Salah satu tujuan dari berkuliah adalah bisa memilih karir sesuai apa yang dicita-citakan. Jurusan Administrasi Perkantoran merupakan program studi yang cocok untuk sobat eCampuz yang ingin berkarir di bagian perkantoran. 

Tapi apakah sobat eCampuz tahu, jika prospek kerja Jurusan Administrasi Perkantoran tidak mesti menjadi pegawai kantoran loh. Jika sobat eCampuz tertarik dengan jurusan yang satu ini, tapi belum tahu mendalam, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

Kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran 

Jurusan Administrasi Perkantoran adalah program studi yang mempelajari aspek aspek kegiatan yang ada di perkantoran mulai dari administrasi , kebutuhan kantor, manajemen kantor, pengelolaan kantor, dan juga pengawasan.

Mahasiswa akan dibekali ilmu-ilmu yang bisa diterapkan dalam hal perencanaan dan pengorganisasian kegiatan di kantor. Hal ini ditujukan supaya lulusan jurusan ini mampu memberikan pelayanan terbaik ketika masuk ke dalam dunia kerja.

Jurusan yang satu ini cukup padat, mahasiswa akan belajar mengenai banyak hal. Dalam bagian manajerial perkantoran misalnya, ilmu yang akan dipelajari di antaranya adalah komunikasi, manajerial, pengelolaan organisasi, dan cara berpikir strategis.

Bukan tanpa alasan, tugas dari seorang administrasi perkantoran sangatlah banyak. Jadi untuk menjadi seorang yang bekerja di bagian administrasi kantor, mahasiswa akan mendapatkan tugas seperti korespondensi, teknologi informasi, manajemen kearsipan, teknologi digital, dan masih banyak lagi.

Pengetahuan dan Keahlian yang mahasiswa Jurusan Administrasi Perkantoran dapat dirangkum di bawah ini.

Visual oleh tim Kuliahaja.

Baca Juga : Daftar 10 Kampus Jurusan Manajemen Terbaik di Indonesia

Mata Kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran biasanya terdapat pada program vokasi (D3), untuk program sarjana (S1) biasanya program studinya adalah Pendidikan Administrasi Perkantoran, seperti yang ada di Universitas Negeri Semarang

Jadi, pastikan teman teman melakukan riset terlebih dahulu, sebab akan ada perbedaan pada mata kuliah dan juga prospek kerja, dibawah ini adalah contoh mata kuliah Jurusan Administrasi Perkantoran 

  • Dokumen Bisnis & Pelaporan
  • Matematika Bisnis
  • Pengantar Akuntansi
  • Sistem Administrasi Perkantoran
  • Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3)
  • Perpajakan 1
  • Kinerja Karyawan
  • Korespondensi Bahasa Indonesia
  • Manajemen Kegiatan 1
  • Notulensi & Presentasi
  • Pengelolaan Administrasi
  • Tata Kelola Organisasi 1
  • Korespondensi Bahasa Inggris (Lisan & Tulisan( 1)
  • Layanan Prima 1
  • Ekonomi Kreatif
  • Etika Profesi
  • Dll
  • Mahasiswa juga akan mendapatkan mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, kewarganegaraan, bahasa inggris dan juga agama.

Apakah Jurusan Adminsitrasi Perkantoran Susah?

Pada dasarnya setiap ilmu haruslah dipelajari dengan sungguh-sungguh termasuk juga pada Jurusan Administrasi Perkantoran. Jurusan ini dianggap susah oleh sebagian orang karena banyak skill yang harus dipelajari.

Akan tetapi Jurusan Administrasi Perkantoran tidak terlalu susah, jika mahasiswa memiliki keinginan dan minat pada beberapa mata kuliah dan tugas seperti yang sudah dijabarkan di atas.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

Prospek kerja Jurusan Administrasi Perkantoran cukup banyak. Dibawah ini beberapa pilihan karir yang bisa dipilih lulusan administrasi perkantoran.

Staff Administrasi

Untuk menjadi staff administrasi seseorang haruslah mempunyai beberapa skill yang berhubungan dengan kegiatan perkantoran. Hal tersebut dikarenakan staff administrasi perkantoran melakukan bermacam-macam pelayanan untuk operasional perusahaan. Bahkan beberapa perusahaan mengharuskan seseorang memiliki sertifikat profesi administrasi seperti yang tertera di bawah ini. 

Sumber : https://www.scribd.com/document/355519598/Sertifikat-Uji-Kompetensi-2013-ADM-PERKANTORAN

Sekretaris

Sekretaris adalah seseorang yang membantu kegiatan atas dalam menyaring informasi, penjadwalan kegiatan, dan juga komunikasi kepada rekan bisnis. Jurusan ini biasanya diisi oleh seorang perempuan karena dinilai lebih ulet dan teliti.

Baca Juga : 16 Jurusan Kuliah IPA yang Cocok Untuk Perempuan dan Prospek Kerjanya

Resepsionis

Resepsionis dibutuhkan di berbagai sektor usaha, mulai dari hotel hingga perusahaan. Seorang resepsionis haruslah memiliki komunikasi yang baik dan kemampuan berpikir cepat. Tugas resepsionis bisa berbeda tergantung dimana tempat bekerjanya.

Pengajar

Jurusan Administrasi Perkantoran juga sudah ada di SMK, oleh karena itu beberapa perguruan tinggi membuka Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran untuk mencetak lulusan pengajar di sekolah-sekolah.

Menjadi Staff Personalia

Staff Personalia adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pengurusan administrasi para karyawan perusahaan seperti database, payroll, dan pembayaran lainnya.

Event Organizer (EO)

Peluang karir yang satu ini adalah pilihan jika lulusan Administrasi Kantor ingin berkarir di luar perkantoran. Event Organizer memerlukan beberapa kompetensi yang dimiliki lulusan administrasi perkantoran seperti manajemen, organisasi, berfikir kritis, dan lain sebagainya

Personal Assistant

Menjadi personal assistant termasuk pekerjaan yang saat ini banyak dipilih karena salary yang di dapat semakin tinggi. Perbedaan Personal Assistant dengan sekretaris adalah sekertaris bertugas untuk tugas yang berkaitan dengan kantor sedang Personal Assistant bertugas untuk pribadi seseorang. 

prospek kerja jurusan administrasi perkantoran

Tugas Personal Assistant di antaranya menyusun jadwal harian, menemani meeting, mengingatkan agenda harian, dan masih banyak lagi. Baru baru ini bahkan muncul pekerjaan virtual personal assistant dimana pekerjaan Personal Assistant dilakukan secara daring, menarik bukan? 

PNS atau Pegawai BUMN

Lulusan Administrasi Perkantoran juga berpeluang bekerja pada instansi pemerintahan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Lulusan administrasi perkantoran banyak dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi.

Itu dia beberapa pilihan karir yang bisa dipilih lulusan Administrasi Perkantoran, diluar pekerjaan di atas, masih banyak pekerjaan lain yang bisa lulusan Administrasi Perkantoran pilih

Perguruan Tinggi Dengan Jurusan Administrasi Perkantoran

Beberapa Perguruan tinggi di bawah ini bisa dijadikan pilihan jika sobat eCampuz tertarik menjadi mahasiswa Administrasi Perkantoran.

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Selain perguruan tinggi di atas, masih banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Jurusan Administrasi Perkantoran.

Itu dia beberapa hal terkait Jurusan Administrasi Perkantoran yang bisa dijadikan masukan untuk sobat eCampuz. Semoga artikel di atas mampu membantu sobat eCampuz menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment