Jika sobat eCampuz menyukai kegiatan seperti melukis dan merasa memiliki minat serta bakat di dalamnya, kuliah di Jurusan Seni Rupa bisa menjadi ruang untuk menyalurkan bakat dan minatmu. Meski bagi sebagian orang, jurusan seni dianggap sebagai jurusan kuliah yang santai, tapi faktanya menjadi mahasiswa jurusan seni rupa membutuhkan tingkat kreativitas dan keuletan yang tinggi lho.

Namun, apakah kamu berpikir bahwa untuk kuliah di jurusan seni rupa, kamu harus jago menggambar? Jika ya, mungkin kamu perlu mempertimbangkan ulang. Seni rupa bukan hanya soal menggambar, tapi mencakup berbagai aspek kreativitas lain yang tidak selalu berhubungan langsung dengan keterampilan menggambar. Jadi, jika kamu punya minat mendalam pada seni tapi merasa kurang dalam hal menggambar, jangan khawatir!

Kira-kira, seperti apa sih kuliah di Jurusan Seni Rupa itu? Yuk, kita eksplor lebih lanjut apa saja yang sebenarnya dipelajari di jurusan seni rupa, dan mengapa kemampuan menggambar bukan satu-satunya syarat untuk sukses di bidang ini.

Kuliah Jurusan Seni Rupa

Jika kalian kuliah di Jurusan Seni Rupa, kegiatan yang dilakukan akan banyak mengkaji segala aspek tentang seni rupa. Bukan hanya satu jenis, tetapi semua jenis seni rupa seperti lukisan, patung, tari, fotografi dan sebagainya. Hal yang diajarkan di dalamnya adalah teori, sejarah, bentuk, dan juga praktis.

Mahasiswa dibekali dengan mata kuliah untuk menunjang sisi artistik dan kreativitas dalam membuat karya yang mengekspresikan sebuah nilai. Dosen dan para pengajar juga akan memberikan cara untuk memaksimalkan ide yang ada, sekaligus menjadi kritikus bagi karya mahasiswanya.

Kuliah dalam jurusan ini akan mengimplementasikan pelajaran yang ada di bangku kuliah secara langsung melalui kegiatan praktik. Hasil dari praktik tersebut haruslah memiliki ide menarik dan juga orisinalitas.

Mahasiswa seni rupa, juga kerap mengadakan pameran karya yang dibuka secara umum. Hal ini dimaksudkan untuk mencari ulasan karya-karya mereka sebelum memasuki dunia profesional.

Perkembangan industri seni di era digital seperti sekarang sangat pesat, bahkan orang-orang yang tadinya tidak tertarik terhadap dunia seni, dengan cepat mulai melirik seni sebagai hiburan, penenang jiwa, hobi dan lain sebagainya.

pameran artjog 2024
Pengunjung sedang melihat salah satu karya Festival seni kontemporer ARTJOG 2024 yang digelar pada tangga 28 Juni – 1 September 2024  di Jogja National Museum, Yogyakarta.

Contoh pameran yang memiliki daya pikat cukup tinggi adalah ArtJog, pameran yang selalu ditunggu oleh para pecinta seni. Bahkan menurut Siaran Pers Penutupan Artjog 2023, jumlah pengunjung ArtJog 2023 mencapai 100.000 orang. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa banyak orang mulai tertarik kepada dunia seni.

Mata Kuliah Jurusan Seni Rupa

Dibawah ini adalah beberapa mata kuliah yang ada di Jurusan Seni Rupa, akan tetapi sebelum memilih jurusan ini, pastikan sobat eCampuz melakukan riset terlebih dahulu sebab di beberapa perguruan tinggi Jurusan Seni Rupa masuk ke dalam Pendidikan.

  • Gambar Bentuk I
  • Sketsa I
  • Desain Elementer I
  • Seni Rupa Murni Dasar I
  • Sejarah Kebudayaan
  • Gambar Bentuk II
  • Sketsa II
  • Desain Elementer II
  • Seni Rupa Murni Dasar II
  • Sejarah Seni Rupa Indonesia
  • Sejarah Seni Rupa Barat
  • Ilmu Bahan Seni Lukis
  • Ilmu Bahan Seni Patung
  • Ilmu Bahan Seni Grafis
  • Seni Ilustrasi I
  • Filsafat Seni
  • Sejarah Seni Rupa Modern  
  • Gambar Manusia
  • Estetika
  • dll

Prospek Kerja Jurusan Seni Rupa

Prospek Kerja lulusan seni rupa lumayan banyak, apalagi jika pekerjaan tersebut berada pada industri seni.

Kurator

Kurator haruslah mempunyai pengetahuan mendalam terkait bidang seni yang menjadi fokusnya, kurator seni pasti selalu dibutuhkan pada kegiatan pameran seni. Sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengelola, memilih, dan menampilkan karya seni dalam pameran atau galeri. Pekerjaan ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang sejarah seni, estetika, dan konteks budaya dari karya-karya yang dikurasi.

Lulusan jurusan seni rupa memiliki dasar ilmu yang kuat dalam berbagai medium seni, serta kemampuan untuk menganalisis dan menilai karya seni secara kritis, hal ini kemampuan yang sangat penting bagi seorang kurator. Selain itu, kalian juga belajar tentang cara berkomunikasi dengan seniman, institusi seni, dan publik, yang merupakan bagian integral dari peran kurator dalam menciptakan pameran yang menarik dan bermakna. Kurator tidak hanya menata karya seni, tetapi juga menceritakan narasi di baliknya, memberikan interpretasi, dan membantu penonton memahami pesan yang ingin disampaikan oleh seniman.

Ilustrator

Ilustrator adalah pekerjaan yang banyak dibutuhkan di era digital saat ini. Lulusan seni rupa yang memiliki bakat dan minat dalam seni melukis akan lebih mudah menjadi ilustrator ketika berlatih menggunakan alat digital.

Profesi ini dibutuhkan di segala bidang, mulai dari brand, sosial media, bahkan sebuah proyek yang ingin menyampaikan nilai atau pesan melalui gambar

Desainer Interior

Lulusan seni rupa juga bisa mencoba menjadi desainer interior, sebab pekerjaan ini termasuk yang paling banyak permintaan. Dengan pengetahuannya seputar dunia gambar dan berfikir kreatif, lulusan seni rupa diharapkan mampu menciptakan design menarik sesuai selera client mereka.

Pelukis

Tentu pelukis menjadi salah satu goals karir mahasiswa seni rupa. Lukisan seseorang yang sudah memiliki nilai dimata pecinta seni dan kurator bisa dibandrol dengan harga yang cukup fantastis loh sobat e Campuz.

Guru Seni

Jika sobat eCampuz ingin berkarir sebagai pengajar dengan tetap berkarya, maka disarankan mengambil jurusan Pendidikan Seni Rupa. Sebagai guru seni, seseorang memiliki tugas lain selain berkarya, yaitu menjadikan seni sebagai pelajaran yang menyenangkan, dan meletakan seni sebagai bagian dari kehidupan siswanya.

Content Creator

Pekerjaan yang satu ini sebelumnya mungkin belum pernah terpikirkan oleh mahasiswa seni rupa, akan tetapi di era digital sekarang, content creator yang membahas tentang seni cukup diminati.

Seperti sebut saja akun TikTok billmohdor yang memiliki pengikut 774k (Agustus 2024). Bill Mohdor adalah seorang content creator yang contentnya banyak berisi edukasi tentang seni, koleksi seni, dan juga isu-isu dalam dunia seni rupa.

Selain beberapa pekerjaan di atas, lulusan seni rupa juga berpeluang berkarir di bidang lain mulai dari wirausaha hingga dunia entertaiment.

Perguruan Tinggi Jurusan Seni Rupa di Indonesia

Beberapa kampus di bawah ini bisa dijadikan pertimbangan jika sobat eCampuz ingin mengambil jurusan seni rupa.

  • Universitas Kristen Maranatha
  • Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua (ISBI Tanah Papua)
  • Institut Kesenian Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Negeri Medan (UNIMED)
  • Universitas Negeri Malang (UM)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Insititut Seni Indonesia Yogyakarta

Pastikan sebelum sobat eCampuz memilih jurusan, haruslah melakukan cek akreditasi jurusan dan kampus, sebab hal tersebut akan berpengaruh ketika sobat eCampuz mulai berkuliah dan pasca kuliah.

Sekian penjelasan mengenai Jurusan Seni Rupa, semoga bisa membantu sobat eCampuz dalam memilih kampus impian ya 😊

0 CommentsClose Comments

Leave a comment