Beberapa jurusan Fakultas Pertanian kini mulai dilirik oleh generasi muda. Pasalnya jurusan ini mengubah persepsi mengenai kegiatan pertanian konvensional menjadi pertanian modern. Dalam beberapa perguruan tinggi, pertanian terbagi menjadi beberapa jurusan yang masuk ke dalam Fakultas Pertanian.

Lantas apa saja jurusan yang terdapat dalam Fakultas Pertanian? Yuk temukan hal menarik dibawah ini yang bisa dijadikan pertimbangan kenapa memilih Jurusan Pertanian!

Kuliah di Jurusan Fakultas Pertanian

Dalam Perguruan Tinggi, Ilmu Pertanian dibagi ke dalam beberapa program studi yang masing masing fokus kepada pengembangan ilmu pertanian di berbagai bidang. Mahasiswa di Fakultas Pertanian diharapkan mampu membawa inovasi dan memecahkan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Pertanian adalah sektor yang memiliki banyak isu terutama terkait kesejahteraan petani, padahal sumber daya di Indonesia cukup melimpah. Menurut data dari databoks.katadata.co.id Selama 10 tahun terakhir, jumlah petani Indonesia menurun 7,42%, dari 2013 yang sebanyak 31,70 juta unit. 

Beberapa Jurusan Fakultas Pertanian di beberapa perguruan tinggi bahkan memiliki program yang mengajak mahasiswa turun langsung ke lapangan menerapkan ilmu yang didapatkan pada bangku kuliah.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Paling Santai Buat Gen Z, Memang Ada?

Rekomendasi Jurusan Fakultas Pertanian

Beberapa jurusan di bawah ini, terbagi ke dalam fokus studi yang masih berada di lingkup pertanian. Dalam beberapa Fakultas Pertanian, terdapat beberapa jurusan yang mungkin menarik minat sobat eCampuz salah satunya.

Agribisnis

Program Studi Agribisnis adalah program studi yang mempelajari ilmu pertanian dan juga bisnis. Lingkup bisnis yang dimaksudkan adalah pada sektor pertanian. Mahasiswa Jurusan Agribisnis diharapkan mampu memanajemen sumber daya alam maupun manusia untuk memaksimalkan produk pertanian demi kesejahteraan para pelakunya.

Mahasiswa agribisni diharapkan mampu menyusun strategi pemasaran dan bisnis untuk sektor usaha tani. Oleh karenanya, jurusan ini akan bersinggungan dengan ilmu ekonomi.

Beberapa mata kuliah jurusan agribisnis di antaranya Teori Makroekonomi, Kewirausahaan Agribisnis, Sistem dan Usaha Agribisnis, Risiko Agribisnis, Usahatani, Bisnis Internasional, dll. 

Agroteknologi

Agroteknologi adalah program studi yang mempelajari ilmu pertanian sekaligus pemanfaatan teknologi di dalamnya. Mahasiswa diharapkan mampu memiliki inovasi dan terobosan pertanian modern yang mampu bersaing di era industri 5.0

Akhir-akhir ini pemanfaatan teknologi semakin terlihat di beberapa sektor pertanian seperti penggunaan Iot, mesin-mesin manufaktur, dan lain sebagainya.

Teknik Pertanian

Program Studi Teknik Pertanian adalah jurusan yang fokus pada manajemen teknologi dan juga sumber daya pada proses pra produksi, produksi dan pasca produksi. Mahasiswa teknik pertanian diharapkan mampu memenuhi kebutuhan sektor pertanian dengan memperhatikan aspek keberlanjutan sumber daya dan juga kelestarian lingkungan.

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan ini cocok untuk teman teman yang suka bersosialisasi dan juga berkomunikasi. Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah program studi yang mempelajari cara menyampaikan pemahaman dan pengetahuan mengenai teknologi baru, cara baru dan informasi baru untuk masyarakat luas khususnya pelaku di usaha pertanian.

Proteksi Tanaman

jurusan fakultas pertanian

Jurusan ini juga dikenal sebagai Jurusan Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Jurusan ini akan berfokus kepada manajemen kesehatan tanaman. Mahasiswa akan diberikan ilmu pengetahuan seputar jenis-jenis hama, virus, jamur, dan gejala penyakit pada tanaman. Lulusan mahasiswa Proteksi Tanaman, diharapkan mampu melestarikan sumber daya hayati dalam rangka memelihara keseimbangan agroekosistem.

Ilmu dan Teknologi Pangan

Program studi Ilmu dan Teknologi pangan adalah jurusan yang akan berfokus mempelajari ilmu pangan mulai dari fisik, biologis, maupun kimiawi. Mahasiswa akan diberikan pengetahuan untuk mengoptimalkan hasil panen menjadi produk pangan yang inovatif dan bergizi.

Ilmu Tanah

Program Studi Ilmu Tanah adalah jurusan yang mempelajari seluk beluk ilmu pertanahan mulai dari karakteristik tanah, sumber daya alam, pembentukan tanah, klasifikasi tanah, dsb. Data yang didapatkan oleh mahasiswa, akan diolah menjadi informasi penting untuk pembangunan, ataupun pengelolaan yang lainnya.

Jurusan Agronomi

Jurusan Agronomi adalah jurusan yang mempelajari teknik teknik pengelolaan tanaman pertanian pada sebuah lahan untuk mengoptimalkan hasil panen dari segi jumlah dan kualitas. Mahasiswa agronomi memiliki kemampuan untuk memilih jenis tanaman yang cocok ditanam pada lahan dan jenis tanah tertentu beserta manajemen perawatannya.

Manajemen Agribisnis

Program Studi yang satu ini merupakan kelanjutan dari Studi Agribisnis, pada Program Studi Manajemen Agribisnis, mahasiswa akan belajar lebih mendalam mengenai manajemen dalam agribisnis mulai dari perencanaan, penyusunan, pengarahan dan pengawasan, pemanfaatan,  serta pengelolaan permodalan, keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia. Cukup kompleks bukan?

Rekomendasi Perguruan Tinggi Untuk Kuliah Pertanian

Beberapa perguruan tinggi dibawah ini bisa sobat eCampuz pilih jika ingin memilih Jurusan Fakultas Pertanian. 

  • Institut Pertanian Bogor.
  • Universitas Gadjah Mada.
  • Universitas Brawijaya. 
  • Universitas Diponegoro. 
  • Universitas Padjajaran.
  • Universitas Sumatera Utara.
  • Universitas Syiah Kuala.
  • Universitas Sebelas Maret

Pastikan teman-teman melakukan riset terhadap jurusan dan kampus terkait yang akan teman-teman pilih ya. Sebab hal tersebut akan menentukan masa studi teman teman selama kurang lebih 4 tahun kedepan.

Bagaimana sobat eCampuz? Tertarik menjadi bagian petani modern? Dengan potensi yang besar dan ilmu pengetahuan yang mumpuni, sobat eCampuz bisa menjadi pionir majunya pertanian di Indonesia.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment