Jurusan kesehatan menjadi program studi yang banyak dipilih oleh calon mahasiswa karena dianggap memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Buat Kawan Juang yang ingin berkuliah di bidang kesehatan tapi bukan jadi dokter, sini ngumpul.

Jurusan kesehatan ternyata punya banyak program studi loh, Kawan Juang! Bahkan ada yang prospek kerjanya di luar bidang kesehatan, jurusan apa ya?

Apa Saja Jurusan Kesehatan

Tenang, jurusan kesehatan bukan hanya kedokteran ya, Kawan Juang! Di bawah ini adalah beberapa jurusan yang memiliki banyak peminat dan memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Kedokteran Umum

Jurusan kesehatan dengan peminat yang cukup banyak adalah kedokteran umum. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk mendiagnosis maupun menangani suatu penyakit.

Oleh karena itu, disiplin ilmu yang dipelajari cukup banyak, berikut di antaranya.

  • Blok budaya ilmiah
  • Blok biologi molekuler
  • Blok neurologi
  • Blok respirasi
  • Blok urogenital
  • Blok reproduksi
  • Blok psikiatri
  • Blok metabolisme, obat, dan nutrisi
  • Blok endokrin
  • Blok hematologi
  • Blok imunologi
  • Blok pediatri
  • Blok pengobatan komplementer
  • dan masih banyak lagi.

Banyak lulusan kedokteran memilih untuk bekerja di rumah sakit atau klinik sebagai dokter umum maupun spesialis. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang seperti bedah, pediatri, obstetri dan ginekologi, dan lainnya.

Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi merupakan jurusan yang memiliki banyak peminat selanjutnya. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai anatomi seputar gigi dan mulut. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan mempelajari sistem saraf yang ada pada leher dan kepala pasien.

Lulusan kedokteran gigi diharapkan mampu menjadi tenaga kesehatan gigi profesional mulai dari perawatan kesehatan oral manusia hingga cara mengobati berbagai permasalahan pada area tersebut.

jurusan kesehatan

Prospek kerja kedokteran gigi adalah menjadi dokter gigi, akan tetapi bisa juga mengambil spesialis seperti orthodonti, konservasi, dan gigi anak.

Farmasi

Jurusan yang satu ini akan mempelajari seluk beluk obat-obatan. Farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan kimia. Bukan hanya membuat obat, jurusan ini juga akan mempelajari kimia organik, kimia sintesis, kimia analitik, farmakologi dan toksikologi, farmakognosi, fitokimia, teknologi dan formulasi sediaan semisolida dan likuida, teknologi dan formulasi sediaan solida, bioteknologi farmasi, interaksi obat, dll.

Prospek kerja jurusan farmasi di antaranya adalah apoteker, analis kontrol kualitas, staff ahli informasi medis, industri kosmetik, industri makanan, industri minuman, dan menjadi seorang dosen.

Ilmu Gizi

Merupakan jurusan yang mempelajari kebutuhan gizi tubuh manusia dan juga kandungan nutrisi pada makanan. Ilmu gizi juga mempelajari pengolahan bahan makanan hingga masuk ke dalam tubuh. 

Jurusan ini juga akan menganalisis gizi yang terdapat pada makanan serta dampaknya bagi kesehatan tubuh. Prospek kerja jurusan ini cukup banyak, antara lain nutritionist, konselor diet, dan konselor rehabilitasi.

Kebidanan

Siapa yang mengira profesi bidan harus kuliah kedokteran? Bidan juga termasuk jurusan di bidang kesehatan loh, Kawan Juang. Jurusan bidan akan mempelajari cara pemeriksaan kehamilan, melakukan perawatan, hingga memberikan asuhan kepada pasien. Tak hanya itu, mahasiswa juga akan diajarkan cara merawat ibu dan bayi pasca kehamilan.

Prospek kerja lulusan kebidanan yang pasti adalah menjadi bidan. Akan tetapi, jika ingin berkarir selain bidan, lulusan ini juga bisa menjadi dosen maupun penyuluh kesehatan masyarakat.

Keperawatan

Keperawatan merupakan jurusan kesehatan yang banyak dibutuhkan di banyak instansi kesehatan. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan cara merawat pasien, baik mental maupun fisik. Oleh karena itu, banyak praktek perawatan pasien ketika berkuliah seperti proses perawatan pasien, cara menyuntik, hingga proses perawatan luka.

Lulusan keperawatan biasanya akan bekerja sebagai perawat di berbagai rumah sakit, klinik, hingga pelayanan masyarakat. 

Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat merupakan jurusan yang tidak berhubungan dengan pasien secara langsung, akan tetapi berhubungan langsung dengan masyarakat. Jurusan ini mempelajari berbagai risiko kesehatan di lingkup masyarakat.

Untuk menunjang hal tersebut, mahasiswa akan belajar seputar ilmu kependudukan, sosio-antro kesehatan, epidemiologi, kesehatan lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja, higiene lingkungan kerja, pemberdayaan masyarakat, kebijakan kesehatan, psikologi kesehatan, renval kesehatan, serta penentuan status gizi. 

Beberapa prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat di antaranya adalah penyuluh kesehatan, bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan, dan masih banyak lagi. Selain di bidang kesehatan, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di berbagai industri menjadi Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dll.

Fisioterapi

Jurusan ini merupakan bidang kesehatan yang mempelajari metode penyembuhan bagian tubuh yang bermasalah dengan sistem gerak. Mahasiswa akan mempelajari anatomi, fisiologi, kinesiologi, sistem saraf, dan lain-lain yang berhubungan dengan fungsi tubuh manusia.

Jurusan yang satu ini memiliki prospek kerja bukan hanya dari bidang kesehatan loh, Kawan Juang. Lulusan fisioterapi bisa bekerja sebagai fisoterapis di rumah sakit, bekerja di instansi pemerintah, akademisi, hingga tim kesehatan klub olahraga.

Radiologi

Siapa di antara Kawan Juang yang pernah melakukan rontgen, USG ataupun MRI? Untuk melakukan kegiatan tersebut, seseorang haruslah memiliki pengetahuan dalam penggunaan radiasi gelombang kepada tubuh manusia, jadi tidak bisa sembarangan, ya!

Radiologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan implementasi radiasi gelombang. Awalnya, teknologi radiologi yang digunakan untuk memindai kondisi tubuh manusia menggunakan radiasi sinar-X.

Jurusan kesehatan satu ini akan mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian tubuh manusia menggunakan implementasi radiasi gelombang. Mahasiswa juga akan belajar teori dan keteknikan di bidang radiologi.

Lulusan jurusan radiologi akan bekerja sebagai terapis radiologi, terapis dengan analisis tenaga nuklir, hingga konselor genetis.

Jurusan Teknologi Bank Darah 

Jurusan kesehatan yang satu ini akan banyak berhubungan dengan darah. Mahasiswa akan disiapkan untuk bekerja pada pelayanan bank darah. Lulusannya diharapkan mampu menjadi tenaga ahli madya teknologi bank darah yang terampil dalam bidang pelayanan darah. Lulusan jurusan ini bisa bekerja di PMI, klinik kesehatan, asisten peneliti bidang kesehatan, maupun BDRS rumah sakit. 

Tidak semua kampus kesehatan memiliki jurusan ini. Beberapa di antaranya adalah STIKES Wira Husada, Poltekkes Kemenkes Semarang, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa jurusan kesehatan yang bisa Kawan Juang coba jika tertarik berkarir di dunia kesehatan. Temukan artikel menarik seputar dunia kuliah di kuliahaja.id. Semoga artikel di atas bisa membantu Kawan Juang meraih kampus impian, ya!

0 CommentsClose Comments

Leave a comment