Buat sobat eCampuz yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi, pastilah dihadapkan dengan pilihan tempat belajar. Di Indonesia sendiri terdapat lima jenis kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi, diantaranya adalah universitas, politeknik, institut, sekolah tinggi dan akademi.

Rasanya tidak asing jika seringkali kita temui teman-teman yang menentukan universitas populer untuk menjadi target pendidikan tinggi selanjutnya. Namun, sebenarnya di negeri ini ada empat jenis perguruan tinggi lainnya lho. Bahkan, ada juga yang masih salah memahami bahwa pendidikan tinggi di Indonesia tidak hanya tersedia universitas saja, namun ada juga politeknik, sekolah tinggi, dan lain-lain. Sebelum menentukan pilihan, alangkah baiknya sobat eCampuz mengetahui jenis-jenis perguruan tinggi, perbedaannya dan juga ada apa saja jalur masuk yang dibuka.

Beda Universitas, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi dan Akademi

Tahukah kamu, perguruan tinggi di Indonesia bukan cuma universitas atau politeknik saja. Ada juga institut, sekolah tinggi, dan akademi. Perbedaannya terletak pada program studi yang ditawarkan, jenjang studi, jalur masuk, dan gelar yang diperoleh setelah lulus.

Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Seringkali calon mahasiswa masih keliru dengan jenis perguruan tinggi dan berakibat salah jurusan, untuk mencegah hal itu terjadi, yuk simak jenis perguruan tinggi berikut ini.

1. Universitas

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang memiliki sejumlah fakultas di dalamnya. Setiap fakultas di kelompokkan berdasarkan jurusan kuliah yang linear. Misalnya dalam fakultas Bahasa dan Seni terdapat jurusan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Tari dan sebagainya

Universitas adalah salah satu jenis perguruan tinggi yang paling banyak diminati oleh lulusan SMA, SMK, maupun yang sederajat, di Indonesia. Tercatat jumlah peserta UTBK 2024 mencapai 785.058 individu, dari total sekitar 1,5 juta pendaftar yang telah membuat registrasi akun permanen siswa. Jenjang studi dalam universitas juga beragam mulai dari D3, D4, S1, S2 dan juga S3. Gelar yang didapat juga akan berbeda sesuai dengan jurusan yang diambil.

2. Politeknik

Politeknik adalah perguruan tinggi yang banyak mengedepankan keterampilan dan ilmu terapan. Meskipun demikian, terdapat mata kuliah umum dan juga teori sesuai dengan jurusan yang diambil. Lulusan dari politeknik diharapkan mampu bersaing secara unggul di dunia kerja.

Politeknik hanya menyediakan jenjang studi vokasi yang terdiri dari D3 dan D4, namun jangan khawatir, jurusan di politeknik cukup banyak dan beragam mulai dari teknik sipil, animasi, pariwisata, perhotelan, teknik kimia, desain mode dan masih banyak lagi. Salah satu kampus politeknik keperawatan ada di Jogja, yaitu Politeknik Kesehatan Karya Husada Yogyakarta.

3. Akademi

Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu cabang ilmu tertentu dengan tujuan menghasilkan seseorang profesional atau ahli di suatu bidang. Akademi menyelenggarakan pendidikan vokasi di jenjang D1, D2, D3 dan juga D4.

Jika sobat eCampuz tertarik untuk melanjutkan pendidikan di akademi haruslah memiliki disiplin dan tekad yang kuat. Hal Tersebut dikarenakan dalam akademi menekankan kode etik dan pelatihan praktis dibandingkan dengan teori saja. Apalagi jika akademi tersebut berhubungan dengan militer atau keamanan.

Contoh beberapa akademi yang ada di Indonesia antara lain Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, Akademi Inovasi Indonesia, Akademi Farmasi, dan lain sebagainya.

4. Institut

Jika akademi berfokus pada suatu bidang ilmu tertentu dan politeknik memiliki banyak ilmu yang ditawarkan, maka institut adalah jenis perguruan tinggi yang memiliki fokus 1 sampai 3 rumpun ilmu pengetahuan atau berada di tengah akademi dan politeknik.

Beberapa institut di Indonesia di antaranya adalah Institut Kesenian Jakarta yang khusus mengajarkan ilmu film, seni rupa, dan seni pertunjukan; kemudian ada Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memiliki Fakultas Teknik, Bisnis, dan Desain.

5. Sekolah Tinggi

Sekolah tinggi merupakan jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, sarjana, dan pascasarjana dalam satu rumpun ilmu. Tidak sedikit beberapa sekolah tinggi identik dengan sekolah kedinasan.

Baca Juga : 10 Sekolah Kedinasan dengan Pendidikan Gratis, Bisa Langsung Kerja

Misalnya STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) yang mempunyai program studi di bidang akuntansi, ekonomi, dan manajemen. Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera yang memiliki fokus pada rumpun ilmu SOSHUM khususnya ilmu hukum, lalu ada juga Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang memiliki fokus pada rumpun ilmu sosial khususnya ilmu pemerintahan.

Perbedaan Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Setiap jenis perguruan tinggi memiliki jalur masuk yang berbeda-beda bahkan terkadang memiliki timeline yang tidak sama. Oleh karena itu, penting bagi sobat eCampuz mengetahui jalur masuk dan juga timeline pendaftaraan setiap perguruan tinggi.

Untuk mempermudah sobat eCampuz, yuk simak jalur masuk dan timeline pendaftaran perguruan tinggi dibawah ini.

Jenis Perguruan Tinggi Jalur Masuk Timeline
Universitas 1. SNBP
2. UTBK SNBT
3. Ujian atau Seleksi Mandiri
1. SNBP sekitar bulan Februari-Maret
2. SBMPTN sekitar bulan Mei-Juni
3. Seleksi Mandiri bulan Juni-Agustus
Politeknik 1. SNMPN
2. UTBK-SBMPTN
1. SNMPN sekitar Januari-Maret
2. UTBK-SBMPTN sekitar Mei-Juni
Sekolah Tinggi Seleksi Mandiri Seleksi Mandiri sekitar bulan Mei-Juni
Institut 1. SNBP
2. UTBK SNBT
3. Ujian atau Seleksi Mandiri
1. SNBP sekitar bulan Februari-Maret
2. SBMPTN sekitar bulan Mei-Juni
3. Seleksi Mandiri bulan Juni-Agustus
Akademi Seleksi Mandiri Seleksi Mandiri sekitar bulan Maret-Mei

Jalur masuk perguruan tinggi setiap periodenya bisa berubah-ubah, tergantung kebijakan pemerintah dan juga masing-masing kampus penyelenggara. Beberapa jalur masuk tidak dipungut biaya sama sekali dan ada juga jalur masuk yang dikenakan biaya.

Jalur masuk yang tidak dipungut biaya di antaranya, SNBP, SNMPN, Seleksi Mandiri Sekolah Tinggi dan Akademi. Beberapa jalur masuk lain dikenakan biaya tergantung kebijakan yang berlaku di tahun tersebut dan tergantung instansi yang bersangkutan

Bagaimana sobat eCampuz, sudah menentukan pilihanmu? Artikel tentang 7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah bisa menambah referensi kalian biar nggak galau lagi.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)