Ketahui cara memilih jurusan kuliah yang paling pas agar tidak menyesal di akhir dengan menerapkan aspek-aspek penting dalam artikel ini.

Detik-detik memasuki perkuliahan selalu dibuat bingung dengan pemilihan jurusan. Banyaknya pilihan jurusan membuat para calon mahasiswa mulai memikirkan jurusan favorit mereka hingga jurusan apa yang memiliki prospek dan dibutuhkan di masa depan.

Pemilihan jurusan akan menjadi fundamen untuk perkembangan karir di masa mendatang. Dengan berbagai pilihan jurusan, seringkali membuat para calon mahasiswa merasa kebingungan untuk menentukan pilihan mereka. Apakah sobat eCampuz juga mengalami kegundahan dalam memilih jurusan? Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui tips dan cara memilih jurusan kuliah yang paling pas untuk kamu!

3 Aspek dan Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Wajib Diperhatikan

3 Aspek dan Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Wajib Diperhatikan

Salah satu keputusan dalam yang paling berat adalah memutuskan memilih jurusan. Benar tidak sih sobat eCampuz? Pemilihan jurusan, bukan hanya sekedar meyakini persepsi pribadi namun bagaimana keputusan itu diputuskan secara matang dengan penuh keyakinan diri.

Dosen Bimbingan Konseling Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Arie Khusumadewi, M.Pd dalam sebuah talkshow menuturkan cara memilih jurusan kuliah wajib memperhatikan tiga aspek penting yang disebut KPK. KPK memiliki kepanjangan kemampuan, passion (minat), dan kebutuhan pasar. Simak artikel ini sampai habis, sehingga dapat cara mengetahui jurusan yang cocok untuk kita.

1. Kemampuan

Kesalahan terbesar yang sering terjadi pada calon mahasiswa pada umumnya adalah memilih jurusan atas dasar mengikuti pilihan teman. Meskipun sudah memiliki pertemanan yang cukup lama dan dekat, sangat tidak disarankan untuk memilih jurusan hanya berdasar pilihan teman.

Oleh karenanya, tips dan cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah mengenali kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Kemampuan seseorang bersifat unik dan tidak dapat disamakan satu sama lain dengan pribadi yang lain. Sehingga menjadi sangat penting untuk mengenali dan memahami apa saja kemampuan yang dimiliki.

Karena dunia perkuliahan merupakan babak penentuan dan salah satu fondasi penentu kehidupan selanjutnya, maka pastikan jurusan yang dipilih sudah sesuai dengan kemampuan dan tidak ada keterpaksaan dalam melaksanakannya.

2. Passion (Minat)

Dilansir dari Katadata, passion berarti keinginan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan dengan antusias. Ketika sesuatu dilakukan dengan antusias, tentu akan tidak hanya berpengaruh pada proses menjalaninya namun juga pada hasilnya. Lalu apakah sobat eCampuz sudah menemukan passion yang sesuai?

Menggali passion, merupakan salah satu cara memilih jurusan kuliah yang tepat dan wajib dilakukan. Bagaimana cara menemukan passion? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan bergabung dengan sebuah komunitas, belajar secara mandiri, rajin mengikuti kuliah atau seminar online serta mengikuti tes bakat minat yang bisa membantu menggali passion secara lebih mendalam.

Dengan mengetahui minat dalam diri sendiri, secara otomatis dapat memudahkan penentuan dan ketertarikan pada bidang studi tertentu.

3. Kebutuhan Pasar

Disamping memahami apa yang dimiliki, sobat eCampuz juga harus tetap realistis dengan memperhatikan jurusan yang dibutuhkan oleh pasar. Karena sejatinya, dunia perkuliahan merupakan jenjang yang dilalui sebelum akhirnya masuk ke dalam dunia kerja. Sehingga tidak ada salahnya mempertimbangkan kebutuhan pasar yang ada untuk menentukan pemilihan jurusan.

Hal ini menjadi salah satu cara memilih jurusan kuliah yang harus diperhatikan karena memiliki efek jangka panjang. Sehingga ketika pada saatnya lulus nanti, sobat eCampuz tidak kebingungan lagi dalam mencari role pekerjaan yang akan dimulai.

Selain tiga aspek diatas, ketenangan dari dalam diri juga penting untuk dilakukan. Memilih dalam keadaan panik, tentu akan mempengaruhi hasil keputusan yang akan diambil. Pastikan sobat eCampuz dalam keadaan tenang, tanpa tekanan dan rileks dalam memutuskan keputusan.

Yang Tidak Dianjurkan Saat Memilih Jurusan

Apabila sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara memilih jurusan kuliah dengan tepat, berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat memilih jurusan kuliah:

1. FOMO atau Terpengaruh oleh Tren

Fear of Missing Out (FOMO) adalah hal yang sering terjadi pada usia perkuliahan. Pemilihan jurusan hanya karena tren saat ini akan menimbulkan terjadinya ketidakpuasan dan kurangnya motivasi dalam menjalani dunia perkuliahan.Kamu harus ingat, keputusan ini akan memberikan pengaruh jangka panjang bahkan untuk masa depan. 

2. Memutuskan Berdasarkan Persepsi Pribadi

Tidak semua hal yang kamu pikirkan sama dengan kenyataan yang terjadi. Contohnya pemikiran memilih jurusan PG-PAUD agar proses kuliah tidak sulit, lebih santai dan terhindar dari hitungan tidak seperti jurusan yang lain. Diskusikan persepsi pribadi kamu dengan orang yang jauh lebih berpengalaman di jurusan tersebut agar kamu mendapatkan gambaran lebih jelas dan sesuai dengan realitanya.

3. Bersikap Idealis dan Terpaku pada Satu Jurusan

Kebanyakan dari calon mahasiswa masih memiliki sifat idealis yang relatif tinggi. Boleh saja memiliki keinginan yang kuat akan pemilihan jurusan. Tetapi, sebaiknya kamu sudah menyiapkan plan kedua. Bagaimana jika jurusan yang kamu pilih memiliki passing grade yang cukup tinggi dengan ribuan peminat?

Berpikirlah secara lebih realistis, dengan menyusun strategi maupun pilihan kedua agar kamu tidak lebih kecewa apabila belum beruntung pada pilihan jurusan pertama yang kamu pilih.

Gimana nih sobat eCampuz? Apakah kamu sudah mulai meraba-raba mengenai list jurusan yang akan menjadi pilihan kamu? Selama kamu mengikuti cara-cara memilih jurusan kuliah diatas, kamu tidak perlu bingung lagi dalam menentukan jurusan mana yang akhirnya kamu akan pilih.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)