Jika Kawan Juang tertarik dengan kendaraan dan ingin terjun langsung ke dalam bidang transportasi, mungkin Jurusan Manajemen Transportasi bisa menjadi pilihan yang cocok. Kira kira seperti apa si dunia perkuliahan dan prospek kerja jurusan manajemen transportasi? Langsung saja ini dia penjelasannya!

Jurusan Manajemen Transportasi

Jurusan Manajemen Transportasi merupakan program studi yang mempelajari seluk beluk manajerial transportasi, mulai dari perancangan, perencanaan, pengoperasian, pemeliharaan dan lain sebagainya. Mahasiswa akan diberikan pengetahuan mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi perkembangan transportasi.

Jurusan ini, mengkaji bukan hanya satu jalur transportasi saja, melainkan semua jalur transportasi (Darat, Udara dan Laut). Pengetahuan yang diberikan juga bukan hanya sekadar teori, akan tetapi menggunakan studi kasus, misalnya cara menghitung operasional biaya kendaraan dan melakukan analisis kebijakan tarif juga analisis rute efektif.

Tidak semua kampus memiliki jurusan ini, jadi pastikan Kawan Juang melakukan riset terlebih dahulu. Di beberapa kampus, Jurusan Manajemen Transportasi tersedia pada jenjang Diploma 3 (D3) dan Strata 1 (S1). Untuk gelar yang didapatkan adalah Ahli Madya Manajemen Logistik (A.Md.M.Log.) untuk D3 dan Sarjana Logistik (S.Log.) untuk S1.

Mata Kuliah

Jika Kawan Juang adalah seseorang yang menyukai moda transportasi, jurusan ini  mempunyai mata kuliah yang cukup menyenangkan. Ada banyak hal mengenai komponen dalam transportasi yang akan dipelajari. Beberapa di antaranya adalah:

  • Pengantar Manajemen
  • Matematika Ekonomi
  • Keimigrasian
  • Pelayanan Prima
  • Aviation Security and Dangerous Goods
  • Ground Handling
  • Ticketing & Reservation
  • Aviation Knowledge
  • Pengantar Bisnis
  • Manajemen Operasi
  • Manajemen Angkutan Kereta Api
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Distribusi
  • Manajemen Operasi Bandar Udara, dan lain-lain

Mata kuliah jurusan ini bisa berbeda setiap mahasiswa, tergantung dengan konsentrasi yang diambil. Selain mata kuliah mengenai manajemen transportasi, ada juga mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PPKN dan Agama. Mata kuliah umum ini juga bisa berbeda di setiap kampusnya.

Setiap konsentrasi memiliki mata kuliah yang akan menunjang pengetahuan seputar dunia profesional. Hal tersebut dikarenakan, lulusan Jurusan Manajemen Transportasi diharapkan mampu menjadi pionir yang mengatasi masalah transportasi di Indonesia.

Prospek Kerja

Di era digital seperti sekarang ini, manajemen transportasi dan logistik sangat banyak dibutuhkan. Misalnya saja daya beli masyarakat yang tinggi, berpengaruh pada banyaknya kebutuhan pengiriman barang. Oleh karena itu, jurusan manajemen transportasi memiliki prospek kerja yang yang cukup banyak, Ini dia beberapa di antaranya:

Baca Juga : 7 Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi

Supply Chain Logistic

Supply Chain Logistic merupakan profesi yang mengatur penerimaan produk/ barang dari supllier ke customer. Tidak semudah itu, Supply chain harus mampu menghubungkan semua sumber daya yang terlibat dalam proses pengiriman, mulai pihak dalam rantai pasokan, termasuk pemasok, produsen, distributor, dan pengecer. Sedang Logistic memastikan barang berpindah secara aman sesuai prosedur dari satu titik ke titik lain.

Jenis pekerjaan supply chain logisitic beragam ya Kawan Juang mulai dari supply chain manager, warehouse manager (manajer gudang) hingga koordinator logistik.

Programmer/Developer 

Lulusan Jurusan Manajemen Transportasi juga berpeluang menjadi programmer ataupun developer produk sistem ekspedisi. Akan tetapi untuk menjadi programmer dan developer dibutuhkan skill lain seperti coding. Jika Kawan Juang memiliki pengetahuan seputar coding dan manajemen transportasi bukan tidak mungkin, Kawan Juang membuat aplikasi pengiriman yang inovatif.

Shipping and Freight (Pengiriman & Pengangkutan)

Di era digital sekarang ini, jual beli barang tidak lagi terbatas wilayah ataupun tempat, sehingga kebutuhan jasa pengiriman semakin tinggi. Jasa yang ditawarkan bukan hanya sekadar jasa kirim antar daerah saja, tetapi juga jasa pengiriman ekspor dan impor.

Logistik E-Commerce

Jika Kawan Juang tertarik bekerja sebagai employe atau pekerja kantoran, maka bisa mencoba mendaftar sebagai logistik e-commerce. Profesi ini memiliki tanggung jawab untuk memastikan pengiriman jarak jauh, manajemen inventaris, dan pemrosesan pengembalian dari suatu perusahaan berjalan dengan baik.

Transportasi dan Distribusi

prospek kerja jurusan manajemen transportasi

Selain penyedia jasa pengiriman, jika Kawan Juang tertarik dengan transportasi bisa juga membuat jasa peminjaman alat transportasi seperti truck, tronton dan masih banyak lagi.

Manajemen Gudang dan Inventaris

Pekerjaan yang satu ini banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk melakukan inventarisasi aset supaya terhitung secara optimal. Beberapa tugas yang akan dilakukan di antaranya adalah pengendalian inventaris, pemenuhan pesanan, dan pengoperasian gudang.

Kampus Dengan Jurusan Manajemen Transportasi

Sayangnya, meskipun lulusan Jurusan Manajemen Transportasi banyak dibutuhkan, tidak semua kampus memiliki jurusan ini. Dibawah ini adalah beberapa kampus yang mempunyai jurusan manajemen transportasi:

Pastikan sebelum memilih kampus, Kawan Juang melakukan cek dan riset terlebih dahulu ya! Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan selama masa studi nanti. Sekian penjelasan mengenai Jurusan Manajemen Transportasi, semoga artikel di atas bisa membantu Kawan Juang menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment