Cara promosi kampus swasta yang tepat, mampu membuat calon mahasiswa melakukan pendaftaran di kampus tersebut. Apalagi, kampus swasta mulai banyak dipilih calon mahasiswa sebagai pilihan pertama untuk berkuliah.

Untuk mendapatkan calon mahasiswa, strategi dan cara promosi kampus swasta menjadi hal penting. Sebab hal tersebut bisa menjadi jalan untuk mendapatkan mahasiswa.

Cara Promosi Kampus Swasta

Semakin berkembangnya zaman, promosi kampus mengalami kemajuan dari segi ide hingga media untuk melakukan promosi. Di bawah ini adalah beberapa cara promosi kampus swasta yang bisa dicoba

Menggunakan Media Sosial

Karena hampir semua mahasiswa adalah pengguna internet aktif dan banyak menghabiskan waktu di media sosial, maka menggunakan media sosial merupakan cara promosi kampus swasta yang potensial. 

Dengan konten yang menarik dan mengikuti tren, kemungkinan besar konten tersebut tampil di beranda calon mahasiswa semakin tinggi. Setelah masuk ke dalam algoritma, konten tersebut bisa diolah menjadi konten edukatif yang menyajikan informasi mengenai program kampus.

Media sosial juga menjadi tempat terjadinya interaksi antar calon mahasiswa dan pihak kampus, sehingga pengelolaan media sosial bukan hanya sampai pada produksi saja, tapi hingga layanan tanya jawab misalnya.

Memberikan Program Beasiswa

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan mahasiswa ketika memilih kampus adalah biaya kuliah, mulai dari UKT hingga biaya hidup. Stigma masyarakat yang menganggap kuliah di kampus swasta mahal bisa menjadi salah satu hambatan terbesar kampus swasta mendapatkan mahasiswa.

Salah satu cara promosi kampus swasta adalah dengan menawarkan program beasiswa  bagi calon mahasiswa. Hal ini mampu memperluas kemungkinan kampus swasta untuk mendapatkan mahasiswa. 

Program beasiswa juga tidak hanya menyasar untuk keluarga kurang mampu saja, akan tetapi juga bisa di arahkan ke calon mahasiswa berprestasi.

Meraih Akreditasi dan Peringkat Kampus

Bagi sebagian calon mahasiswa akreditasi kampus merupakan hal yang penting. Oleh karenanya sebelum melakukan promosi atau masa penerimaan mahasiswa baru, kampus swasta bisa mencoba menaikan akreditasi hingga akreditasi A atau Unggul dari BAN PT.

Disamping akreditasi, terdapat juga pemeringakatan yang dilakukan oleh Webometrics. Webometrics adalah suatu sistem pemeringkatan terhadap penilaian perguruan tinggi di seluruh dunia dengan berdasarkan kriteria indikator yang digunakan, yaitu visibility, transparency dan excellence. Perangkingan webometrics sering digunakan sebagai acuan untuk peringkat kampus di Indonesia.

Menggunakan Prestasi Mahasiswa atau Kampus

Promosi selanjutnya adalah dengan menggunakan prestasi. Untuk menyampaikan hal tersebut bisa melalui postingan di media sosial ataupun melalui video. Ada kemungkinan calon mahasiswa yang memiliki bakat dan minat sama dengan prestasi yang diraih akan tertarik untuk bergabung.

Selain itu, prestasi mahasiswa dan kampus juga membawa citra baik kampus bagi calon mahasiswa. Hal tersebut menunjukan kampus tersebut mempunyai lingkungan belajar yang nyaman dan berprestasi

Menyediakan Web Kampus yang Kredibel

Salah satu alasan kenapa web kampus penting adalah jumlah pencarian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di search engine sangatlah besar. Hal ini dikarenakan, banyak calon mahasiswa menganggap informasi di website resmi kampus adalah yang paling kredibel.

Selain mampu menjawab pertanyaan mahasiswa seputar penerimaan mahasiswa baru, website kampus juga bisa dijadikan sebagai media promosi kampus swasta dan pengenalan program-program unggulan kampus, sehingga tidak memerlukan biaya besar.

Untuk memperbesar kemungkinan tampil di halaman pencarian, buatlah content menarik di website berupa artikel, landing page khusus dan sebagainya. Oleh karenanya salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kualitas konten dan juga SEO.

Menjalin kerja sama dengan Start Up Edutech

Karena target calon mahasiswa adalah generasi muda yang akrab dengan dunia digital dan trend. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah menggandeng startup yang bergerak di bidang edutech. Kerja sama yang potensial salah satunnya adalah mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru di website.

KuliahAja.id merupakan platform admission agregator bagi perguruan tinggi, yang juga menyediakan informasi seputar dunia kampus, mulai dari penerimaan mahasiswa baru, program kuliah, program beasiswa dan masih banyak lagi. 

KuliahAja.id memiliki tujuan untuk menghubungkan calon mahasiswa dengan kampus impian. Oleh karenanya untuk kampus yang ingin mendaftar sebagai mitra tidak dikenakan biaya alias gratis. Segera daftar di sini melalui halaman Partnership KuliahAja.

cara promosi kampus swasta

 Menggunakan Promosi Konvensional

Selain menggunakan cara digital, promosi juga bisa dilakukan secara langsung. Beberapa contoh acara promosi kampus secara langsung adalah expo kampus, talkshow, dan sebagainya. 

Untuk mengadakan promosi secara langsung, haruslah mengemas acara dengan baik dan menyenangkan supaya peserta tidak merasa bosan dan terkesan hanya ingin melakukan promosi semata.

Acara yang menarik akan membuat peserta atau calon mahasiswa merasa nyaman dan senang. Sehingga besar kemungkinan untuk menjadikan kampus yang melakukan promosi sebagai pilihan kuliah, apalagi jika program dan biaya sesuai dengan kebutuhan calon mahasiswa.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk promosi kampus swasta. Semoga artikel di atas bisa membantu.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment