Siap Kuliah? Intip Panduan Paling Lengkap Jalur PMDK di PMB Online UAD berikut ini!

Sobat eCampuz udah mulai siap-siap daftar kuliah dan memiliki prestasi di bidang seni, olahraga, sains maupun organisasi? Nah sobat eCampuz jangan sampai ketinggalan info yang satu ini. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) yang bisa diakses secara lengkap di PMB Online UAD.

Penerimaan Mahasiswa Baru/ PMB Online UAD melalui Jalur PMDK

Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) adalah jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru di UAD bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik dan prestasi non akademik seperti seni, olahraga maupun organisasi. 

Jalur ini bisa digunakan untuk pendaftaran semua jurusan/program studi pada jenjang Sarjana (S1) maupun Diploma 4. Akan tetapi khusus untuk program studi Farmasi, Psikologi dan Kedokteran belum bisa mendaftar melalui jalur ini.

Berikut ini beberapa jalur seleksi melalui PMDK pada PMB Universitas Ahmad Dahlan:

1. PMDK UTBK

PMDK UTBK adalah penelusuran minat dan kemampuan calon mahasiswa yang didasarkan pada nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer. Artinya kamu dapat mendaftar dengan hasil UTBK kamu tanpa tes tambahan. Dimana berkas yang dibutuhkan adalah scan sertifikat UTBK ke dalam format PDF.

2. PMDK Rapor

Selain UTBK. PMDK juga dapat dilakukan melalui jalur rapor. Hal ini berdasarkan nilai pada rapor semester 2,3,4 yang mencakup nilai kelas X pada semester 2, kelas XI semester 1 dan 2. Dimana rerata nilai yang dibutuhkan adalah 75 pada program studi tertentu yaitu pada dua mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan satu pelajaran pada pilihan jurusan SMA/MA/SMK. Berkas-berkas yang dibutuhkan adalah rapor semester 2,3,4 yang di scan yang disatukan kedalam 1 file dengan format PDF.

3. PMDK Prestasi

Selanjutnya adalah PMDK Prestasi dimana penelusuran minat dan kemampuan didasarkan pada prestasi baik dibidang seni, olahraga, sains maupun pengalaman organisasi. Kamu diharuskan menunjukan sertifikat kejuaraan di bidang seni/sains atau olahraga yang pernah kamu dapatkan atau surat keterangan pengurus organisasi dengan rata-rata nilai rapor pada semester 2,3,4 adalah 70 pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan satu mata pelajaran pilihan pada SMA/MA/SMK.

Pada info PMB Online UAD, berkas-berkas yang dibutuhkan antara lain sertifikat kejuaraan atau surat keterangan pernah aktif sebagai pengurus organisasi serta rapor semester 2,3,4 dalam format PDF.

4. PMDK SKL

PMDK SKL merupakan penelusuran minat dan kemampuan yang didasarkan kepada nilai SKL maupun nilai pada Ijazah. Dimana untuk mendaftar jalur ini, kamu wajib memiliki rata-rata nilai Ujian Akhir Sekolah minimal 75. Dalam PMB Online UAD, berkas-berkas yang wajib disiapkan adalah bentuk scan dari SKL yang berisi informasi nilai mata pelajaran maupun Ijazah dalam format PDF.

Seluruh informasi mengenai keempat jalur PMDK di atas baik periode pendaftaran, jalur yang dipilih dapat sobat eCampuz akses secara lengkap pada info PMB Online UAD. Kamu dapat langsung mendaftar salah satu dari ketiga jalur PMDK dengan klik menu daftar UAD yang tersedia.

Persyaratan PMDK

Persyaratan PMDK pada PMB Online UAD

Selain jalur PMDK, sobat eCampuz juga dapat mengetahui persyaratan-persyaratan pendaftaran pada info PMB Online UAD. Adapun setiap jurusan maupun program studi memiliki persyaratannya masing-masing. Masih bingung memutuskan program studi? 

Atau jangan-jangan kamu masih bingung mengenai jurusan dan program studi? Nah, sebelum mengecek persyaratan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu perbedaan jurusan dan program studi sebelum memilihnya.

Dikutip dari PMB Online UAD, terdapat 38 program studi yang tersedia di Universitas Ahmad Dahlan dimana masing-masing prodi tersebut memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi. Salah satu persyaratannya adalah rata-rata atau nilai minimal baik pada raport dan UTBK. Selain itu, terdapat beberapa jurusan yang wajib lulus dari tes buta warna atau parsial.

Syarat dan Pemberkasan pada PMB Online UAD

Selain persyaratan nilai minimal dan buta warna, ada beberapa persyaratan dalam bentuk berkas yang wajib dipenuhi oleh calon mahasiswa diantaranya adalah:

  1. Pendaftar ialah calon mahasiswa/siswa kelas XII yang dinyatakan lulus pada tahun 2024 maupun lulusan tahun sebelumnya
  2. Menyertakan pas foto berwarna terbaru dengan menggunakan pakaian formal
  3. Melampirkan kartu keluarga
  4. Menyertakan hasil test buta warna untuk program studi tertentu

Alur PMDK pada PMB Online UAD

Untuk melakukan pendaftaran dengan jalur PMDK, sobat eCampuz wajib mengikuti beberapa alur PMDK dibawah ini:

1. Registrasi Langsung pada PMB Online UAD

Calon mahasiswa melakukan registrasi secara online pada PMB Online UAD, sehingga sobat eCampuz yang berada diluar kota Yogyakarta dapat melakukan registrasi dimanapun kapanpun. Kamu belum memiliki akun? Terlebih dahulu lakukan pendaftaran pada menu “Daftar Akun”.Lalu lakukan login dengan email dan password yang terdaftar, selanjutnya pilih jalur seleksi PMDK. Selanjutnya, pilih program studi maksimal 2 prodi dan isikan semua data sesuai data diri. Kamu akan mendapatkan nomor pendaftaran yang nantinya bisa digunakan untuk keperluan pembayaran.

2. Pembayaran Pendaftaran PMDK

Ketika sobat eCampuz melakukan pembayaran pendaftaran PMDK, sobat eCampuz dapat langsung menyebutkan nomor pendaftaran. Pembayaran formulir dapat kamu lakukan di Teller Bank, ATM , Internet Banking, Mobile Banking maupun E-commerce. Informasi lebih lengkapnya, kamu dapat mengaksesnya pada PMB Online UAD pada cara pembayaran.

3. Login dan Unggah Berkas

Selanjutnya, calon mahasiswa dapat melakukan login dengan mengunggah berkas dan verifikasi dengan file pasfoto, scan Kartu Keluarga, nilai rapor Semester 2,3 dan 4. Selanjutnya, calon mahasiswa menunggu pengumuman hasil seleksi selama 1 hari.

4. Melihat Hasil Seleksi

Calon mahasiswa pendaftar selanjutnya melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi PMDK dengan terlebih dahulu login pada PMB Universitas Ahmad Dahlan dengan memilih menu Hasil Seleksi. Pendaftar yang telah dinyatakan diterima dan lolos kemudian bisa langsung mencetak hasil seleksi serta melanjutkan ke tahap registrasi. Namun bagi pendaftar yang belum diterima dapat kembali mendaftar dengan akun sebelumnya serta dapat memilih jalur seleksi yang sama maupun yang lain.

5. Pembayaran Angsuran

Pendaftar yang dinyatakan telah diterima dapat langsung membayar angsuran 1 biaya pendidikan sesuai dengan nominal yang ada pada hasil seleksi, mengupload berkas pendaftaran (scan akte kelahiran, KTP, Surat pernyataan seperti tata tertib, surat kelulusan SMA/sederajat dan bebas narkoba).

6. Pengunduhan Bukti Registrasi

Selanjutnya, pendaftar dapat mengunduh dan mencetak bukti registrasi dengan terlebih dahulu login di PMB Online UAD.

Nah sobat eCampuz yang mulai bersiap kuliah dan memiliki prestasi baik akademik dan non akademik, jangan sampai melewatkan kesempatan PMDK di Universitas Ahmad Dahlan ya! Jadwal PMDK bisa diakses secara lengkap di PMB Online UAD.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment