Kuliah online menjadi pilihan beberapa orang yang ingin melanjutkan kuliah sambil menjalankan aktifitas lainnya seperti bekerja, berbisnis dan lain sebagainya. Ada juga beberapa universitas yang menawarkan penyelenggaraan kuliah tidak penuh dalam seminggu.

Dari kemudahan yang ditawarkan, banyak orang akhirnya tertarik dan memutuskan untuk mengambil program kuliah tersebut. Selain fleksibilitas tempat pelaksanaan kuliah, beberapa perguruan tinggi dengan program tersebut menawarkan banyak program studi, mulai dari manajemen bisnis, seni, desain, sosiologi dan masih banyak lagi. Jika sobat eCampuz tertarik, cek beberapa kampus di bawah ini yang menyediakan program kuliah online.

Kampus Bergengsi dengan Program Kuliah Online

Beberapa kampus di bawah ini bukan hanya dikenal karena memiliki nilai akreditasi yang baik, akan tetapi juga dikenal karena program kuliah online yang mereka sediakan.

1. Universitas Terbuka (UT) 

Universitas Terbuka mulai populer di masyarakat karena program kuliah online yang mereka sediakan. UT telah hadir sejak 4 September 1984 sebagai pelopor dan inovator perguruan tinggi jarak jauh di Indonesia. Di kampus ini juga terdapat banyak jurusan untuk dipilih calon mahasiswanya. Informasi lengkapnya bisa diakses di website Universitas Terbuka

Baca Juga : Bagaimana Cara Daftar Universitas Terbuka 2024? Simak Panduan Terbarunya di Sini!

2. Universitas Mercu Buana

Perguruan Tinggi Swasta yang satu ini terkenal karena program kuliah online kelas karyawannya ya sobat eCampuz. Berada di Jakarta dan Yogyakarta, sejak bulan Desember 2016 Universitas Mercu Buana memperoleh Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat “A” atau Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Untuk mengetahui informasi pendaftaran dan juga jurusan yang ditawarkan bisa langsung cek website Universitas Mercu Buana ya.

3. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Siapa yang pernah dengan Binus? Atau mungkin ada teman-teman di sini yang sudah menjadi Binusian? Salah satu kampus swasta yang populer ini ternyata punya program kuliah online dengan biaya yang cukup terjangkau melalui sistem modular yang ditawarkan. Cek selengkapnya di online.binus.ac.id

4. Universitas STEKOM

STEKOM atau Universitas Sains dan Teknologi Komputer merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di Jawa Tengah. STEKOM juga menyediakan program hybrid yaitu gabungan antara kuliah daring dan luring, yang juga membuka kelas karyawan. Cek selengkapnya di stekom.ac.id

5. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

Universitas Al Azhar Indonesia juga menyediakan studi daring yang memadukan ilmu keagamaan dengan kurikulum umum ya sobat eCampuz. Jangan salah sangka, di sini juga terdapat jurusan umum seperti akuntansi, manajemen dan lain sebagainya. Di kampus ini juga tersedia program kelas karyawan yang informasi lengkapnya bisa di cek di website UAI.

6. Universitas Bina Sarana Informatika

Universitas Bina Sarana Informatika atau yang dikenal dengan BSI juga memiliki program kuliah online untuk 4 fakultas dengan lebih dari 20 program studi. Kampus utama UBSI ada di area Jakarta, selain itu di kota-kota lainnya seperti Yogyakarta, Sukabumi, Karawang, Bogor, Pontianak, Surakarta, Tegal, Banyumas, dan Tasikmalaya. Cek informasi pendaftarannya di bsi.ac.id

7. Institut Teknologi Harapan Bangsa

Institut Teknologi Harapan Bangsa atau ITHB adalah salah satu institut yang membuka program studi online untuk jenjang S1. Kampus yang berlokasi di Bandung ini menyediakan tiga bidang studi yang populer, yaitu teknik, desain, dan bisnis. Jika kamu belum mengetahui perbedaan universitas dan institut kamu bisa temukan perbedaannya di sini 5 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia.

8. Universitas Widyatama Bandung

Perguruan tinggi yang masih berlokasi di Bandung dan menyelenggarakan program kuliah online selanjutnya adalah Universitas Widyatama Bandung. Kampus ini merupakan penggabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW), Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV). Universitas Widyatama Bandung sudah membuka program studi online sejak tahun 2015 didukung dengan sistem  E-learning Center. Tertarik cek lengkapnya di widyatama.ac.id

9. Universitas Pembangunan Jaya

Dikenal dengan nama UPJ, universitas ini berlokasi di Tangerang Selatan. Terdapat program Blended Plus dan Blended Karyawan yang menggunakan Learning Management System (LMS) Pintar. Beberapa jurusan yang tersedia dalam program mereka di antaranya S1 Manajemen, S1 Informatika, S1 Akuntansi, dan S1 Sistem Informasi. Selengkapnya di www.upj.ac.id

10. Universitas Sangga Buana Bandung

Universitas yang satu ini sudah melakukan program kuliah online sejak tahun 2018 loh sobat eCampuz. Oleh karenanya tidak sedikit orang yang mengambil kelas karyawan di universitas yang satu ini. Informasi lebih lengkapnya bisa cek di sanggabuana.ac.id

Sebelum memutuskan untuk mengambil program kuliah online, alangkah baiknya sobat eCampuz perhatikan kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online berikut ini

Kelebihan Kuliah Online

kuliah online

Jika sobat eCampuz tertarik mendaftar kuliah online, ini dia beberapa kelebihannya yang bisa teman-teman manfaatkan.

Waktu Fleksibel

Salah satu kelebihan dan menjadi faktor utama orang memutuskan kuliah online adalah dari segi waktu. Waktu perkuliahan biasanya disesuaikan dengan mahasiswanya, bahkan untuk kelas karyawan biasa dilakukan malam hari dan akhir minggu, seperti hari Sabtu.

Tempat Fleksible

Selain waktu, perkuliahan juga bisa dilakukan dimana saja sebab hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil.

Hemat Biaya

Karena kuliah dilakukan di tempat tinggal masing masing, tidak akan ada biaya transportasi dan juga biaya kos jika diluar kota. 

Materi Bisa Diakses Kapan Saja

Biasanya dalam kuliah online, materi perkuliahan akan di share lewat file baik dalam bentuk dokumen, pdf dan lain sebagainya sehingga bisa di akses kapan saja.

Cocok Bagi Introvert

Bagi sobat eCampuz yang merasa introvert, perkuliahan ini cocok banget ya, sebab tidak perlu bertemu orang secara langsung.

Kekurangan Kuliah Online

Selain kelebihan, kuliah online juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh sobat eCampuz nih. Berikut ini hal yang harus dicermati.

Keterbatasan Penyerapan Materi

Meskipun materi bisa diakses kapan saja, tapi dengan kuliah online ada keterbatasan penyampaian materi sebab ada beberapa materi kuliah yang mungkin seharusnya disampaikan langsung apalagi ketika praktik

Ketergantungan Gawai dan Koneksi Internet

Ketika memutuskan kuliah online, hal utama yang paling menunjang ketika belajar adalah gawai yang dipakai dan juga jaringan internet yang memadai. Jika keduanya terganggu maka kuliah pun tidak bisa optimal.

Banyak Distraksi

Salah satu kekurangan online adalah banyaknya distraksi dari lingkungan sekitar. Karena kuliah tidak berada di ruang kelas, mahasiswa harus bisa fokus dan berkonsentrasi dengan keadaan sekitar. Distraksi yang paling berbahaya adalah rasa malas, bagi yang tertarik dengan program ini, tidak boleh lagi mager ya.

Interaksi Sosial dan Jaringan Kuliah

Salah satu hal penting di kuliah adalah menambah jaringan teman dan juga karir. Ketika kuliah online hal tersebut rasanya sukar di dapatkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kuliah online. Jenjang pendidikan tinggi menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan, oleh karena itu KuliahAja menyediakan berbagai informasi seputar dunia kuliah untuk membantu calon mahasiswa mendapatkan informasi penting selama mempersiapkan masa perkuliahan.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)