Siapa di antara Kawan Juang yang suka nonton drama Korea? Bagi pecinta drama Korea pasti tak asing dengan drama berjudul Daily Dose of Sunshine, Hospital Playlist, maupun Dr. Romantic. Drama tersebut mengisahkan kegiatan yang ada di rumah sakit dari berbagai sudut pandang, termasuk perawat. Nah pas banget nih, pada artikel kali ini kita akan membahas jurusan keperawatan.

Jurusan ini tidak diperuntukan bagi perempuan saja ya, Kawan Juang! Gender laki-laki juga bisa menjadi perawat handal seperti Park Eun Tak di drama Dr. Romantic.

jurusan keperawatan
Ilustrasi seri televisi Korea Selatan, Dr. Romantic. (Sumber gambar dari situs cewekbanget.grid.id)

Nah, kira-kira seperti apa sih kuliah di jurusan perawatan? Yuk, kita bahas jurusan ini mulai dari dunia perkuliahan, prospek kerja hingga biaya kuliahnya!

Kuliah Jurusan Keperawatan

Jurusan keperawatan merupakan program studi yang mempelajari cara perawatan dan pelayanan kepada pasien dalam masa penyembuhan. Selain disiplin ilmu kesehatan yang harus dikuasai, seorang calon perawat juga harus memiliki sifat sabar, empati, telaten, dan peduli.

Mahasiswa akan belajar mengenai dasar-dasar keperawatan, mulai dari teori hingga praktik. Selain itu, jurusan keperawatan juga akan mempelajari ilmu biomedik yang berhubungan dengan anatomi dan fungsi tubuh manusia. Pengetahuan tersebut wajib dimiliki, sebab perawat akan bekerja sama dengan dokter dalam menangani pasien. 

Nantinya mahasiswa akan memilih peminatan yang berpengaruh pada mata kuliah yang didapatkan. Beberapa peminatan yang ada di jurusan perawatan di antaranya adalah keperawatan jiwa, keperawatan anak, keperawatan maternitas (melahirkan), keperawatan medikal bedah, dan keperawatan komunitas atau masyarakat. 

Mata Kuliah

Jurusan keperawatan bisa dibilang mempunyai mata kuliah yang cukup padat ya, Kawan Juang. Jadi, pastikan kamu memang berminat jika ingin masuk ke dalam jurusan ini. Beberapa disiplin ilmu yang akan dipelajari di antaranya mengenai manusia, termasuk biologis, psikologis, sosiologis, spiritual, hingga kultural. 

Berikut ini beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui di Jurusan Keperawatan.

  • Dasar-dasar ilmu keperawatan.
  • Keperawatan dewasa.
  • Farmakologi.
  • Perawatan luka modern.
  • Keperawatan jiwa.
  • Keperawatan anak.
  • Keperawatan medikal bedah.
  • Keperawatan gawat darurat.
  • Keperawatan keluarga.
  • Keperawatan komunitas.
  • Psikososial dan budaya dalam keperawatan.
  • Psikologi dalam keperawatan.
  • Keselamatan pasien dan keselamatan kesehatan kerja dalam keperawatan.
  • dan sebagainya. 

Selain mata kuliah keperawatan terdapat juga mata kuliah umum seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, PPKN hingga pendidikan agama. Akan tetapi, mata kuliah umum bisa berbeda di setiap kampus.

Beda Keperawatan D3, D4, dan S1?

Perbedaan terbesar di antara program diploma dan sarjana adalah pada bagian presentasi praktik dan teori. Jenjang D3 Keperawatan berlangsung selama enam semester dengan fokus pada pembelajaran praktik lapangan. Di beberapa kampus, D3 keperawatan bahkan memiliki program turun langsung membantu perawat profesional dalam perawatan klien atau pasien. Jenjang D3 bergelar A.Md. Kep (Ahli Madya Keperawatan).

Jenjang D4 Keperawatan memiliki fokus yang sama dengan D3 yaitu pada bagian praktik, akan tetapi jenjang ini juga dilengkapi dengan teori mengenai keperawatan. Setelah lulus, jurusan D4 bisa langsung bekerja tanpa mengambil pendidikan profesi ners terlebih dahulu. Jenjang D4 bergelar S.Tr.Kep (Sarjana Terapan Keperawatan).

Untuk Jenjang S1 Keperawatan, jumlah praktik dan teori bisa dikatakan seimbang. Akan tetapi sebelum menjadi perawat, lulusan S1 harus mengambil pendidikan profesi terlebih dahulu. Jenjang S1 Keperawatan Ners bergelar Ns. diikuti nama dan diakhiri dengan S.Kep (Sarjana Keperawatan).

Profesi Ners

Pendidikan profesi ners diambil oleh lulusan S1 untuk bekerja menjadi perawat. Profesi ini merupakan program lanjutan dari S1 yang berupa praktik langsung di pusat layanan kesehatan. Selama masa pendidikan profesi, calon perawat akan mendapatkan tugas melayani langsung pasien di bawah pengawasan perawat profesional.

Prospek Kerja Jurusan Keperawatan

Prospek kerja jurusan ini pasti berada pada bidang kesehatan, akan tetapi selain menjadi perawat, lulusan keperawatan juga bisa berkarir sebagai medical representative di perusahaan alat medis atau obat-obatan. Berikut beberapa tempat yang membutuhkan lulusan jurusan ini.

Rumah Sakit dan Klinik

Tentu tempat pertama yang membutuhkan lulusan keperawatan adalah rumah sakit dan klinik. Di sini, lulusan keperawatan akan menjadi perawat yang bekerja sama dengan dokter dalam memberikan layanan kesehatan. Jenis perawat yang dipekerjakan pun bermacam-macam tergantung bidang keilmuan yang diambil.

Pendidikan dan Pelatihan

Lulusan keperawatan yang tertarik di bidang kesehatan sekaligus pendidikan bisa mengabdikan diri sebagai dosen maupun pelatih keperawatan profesional. Banyak institusi pendidikan keperawatan membutuhkan jasa seorang pendidik maupun pelatih loh.

Manajemen Kesehatan

Lulusan keperawatan bisa bekerja pada bagian manajemen kesehatan dalam pengelolaan sumber daya, kebijakan, hingga administrator kesehatan. Pengetahuan yang didapatkan semasa kuliah akan berguna dalam pengambilan keputusan suatu instansi.

Penelitian Kesehatan

Jika Kawan Juang seorang lulusan keperawatan dan tertarik dengan pengembangan bidang kesehatan, maka bisa bekerja sebagai peneliti kesehatan di instansi pengembangan kesehatan.

Biaya Kuliah Keperawatan

Sebelum memutuskan jurusan kuliah, alangkah baiknya memperhatikan biaya kuliah yang perlu disiapkan. Untuk jurusan keperawatan biaya kuliah didasarkan pada tempat berkuliah. Di setiap kampus, jurusan keperawatan memiliki biaya kuliah yang berbeda. Di kampus negeri terdapat golongan UKT untuk keperawatan mulai dari Rp500.000 – Rp9.500.000, di beberapa kampus lain UKT mulai dari Rp15.000.000 – Rp30.000.000. UKT tersebut belum termasuk uang pangkal, dan iuran lainnya. Jadi pastikan lakukan riset terlebih dahulu ya, Kawan Juang!

Kampus dengan Jurusan Keperawatan

Di Indonesia, jurusan keperawatan mudah ditemui, baik di kampus negeri maupun swasta. Di bawah ini adalah daftar beberapa kampus dengan jurusan keperawatan.

  • Politeknik Kemenkes
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Islam Negeri Jakarta
  • Universitas Padjadjaran
  • STIKES WIRAHUSADA
  • STIKes Mataram
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Universitas Pelita Harapan

Selain karir, menjadi perawat juga merupakan profesi kemanusiaan, sebab berhadapan langsung dengan kelangsungan hidup seseorang. Sekian artikel mengenai jurusan keperawatan, semoga bisa membantu Kawan Juang menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment