai ke-UGM-an. Banyak kegiatan menarik selama PIONIR mulai dari talkshow hingga penampilan-penampilan mahasiswa UGM, sobat eCampuz bisa tonton keseruan dari kegiatan tersebut di channel YouTube PIONIR Gadjah Mada.

Jalur Masuk UGM

Sebelum mengikuti tahapan dari penerimaan mahasiswa baru UGM, di bawah ini adalah beberapa jalur masuk UGM yang bisa sobat eCampuz ikuti beserta tanggal, serta tahapan seleksinya.

1. Jalur SNBP

Sebelumnya jalur seleksi ini bernama SNMPTN, kemudian pada tahun 2023 diganti menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Seleksi ini diselenggarakan tanpa tes, tetapi menggunakan nilai rapor semester 1 sampai dengan 5, prestasi akademik, non akademik, dan ketentuan lain sesuai aturan SNBP.

Berikut ini beberapa tahapan dalam seleksi SNBP:

  1. Pembuatan akun SNPMB siswa (8―15 Januari 2024)
  2. Pendaftaran SNBP (14―28 Februari 2024)
  3. Pengumuman hasil SNBP (26 Maret 2024)
  4. Registrasi SNBO (1―23 April 2024)
  5. Pembayaran UKT Jalur SNBP (30 April―13 Mei 2024)

2. Jalur SNBT 

Sebelumnya jalur seleksi ini bernama SBMPTN, namun pada tahun 2023 berganti nama menjadi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Seleksi ini diadakan dengan pelaksanaan tes melalui perangkat komputer sehingga dikenal dengan UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Materi tesnya setiap tahun mengalami perubahan, jadi pastikan sobat eCampuz mencari informasinya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa tahapan dalam seleksi SNBT:

  1. Pendaftaran akun SNPMB (8 Januari―15 Februari 2024)
  2. Pendaftaran UTBK-SNBT (21 Maret―5 April 2024)
  3. Pelaksanaan UTBK-SNBT (30 April dan 2―7 Mei 2024)
  4. Pengumuman hasil SNBT (13 Juni 2024)
  5. Registrasi SNBT (14―21 Juni 2024)
  6. Pembayaran UKT Jalur SNBT (24―30 Juni 2024)

3. Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur seleksi yang diadakan Universitas Gadjah Mada untuk menjaring Bibit Unggul UGM pada beberapa jenis seleksi. Seleksi penerimaan mahasiswa Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan Jalur Prestasi (Penelusuran Bibit Unggul) ada beberapa jenis, diantaranya:

Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Jalur seleksi yang diselenggarakan UGM terhadap calon peserta dengan kemampuan akademik tinggi dan mempunyai prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Olahraga, atau Seni namun terkendala keterbatasan ekonomi.

Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)

Jalur seleksi bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan yang diusulkan serta dibiayai sepenuhnya oleh Mitra UGM yang kredibel sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan SDM. Mitra UGM adalah Pemerintah Daerah/institusi pemerintah, yayasan, dan/atau perusahaan yang telah melakukan kerja sama di bidang Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) sekurang-kurangnya selama 1 (satu) tahun.

Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa  yang berprestasi di bidang olahraga, seni, dan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) sesuai Program Studi yang dipilih. Tingkat kejuaraan yang diakui adalah kejuaraan tingkat provinsi, nasional, maupun internasional dan/atau kejuaraan yang diselenggarakan oleh UGM, dibuktikan dengan sertifikat/piagam kejuaraan. 

Bibit Unggul SMA/MA/SMK (PBUSMAK) khusus Sarjana Terapan Sekolah Vokasi

Jalur seleksi ini merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA melalui seleksi prestasi akademik sebagai upaya untuk menjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah. Siswa/siswi yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelas reguler pada semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, dibuktikan dengan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Berikut ini, beberapa tahapan dalam seleksi jalur UM UGM Prestasi:

  1. Pendaftaran (21 Mei―12 Juni 2024)
  2. Pengumuman hasil seleksi administrasi (24 Juni 2024)
  3. Tes keterampilan (3―4 Juli 2024)
  4. Pengumuman hasil seleksi (9 Juli 2024)
  5. Registrasi (11―15 Juli 2024)
  6. Pembayaran untuk registrasi Jalur UM UGM PBU (17―22 Juli 2024)

4. Jalur CBT-UM UGM

Jalur CBT-UM UGM atau yang sering disebut dengan UTUL oleh calon mahasiswa merupakan jalur seleksi yang menggunakan kombinasi nilai/skor UM UGM CBT yang diselenggarakan oleh UGM dan nilai/skor UTBK.

Berikut ini beberapa tahapan dalam seleksi jalur CBT-UM UGM:

  1. Pendaftaran (17 April―27 Mei) setiap daerah memiliki jadwal yang berbeda-beda.
  2. Pelaksanaan UM UGM CBT (28 Mei―4 Juli 2024) Setiap daerah memiliki tanggal dan waktu seleksi yang berbeda.
  3. Pengumuman hasil seleksi (9 Juli 2024)
  4. Registrasi (11―15 Juli 2024)
  5. Pembayaran untuk registrasi Jalur UM UGM CBT (17―22 Juli 2024)

Jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UGM setiap tahun berbeda, jadi pastikan kunjungi website resmi UGM untuk mengetahui informasi pastinya.

Kuota Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2024

Salah satu impian Universitas Gadjah Mada adalah tercapainya keberagaman di dalam kampus. Oleh karenanya isu prioritas SNBP untuk putra putri daerah tidak lagi berlaku. Hal ini menjadi kesempatan bagi calon mahasiswa yang ingin berkuliah di UGM. 

Kuota mahasiswa baru UGM 2024, dari berbagai program dan jalur masuk serta seleksi untuk Program Reguler, SNBP sebanyak 30%, SNBT sebanyak 30% dan UM sebanyak 40%. Tahun 2024 kuota mahasiswa baru UGM adalah 9.362 sehingga yang akan diterima dari jalur SNBP 2.821, SNBT juga sama, UM 3.720, dan IUP 1.010.

Bagaimana sobat eCampuz, masih bersemangat untuk menjadi bagian dari Gadjah Mada Muda (Gamada)? Sekian artikel mengenai penerimaan mahasiswa baru UGM semoga membantu teman-teman menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)