Jurusan tata rias dan kecantikan adalah jurusan yang populer untuk seseorang yang menyukai dunia kecantikan dan make up. Jika sobat eCampuz memiliki hobi dan minat pada dua hal tersebut, tidak ada salahnya mengulik lebih jauh jurusan yang satu ini.

Meskipun sering dianggap sebagai jurusan dengan mata kuliah yang nampak santai, tapi jangan remehkan prospek kerja dan peluang berkarir lulusan pada jurusan ini, sebab perkembangan industri kecantikan seperti, skincare, makeup, parfum sedang berkembang sangat pesat.

Apa Itu Jurusan Tata Rias dan Kecantikan?

Jurusan tata rias dan kecantikan tidak hanya mempelajari bagaimana menggunakan make up, akan tetapi banyak ilmu kecantikan lain, mulai dari tata dan potong rambut, rias wajah dan juga kosmetik.

Dalam perkuliahan juga akan diajarkan tata rias untuk upacara atau pernikahan adat di berbagai daerah. Hal ini memungkikan lulusan dari jurusan tata rias dan kecantikan untuk membuka salon pengantin di berbagai daerah. Sebab untuk pernikahan menggunakan adat daerah, biasanya memiliki aturan-aturan khusus dalam tata rias yang tidak boleh dilanggar.

Jika sobat eCampuz memiliki keinginan untuk menjadi seseorang yang paham mengenai make up secara mendalam, jurusan ini juga bisa menjadi opsi yang sesuai. Mahasiswa akan diajarkan mengenai anatomi wajah dan juga bagian tubuh yang menunjang kecantikan.

Mata Kuliah Jurusan Tata Rias

Mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan tata rias secara umum mempelajari teknik-teknik seputar tata rias. Tapi bukan itu saja, ada juga mata kuliah umum dan juga disiplin Ilmu lain yang berhubungan dengan tata rias. Daftar mata kuliah jurusan tata rias di beberapa universitas di Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Perawatan Kulit
  • Dasar-dasar Manajemen Tata Rias
  • Dasar Rias
  • Gizi dan Kecantikan
  • Rias Pengantin Jawa
  • Rias Pengantin Luar Jawa
  • Rias Pengantin Internasional
  • Anatomi dan Fisiologi
  • Kosmetika Tradisional
  • Kimia Kosmetik
  • Rias Fantasi
  • Komputer Terapan
  • Kewirausahaan
  • Seni Rangkai Bunga Pengantin
  • Sanggul Modern
  • Gelar Cipta Karya Kecantikan

Mata kuliah yang dipelajari akan sedikit berbeda tergantung di mana tempat berkuliahnya, akan tetapi secara keseluruhan kurang lebih sama. Biasanya perbedaan terletak di mata kuliah umum.

Prospek Karir Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Berikut adalah beberapa pilihan profesi yang bisa sobat eCampuz pertimbangkan ketika sudah lulus dari jurusan tata rias dan kecantikan.

Beautypreneur

Perkembangan dunia industri kecantikan seperti skincare terus mengalami perkembangan. Bahkan memiliki nilai yang cukup besar di ecommerce seperti Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Menurut data dari databooks satu jenis produk kecantikan saja memiliki nilai total penjualan hingga 100 milyar lebih.

prospek kerja jurusan tata rias dan kecantikan
Informasi data penjualan ecommerce dari Databoks

Dengan tingkat penjualan yang cukup besar dan juga tren kecantikan di media sosial yang semakin ramai. Banyak lulusan dari jurusan tata rias dan kecantikan memilih beautypreneur sebagai karir mereka

Make Up Artist (MUA)

Make Up Artist atau yang biasa disebut dengan MUA adalah seorang perias profesional yang dibutuhkan untuk merias wajah klien di berbagai acara. Karir ini juga termasuk ke dalam karir yang memiliki peluang besar, sebab MUA biasanya dibutuhkan di acara seperti wisuda, lamaran, pemotretan, nikahan, dan berbagai acara penting lainnya. Terlebih lagi acara-acara tersebut hampir setiap pekan pasti ada.

Beauty Advisor

Beauty advisor adalah seseorang yang bekerja dengan memberikan masukan serta rekomendasi produk produk kecantikan atau perawatan kepada klien. Beauty advisor juga bisa bekerja di perusahaan sebagai perwakilan perusahaan atau brand ambassador. Oleh karenanya personal branding di bidang kecantikan cukup penting jika ingin menjadi seorang beauty advisor.

Hair Sylist

Hair Stylist atau penata rambut adalah seorang yang memiliki skill untuk menata rambut seseorang tergantung kebutuhan acara mereka. Hair Stylist juga memiliki tingkatan mulai dari hair stylist untuk acara acara hingga hair stylist artist.

Beauty Influencer

Salah satu karir yang sedang naik daun pada tahun 2024 adalah beauty influencer. Kebiasaan masyarakat yang menggunakan media sosial hampir setiap jam, membuat beauty influencer menjadi karir yang cukup menjanjikan.

Beauty influencer biasanya akan memberikan edukasi lewat akun pribadi mereka tentang dunia kecantikan mulai dari skincare, tips, trik merawat wajah, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Paling Santai Buat Gen Z, Memang Ada?

Daftar Universitas yang Memiliki Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Beberapa Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan tata rias dan kecantikan di antaranya sebagai berikut:

  • Universitas Negeri Semarang (UNNES)
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Telkom
  • Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
  • Universitas Negeri Padang

Jenjang pendidikan di setiap universitas untuk jurusan tata rias dan kecantikan berbeda ya sobat eCampuz, misalnya di Univesitas Negeri Yogyakarta, jenjang pendidikan yang ditawarkan yakni Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4).

Jurusan Tata Rias dan Kecantikan biasanya akan masuk ke dalam fakultas teknik, tergantung dimana sobat eCampuz mendaftarnya, Jadi pastikan sobat eCampuz melakukan cek dan riset prodi yang teman teman ingin ambil ya.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Cek Akreditasi Kampus & Prodi!

Tertarik ambil bagian untuk menjadi pelaku industri kecantikan? Setelah membaca artikel ini semoga sobat eCampuz tidak bingung lagi ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)