Beberapa calon mahasiswa memilih jurusan kuliah paling santai, biasanya karena beberapa faktor seperti ingin kuliah sambil berbisnis, ingin kuliah sambil jadi content creator atau memang sengaja memilih jurusan yang membuat mereka bisa lebih punya banyak waktu untuk mengeksplor hal yang lain.

Faktanya, setiap kampus memiliki jurusan yang berbeda-beda. Beberapa kampus bahkan ada juga yang memiliki jurusan unik yang tidak dimiliki kampus lain, contohnya adalah jurusan dari program sarjana Sastra Belanda yang hanya ada di Universitas Indonesia.

Begitu banyak pilihan jurusan yang tersedia membuat calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengambil jurusan kuliah sesuai minat mereka. Mengambil jurusan yang sesuai dengan minat tentunya membuat kita cenderung lebih penuh semangat dalam menjalani keseharian tugas dan tanggung jawab seputar dunia perkuliahan. Lelahnya sih tetep aja kerasa ya, tapi beda cerita kalau jurusan yang kita ambil itu ternyata nggak sesuai sama minat kita. Bakal jadi lebih susah buat connect nggak sih kalau materi kuliah tu nggak menarik.

Kalau kalian termasuk tipe orang yang gak suka dikejar tugas monoton dan cenderung menyukai aktivitas belajar santai, mungkin bisa mencoba beberapa jurusan yang konon katanya memiliki mata kuliah yang tidak sulit.

Baca Juga : 7 Jurusan dengan Prospek Kerja Tinggi, Lulus Langsung Kerja

7 Jurusan Kuliah Paling Santai Versi KuliahAja

Selain karena bebas praktikum dan nggak ada hitung-hitungan, beberapa mata kuliah yang ada di jurusan berikut ini juga dianggap mudah untuk dipelajari sehingga menurut suhu lulusannya bisa dibilang ini adalah jurusan kuliah paling santai. Coba cek deh, ada nggak di bawah ini jurusan yang sekarang lagi kalian incar?

1. Bahasa dan Sastra Indonesia

Pertama adalah Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan ini dianggap jurusan kuliah paling santai dikarenakan sebagai Warga Negara Indonesia banyak orang beranggapan mata kuliah yang ada di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia itu mudah dan bisa dipelajari.

Dalam bahasa Indonesia tidak ada mata kuliah praktikum, untuk tugas akhir juga bisa menggunakan buku bacaan seperti novel untuk penelitian. Bagi kalian yang punya hobi dan suka membaca, kalian bisa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia mungkin jadi mata kuliah yang bisa dicoba, sebab terdapat mata kuliah yang mengharuskan mahasiswa membaca novel dan menganalisisnya.

Sebetulnya, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia bukan hanya sekadar membaca teks saja. Dalam jurusan tersebut sobat eCampuz juga akan belajar tentang linguistik, wacana, menulis kreatif, drama dan lain sebagainya

Beberapa Universitas yang membuka jurusan tersebut adalah Universitas Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Gadjah Mada dan masih banyak lagi.

2. Tata Rias

Bagi sobat eCampuz yang menyukai make up dan tertarik mengembangkan kemampuannya dalam teknik dan bisnis make up mungkin cocok mengambil mata kuliah Tata Rias. Selain mendapatkan pengetahuan tentang teknik dalam tata rias, mahasiswa juga akan mendapatkan ilmu untuk bagaimana menghasilkan uang dengan kemampuan tata rias yang mereka miliki.

Mata kuliah jurusan Tata Rias, di antaranya adalah tata rias rambut, desain, tata busana, dan kewirausahaan yang dapat menunjang karir profesional.

Beberapa Universitas yang menyediakan jurusan Tata Rias diantaranya adalah Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Padang dan lain lain

3. Jurusan Pariwisata

Buat sobat eCampuz  yang memiliki hobby jalan jalan dan tertarik mengembangkan tempat pariwisata, bisa banget daftar jurusan Pariwisata. Jurusan ini dianggap santai karena selain belajar teori, mahasiswa akan sering melakukan kegiatan diluar kampus atau berpergian untuk mengeksplorasi tempat wisata yang ada di Indonesia

Terlepas dari jurusan ini dianggap santai, jangan lupakan potensi yang dimiliki negara Indonesia di bidang Wisata. Menurut data dari kemenparekraf.go.id Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia melalui seluruh pintu masuk bulan Januari 2024 sebesar 927.746 terdiri dari 760.036 kunjungan atau 81,93% melalui pencatatan imigrasi dan 167.710 kunjungan atau 18,07% melalui pencatatan Mobile Positioning Data pada pintu masuk perbatasan. Jumlah ini mengalami pertumbuhan sebesar 16,19% dibandingkan bulan Januari 2023 yang berjumlah 798.469 kunjungan.

Jadi meskipun termasuk ke dalam jurusan kuliah paling santai, potensi jurusan ini cukup besar ya sobat eCampuz. Beberapa Universitas yang menyediakan jurusan Pariwisata ialah Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Pariwisata Makassar, Binus University dan lain-lainnya

4. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan kuliah paling santai tapi memiliki peluang kerja yang cukup banyak. Tidak heran jika Ilmu Komunikasi menjadi jurusan dengan peminat terbanyak di beberapa kampus.

Dalam jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa akan menempuh mata kuliah seperti Jurnalisme, Humas, Penyiaran, Kajian Media dan masih banyak lagi. Oleh karenanya jurusan ini termasuk jurusan yang cukup padat.

Beberapa Universitas yang membuka jurusan ilmu komunikasi diantaranya Universitas Padjadjaran (Unpad), ITB, Universitas Gadjah Mada (UGM), UPI, UNS, Binus University, UB,Universitas Diponegoro (Undip) dan masih banyak lagi

5. Jurusan Olahraga

Jika sobat eCampuz  hobby olahraga dan tertarik menjadi atlet atau berprofesi di bidang keolahragaan maka jurusan keolahragaan mungkin akan cocok. Dalam jurusan olahraga terdapat beberapa fokus seperti pada pendidikan, ilmu keolahragaan dan sebagainya.

Tidak semua kampus memiliki jurusan keolahragaan, jadi sobat eCampuz harus mempertimbangkan lokasi dari Universitas yang akan diambil ya. 

Beberapa kampus yang membuka jurusan keolahragaan di antaranya adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan masih banyak lagi

6. Jurusan Seni

Salah satu jurusan yang digadang-gadang paling santai, sebab kebanyakan mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan seni adalah mahasiswa yang memiliki bakat dan minat di bidang seni tertentu. Dengan alasan tersebut maka kuliah akan terlihat santai dan menyenangkan.

Kuliah di bidang seni berorientasi pada hasil akhir sebuah karya atau praktek seni sehingga cocok bagi sobat eCampuz yang mendambakan kuliah sambil berkarya. 

Meskipun dibilang santai karena mata kuliahnya, sobat eCampuz harus siap dituntut selalu berfikir kreatif dan bersikap tekun untuk menghasilkan karya terbaik serta menyelesaikan studi.

Beberapa Universitas Seni yang ada di Indonesia adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia Surakarta, Institut Seni Indonesia Denpasar dan lain sebagainya. 

Ada juga beberapa kampus yang membuka jurusan seni seperti Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Institut Teknologi Bandung (ITB), Idan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

7. Jurusan Sosiologi

Buat sobat eCampuz yang suka menjalin komunikasi dan hubungan dengan masyarakat, bisa banget coba jurusan sosiologi. Di jurusan yang satu ini, sobat eCampuz bakal mempelajari fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dan perliaku manusia itu sendiri.

Beberapa Universitas yang membuka jurusan Sosiologi yaitu UPI, Unud, UNY, Unair, Unesa, UI, UB, Institut Pertanian Bogor (IPB), dan masih banyak lagi.

Bagaimana, tertarik mencoba jurusan-jurusan di atas? Atau masih bingung untuk memilih jurusan. Jika masih bingung menentukan jurusan kuliah, sobat eCampuz bisa membaca 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah. Menurut kalian gimana nih ketujuh jurusan kuliah paling santai yang udah dibahas di atas?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)