Siapa di sini yang suka jalan-jalan? Pasti banyak dari teman-teman yang suka berpariwisata. Kegiatan berpariwisata biasanya dilakukan ketika  tanggal merah atau masa liburan. Tapi bagaimana jadinya jika kegiatan wisata dilakukan sambil kuliah? Hal itu bisa terjadi jika teman-teman berkuliah di jurusan pariwisata.

Jurusan pariwisata dianggap jurusan paling santai karena mata kuliahnya yang menyenangkan. Meskipun begitu, jurusan ini mempunyai prospek kerja yang cukup besar loh sobat eCampuz. Mata kuliah apa saja si yang diajarkan? bagaimana kuliah di jurusan pariwisata?. Yuk temukan jawabannya dibawah ini.

Kuliah Jurusan Pariwisata

Jurusan pariwisata adalah program studi yang mempelajari seluk beluk dunia wisata, mulai dari perencanaan perjalanan wisata, perencanaan event, akomodasi, dan pelayanan. 

Jurusan ini akan banyak bersinggungan dengan disiplin ilmu lain seperti manajemen, sejarah, geografi, budaya dan juga ekonomi. Dengan bekal ilmu tersebut, diharapkan mahasiswa pariwisata mampu mengeksplorasi potensi wisata di suatu tempat sekaligus strategi bisnis dan manajemen wisatanya.

Di beberapa kampus, jurusan pariwisata memiliki beberapa peminatan seperti Perhotelan, Travel, Meeting Incentive Convention Exhibition (MICE), Culinary, dan sebagainya. Namun, ada juga yang menggabungkan semuanya menjadi satu dalam jurusan Pariwisata.

Mata Kuliah Jurusan Pariwisata

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan beberapa pengetahuan seperti perencanaan  perjalanan wisata, bahasa asing, ticketing dan masih banyak lagi. Di bawah ini contoh beberapa mata kuliah jurusan pariwisata di Universitas Brawijaya.

  • Pengantar Pariwisata
  • Statistika Bisnis
  • Keuangan Bisnis I
  • Pemasaran Pariwisata
  • Studi Lintas Budaya
  • Komunikasi Interpersonal
  • Etika Administrasi
  • Perencanaan Pariwisata
  • Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan
  • Sistem Informasi dan Komunikasi Pariwisata
  • Bahasa Asing (Jepang)
  • Bahasa Asing (Mandarin)
  • Pariwisata Minat Khusus
  • Manajemen Daya Tarik Wisata
  • Kewirausahaan
  • Pengabdian Masyarakat
  • dll

Di awal semester mahasiswa akan diberikan mata kuliah pengantar yang akan membahas tentang nilai suatu wilayah dilihat dari kekayaan flora dan fauna, kerajinan tangan atau cagar budaya. Terdapat pula beberapa mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, agama dan juga kewarganegaraan yang di dapat di semester awal.

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Prospek kerja jurusan pariwisata di Indonesia bisa dibilang menjanjikan. Apalagi Indonesia terkenal sebagai magnet pariwisata untuk wisatawan asing. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, yang diolah kembali oleh Pusdatin Kemenparekraf pada bulan Januari 2024 terdapat  927.746 wisatawan asing ke Indonesia

Dengan terus berkembangnya industri pariwisata di Indonesia, membuat lulusan jurusan pariwisata memiliki banyak pilihan karir yang bisa mereka pilih. Dari banyaknya pilihan tersebut beberapa di antaranya adalah.

 Manajer akomodasi pariwisata

Semakin meningkatnya jumlah wisatawan maka akan berbanding lurus dengan kebutuhan akomodasi di tempat wisata seperti penginapan, transportasi hingga restoran. Oleh karenanya dibutuhkan manajer akomodasi pariwisata yang mampu menyesuaikan kebutuhan wisatawan. Selain itu, manajer akomodasi juga harus memikirkan bagaimana strategi marketing supaya wisatawan tertarik memilih akomodasi yang bersangkutan.

Tour guide 

Menjadi tour guide memberi kamu kesempatan bekerja sambil jalan-jalan. Seorang tour guide haruslah menguasai segala aspek mengenai tempat wisata yang sedang dikunjungi. Tour Guide harus mampu menjelaskan sebuah tempat dari sudut pandang geografi, sejarah, dan kebudayaannya.

Biasanya tour guide bekerja pada agen biro wisata atau perjalanan, museum, tempat wisata dan juga pemerintahan. Jika ingin menjadi tour guide haruslah memiliki skill komunikasi yang baik dan kemampuan bahasa asing yang baik pula.

Konsultan Pariwisata

Konsultan pariwisata dibutuhkan untuk melakukan studi kelayakan, perencanaan, penelitian, pengelolaan usaha hingga marketing. Pekerjaan tersebut dibutuhkan oleh seorang client yang berencana membuka tempat wisata.

Seorang konsultan pariwisata haruslah mempunyai pengetahuan dan wawasan untuk memecahkan berbagai permasalahan dan kasus yang terjadi pada proses pembangunan atau berdirinya tempat pariwisata.

Travel writer

Jika sobat eCampuz seorang lulusan jurusan pariwisata dan tertarik dalam dunia kepenulisan, mungkin karir sebagai travel writer cocok buat teman-teman. Menjadi travel writer haruslah mengetahui banyak sudut pandang sebuah tempat wisata supaya pembaca betah berlama-lama. Seorang travel writer bisa bekerja sebagai freelance ataupun di perusahaan majalah dan media massa.

Agen Biro Perjalanan

jurusan pariwisata

Ketika melakukan perjalanan, banyak dari wisatawan yang ingin mendapatkan pengalaman maksimal tanpa harus berpikir banyak hal. Oleh karenanya kebutuhan biro perjalanan sangatlah banyak. Agen biro perjalanan biasanya akan menawarkan paket wisata yang terdiri dari hotel, tempat wisata, tempat makan, transportasi, tanggal, hingga harga. Jadi pastikan kamu punya banyak kenalan dan mitra ya sobat eCampuz.

Staf kementerian pariwisata

Jika sobat eCampuz tertarik bekerja di instansi pemerintahan, lulusan jurusan pariwisata juga berkesempatan menjadi PNS di Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif loh. 

Itu dia beberapa contoh karir yang bisa dipilih lulusan jurusan pariwisata, selain beberapa contoh di atas masih banyak sekali pekerjaan yang bisa dipilih. Jadi meskipun jurusan ini dianggap santai, ternyata cukup banyak prospek kerjanya ya sobat eCampuz.

Perguruan Tinggi Yang Ada Jurusan Pariwisata

Dibawah ini beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan pariwisata. Penting bagi teman teman untuk melakukan riset mengenai akreditasi, lingkungan belajar dan sebagainya sebelum menentukan tempat berkuliah.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Cek Akreditasi Kampus & Prodi!

  • Universitas Indonesia. 
  • Universitas Negeri Jakarta. 
  • Universitas Gadjah Mada. 
  • Universitas Brawijaya. 
  • Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. 
  • Universitas Pancasila. 
  • Universitas Udayana.
  • Universitas Pelita Harapan.

Bagaimana sobat eCampuz? tertarik untuk menjadi bagian jurusan pariwisata? Pastikan teman teman mempunyai minat dan bakat di jurusan tersebut ya, sebab hal tersebut akan berpengaruh kepada kenyamanan sobat eCampuz selama masa perkuliahan.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment