Karir di bagian desain merupakan jenis pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan. Bukan tanpa sebab, desain menjadi hal penting di era digital ini sebagai identitas brand, media menyampaikan informasi hingga iklan. Oleh karena itu kampus jurusan DKV banyak dicari oleh calon mahasiswa

Jurusan DKV banyak ditemukan di Universitas Indonesia, kira kira kenapa jurusan ini begitu populer dan apa saja kampus jurusan DKV yang ada di Indonesia, ini dia penjelasannya!

Apa Itu DKV?

DKV merupakan proses kreatif dalam menyampaikan pesan melalui media seni grafis yang melibatkan ide hingga teknologi. Jadi dalam jurusan ini, seseorang harus mampu memanfaatkan elemen grafis untuk tujuan tertentu seperti iklan, promosi, slogan, visi, misi dan lain sebagainya.

Setiap Universitas memiliki kurikulum dan peminatan masing-masing, jadi sebelum memilih kampus, pastikan Kawan Juang melakukan riset mengenai universitas tersebut ya! Beberapa kampus jurusan DKV yang ada di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung (ITB) ITB, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Telkom, Akademi Seni Rupa dan Desain MSD dan lain sebagainya.

Jika Kawan Juang adalah calon mahasiswa yang ingin berkuliah DKV di Yogyakarta, salah satu pilihan kampus yang memiliki jurusan DKV adalah Akademi Seni Rupa Dan Desain MSD Yogyakarta.

Kampus Kandang Jago, Bukan Jago Kandang, merupakan tagline dari Akademi Seni Rupa Dan Desain MSD Yogyakarta.

Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta

Dengan konsep pembelajaran 4G Good Skill – Good Idea – Good Attitude – Good Prospect. Kampus jurusan DKV Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta terkenal dengan sebutan kandang jago karena lulusannya yang banyak berkarya di industri kreatif. Salah satunya adalah abraham Zoesa yang menjadi pembuat logo HUT RI ke-79 bersama Inggrid Wenas di grup Ideologie.

kampus jurusan dkv
Logo HUT RI ke-79 dari sumber laman Wikipedia hasil karya alumnus ASRD MSD Yogyakarta.

Selain itu, alumni lulusan ini juga banyak bekerja di berbagai bidang mulai dari stock fotografi komersial, branding, studio fotografi, perancangan brand identity dan masih banyak lagi. Menurut lulusannya, ilmu yang dipelajari di MSD Yogyakarta banyak dipakai saat di dunia kerja.

Kampus jurusan DKV ini memberikan fasilitas selama masa kuliah seperti, Studio Komputer (Komputer grafis, 3D modelling, animasi, web design dan video editing.), Studio Fotografi dan Videografi yang dilengkapi dengan lighting, softbox, tripod, reflector dan peralatan fotografi lainnya, Ruang Praktek, Studio Cetak Saring, Area Pameran, Perpustakaan dan masih banyak lagi.

Bagi calon mahasiswa juga bisa melihat karya-karya dari dosen, mahasiswa hingga alumni melalui galeri karya di situs resmi Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta.

Penerimaan Mahasiswa Baru MSD Yogyakarta

Di bawah ini beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru kampus jurusan DKV MSD Yogyakarta yang bisa dipilih calon mahasiswa, pastikan jalur yang dipilih sesuai kondisi Kawang Juang.

1. Jalur Karya Prestasi 

Jalur seleksi ini ditujukan kepada calon mahasiswa yang telah memiliki prestasi karya dibuktikan dengan Materi karya maupun pendukungnya Dalam bentuk softcopy (jpeg, pdf, MS Word dll) atau hardcopy (Print, CD, Fotocopy dll). Ada dua cara dalam pengiriman karya yaitu

  1. Datang langsung atau dikirim via pos ke kampus ASRD MSD Jl. Tamansiswa No. 164, Wirogunan, Mergangsan Yogyakarta 55151, atau
  2. Dikirim via email ke msdjalurkarya@msd.ac.id

Peserta jalur ini terbatas, hanya sepuluh orang dan kemudian akan dipilih menjadi dua. Bagi peserta yang lolos jalur ini akan mendapat beasiswa semester I, masing-masing sebesar Rp. 5.000.000,- dan delapan orang lainnya memperoleh keringanan biaya SPA. Namun informasi ini tentunya dapat berubah di penerimaan tahun berikutnya ya.

Syarat Kelengkapan Jalur Karya Prestasi

  1. Karya yang telah mendapatkan penghargaan/pengakuan dari institusi, organisasi atau perusahaan.
  2. Bukti pendukung adanya pengakuan/prestasi di atas, seperti: fotocopy piagam / sertifikat surat keterangan, foto dokumentasi, dan sebagainya.
  3. Deskripsi atau penjelasan dari karya yang dikirimkan tersebut, diantaranya menyebutkan spesifikasi/jenis karya, waktu, tempat dan jenis lomba, data klien/pengguna karya tersebut.
  4. Surat Pernyataan keaslian karya.
  5. Mengisi data diri peserta.
  6. Membayar biaya pendaftaran.

2. Jalur Karya Seleksi

Jalur ini ditujukan kepada calon mahasiswa  yang berasal dari sekolah luar kota Yogyakarta dan lulusan khusus SMK seni di Provinsi DIY yang telah memiliki portofolio karya. Karya tersebut akan di seleksi oleh tim Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta.

Jalur seleksi PMB TANPA TES PRAKTIK bagi calon mahasiswa yang telah memiliki portofolio karya. Diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/sederajat.

Syarat Kelengkapan Jalur Karya Seleksi

  1. Portofolio karya:
    • Karya WAJIB: Berupa gambar manual atau hand drawing dengan media bebas.
    • Karya TIDAK WAJIB: Berupa karya pendukung seperti karya fotografi, animasi, komik, sablon dan sebagainya yang berhubungan dengan bidang Desain Komunikasi Visual.
  2. Surat Pernyataan Keaslian Karya.
  3. Mengisi data diri berupa Formulir Pendaftaran 
  4. Unggah file KTP dan foto diri berwarna (maksimal 1MB) dan membayar biaya pendaftaran.

3. Jalur Karya Tes

Jalur seleksi ini meripakan seleksi dengan cara Tes Praktik, Tes Wawasan DKV dan Esai secara langsung (offline) sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Biaya Kuliah DKV

Biaya kuliah DKV setiap kampus berbeda-beda, hal tersebut didasarkan pada UKT dan juga biaya hidup dimana kampus tersebut berasal. Untuk Perguruan Tinggi Negeri biasanya akan dikenakan UKT 1 sebesar Rp500.000 hingga UKT tertinggi di atas Rp10.000.000.

Bagaimana Kawan Juang tertarik dengan kampus jurusan DKV di atas? semoga artikel di atas bisa membantu kawan juang menemukan kampus impian ya 🙂

0 CommentsClose Comments

Leave a comment