7 Jurusan kuliah IPS ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan, namun sayangnya belum banyak peminatnya. Jurusan apa saja kira-kira?

Memilih dan memutuskan jurusan kuliah memang tidak semudah menyeduh kopi instan. Di Indonesia, tercatat 87% mahasiswa menyatakan salah dalam pemilihan jurusan. Sehingga dibutuhkan pertimbangan matang agar tidak menyesal dikemudian hari sebelum pengambilan keputusan. Ada banyak yang wajib dipertimbangkan seperti mata kuliah apa saja yang akan dipelajari, rincian biaya yang diperlukan hingga prospeknya dimasa depan.

Jurusan Kuliah IPS yang Kurang Diminati Namun Memiliki Prospek Tinggi

Selain IPA, jurusan kuliah IPS juga tidak kalah banyak peminatnya sebut saja beberapa diantaranya manajemen dan ilmu komunikasi. Salah satu alasan memilih jurusan IPS adalah karena kebanyakan diantara calon mahasiswa berusaha menghindar dari materi hitungan. Jadi tidak heran, mereka akan mencari jurusan IPS yang tidak menghitung. Apakah sobat eCampuz mengalami hal yang sama?

Saat ini banyak dari calon mahasiswa berlomba untuk mendapatkan jurusan terfavorit dan jurusan dibutuhkan dimasa depan yang kenyataannya memiliki potensi persaingan cukup tinggi, betul tidak? Nah sebaiknya kamu perlu mempertimbangkan beberapa jurusan IPS yang menjamin masa depan tetapi peminatnya masih jarang seperti jurusan dibawah ini. 

Apa saja jurusan kuliah IPS yang bisa dipilih?

1. Filsafat

Salah satu jurusan yang terbilang masih sepi peminatnya adalah filsafat. Dikenal sebagai mother of science atau induk sebuah ilmu. Dikatakan demikian karena jurusan kuliah IPS yang satu ini seakan dapat menjawab pertanyaan mengenai segala hal, mulai dari alam semesta hingga manusia dengan segudang problematikanya.

Filsafat memiliki perbedaan dengan jurusan lain pada umumnya, karena mempelajari permasalahan mendasar manusia dan hubungan dengan realita. Karenanya mempelajari filsafat memerlukan pemahaman yang lebih mendalam dan memungkinkan kamu mempelajari pemikiran pada filsuf dari zaman-zaman kuno.

Jurusan kuliah IPS ini bisa membantu dalam berpikir lebih terstruktur dan memproses informasi secara lebih kritis. Filsafat memberikan banyak kemungkinan jenjang karir dan prospek kerja yang bervariatif seperti professor, dosen, paralegal, human resource consultant hingga research consultant.

2. Arkeologi

Arkeologi juga termasuk jurusan kuliah IPS yang terbilang minim peminatnya. Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari budaya-budaya manusia yang berasal dari berbagai zaman. Arkeologi adalah gabungan antara kebudayaan manusia, ilmu sejarah dan ilmu geologi.

Jurusan ini akan bergelut dengan sejarah kebudayaan mulai dari benda-benda peninggalan masa lampau baik dalam bentuk prasasti, patung, lukisan atau benda lain di berbagai tempat. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk melakukan ekskavasi artefak zaman purba, meneliti sejarah artefak dan umurnya hingga pergerakan evolusi manusia purba.

Kamu suka berpergian ke tempat-tempat baru? Nah mempelajari arkeologi akan memungkinkan kamu untuk belajar sambil traveling loh. Seperti meneliti tempat bersejarah yang belum terjamah sebelumnya dan mengeksplorasi benda-benda sekitar. 

Memilih jurusan kuliah IPS yang satu ini, akan memungkinkan kamu menjadi seorang arkeolog di Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Arkenas) maupun Internasional. Dikutip dari International Archaeology, kisaran gaji yang didapat seorang arkeolog di awal sebesar $80.000 hingga $90.000.

3. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang membutuhkan keterampilan analisis permasalahan dan isu yang ada di tengah masyarakat termasuk fakta-fakta dan struktur sosial. Selain itu, kamu juga akan mempelajari mengenai perilaku sosial atau interaksi hingga dampaknya pada individu maupun kelompok.

Mungkin sebagai anak IPS, sobat eCampuz sudah mendapatkan pelajaran sosiologi di bangku SMA, namun di bangku perkuliahan kamu akan lebih banyak menemui studi kasus yang memerlukan analisis lebih mendalam. Contohnya perilaku penyimpangan, stratifikasi, kependudukan, analisis geografis dan masih banyak lagi.

Prospek karir dari jurusan kuliah IPS sosiologi juga tidak main-main loh sobat eCampuz, diantaranya market research analyst, public relation executive, konsultan kebijakan publik, peneliti dan akademisi, pegiat gerakan sosial hingga politisi.

4. Informasi dan Ilmu Perpustakaan

Informasi dan Ilmu Perpustakaan adalah ilmu yang mempelajari seputar ekosistem perpustakaan mulai dari tata kelola, statistika perpustakaan hingga ilmu komputer. Jurusan ini akan berkolaborasi dengan berbagai keahlian seperti manajemen, IT dan membiasakan kamu dalam menghimpun, merapikan dan menyimpan data.

Para lulusan jurusan ini akan berkesempatan bekerja sebagai pustakawan mulai dari perpustakaan negeri, swasta hingga institusi. Nantinya kamu akan melakukan pengelolaan, merapikan dan melakukan evaluasi literatur dan data. Beberapa prospek pekerjaan lain yang bisa dilakukan oleh lulusan jurusan ini diantaranya staff administrasi, akademisi, system analyst, arsiparis dan ahli dokumen.

5. Manajemen Transportasi

Manajemen Transportasi termasuk kedalam jurusan kuliah IPS yang memiliki prospek menjanjikan namun masih terbilang minim peminat. Jurusan ini termasuk ke dalam jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan karena berfokus pada perencanaan, pengelolaan serta pengorganisasian transportasi. Hal ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan meningkatkan efisiensi, keamanan dan keberlanjutan pengelolaan mode transportasi.

Para lulusan, akan menghadapi tantangan yang kompleks pada industri transportasi modern. Tidak hanya dapat bekerja di perusahaan pemerintah, mereka juga dapat bergabung dengan perusahaan transportasi swasta, logistik hingga konsultan. 

6. Oceanografi

Dari namanya, tentu sobat eCampuz sudah bisa menarik kesimpulan untuk jurusan yang satu ini. Ya, tentunya jurusan kuliah IPS ini berhubungan erat dengan kelautan. Berbeda dengan ilmu kelautan dan perikanan, Oseanografi lebih menekankan studi ilmiah dan penerapannya terkait perikanan, fenomena laut yang diaplikasikan pada rekayasa, bencana dan mitigasinya, serta lingkungan.

Pada dasarnya oseanografi diklasifikasikan menjadi lima bidang yaitu: oseanografi kimia, oseanografi fisika, oseanografi biologi, oseanografi geologi dan oseanografi meteorologi. 

Prospek karir lulusan jurusan ini sangatlah luas dan berkesempatan mendalami profesi yang cukup prestisius. Contohnya mendalami profesi Marine Seismic Navigator, Marine Environmental Scientist, Oceanographer, Spesialis Konservasi Alam dan masih banyak lagi.

Karena Indonesia merupakan negara maritim, lulusan jurusan ini dibutuhkan dalam mengkaji permasalahan kelautan. Dimana hasil riset yang dihasilkan mampu menunjang kajian laut dan pesisir, pengembangan rekayasa dan teknologi kelautan serta eksplorasi sumber daya laut.

7. Sastra Jawa

Nah, kali ini ada jurusan kuliah IPS yang tidak menghitung. Jurusan Sastra Jawa adalah disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari linguistik, karya sastra, bahasa dan kebudayaan Jawa. Pada jurusan kuliah IPS yang satu ini tidak hanya dipersiapkan untuk dapat menjadi penggiat budaya saja, namun juga bisa menjadi peneliti budaya jawa.

Jurusan ini tidak hanya berfokus pada bahasa saja loh, namun juga akan mempelajari bidang penyiaran, jurnalistik dan pemandu wisata dengan basis bahasa Jawa. Beberapa profesi yang dapat dilakukan oleh lulusan jurusan ini diantaranya tenaga pendidik, peneliti kebudayaan jawa, penerjemah, pemandu wisata hingga penulis.

Nah, itulah beberapa jurusan kuliah IPS yang jarang dilirik dan diminati oleh mahasiswa namun memiliki prospek tinggi yang dibutuhkan dimasa mendatang. Sobat eCampuz pilih yang mana nih?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)