Dampak yang terjadi atas insiden peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 ternyata juga berimbas hingga proses daftar KIP Kuliah. Sebanyak 853 ribu data pendaftar kala itu terancam hilang dan sistem daftar KIP Kuliah sempat terganggu.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah memberikan himbauan agar para pendaftar kembali mengakses sistem KIP Kuliah pada rentang waktu 29 Juli31 Agustus 2024 dan mereka harus mengunggah kembali dokumen serta data dukung pendaftaran KIP Kuliah. 

Himbauan tadi untuk teman-teman yang sudah melakukan submit pendaftaran KIP Kuliah, lalu bagaimana untuk sobat eCampuz yang belum sempat mendaftar?

Tenang, dalam artikel ini akan dibahas informasi terbaru mengenai pendaftaran KIP Kuliah bagi calon mahasiswa yang sudah mendaftar (reclaim akun) maupun yang belum memiliki akun.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik Mencoba?

Manfaat yang Diperoleh dari KIP Kuliah

KIP Kuliah memberikan fasilitas selama proses kuliah dengan batas waktu tertentu. Fasilitas yang didapatkan disesuaikan dengan program studi yang diambil, kebijakan kampus, dan ketentuan dari pemerintah. Apa saja fasilitas yang diberikan? Diantaranya sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk SNBT.
  2. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi mandiri yang dilakukan masing-masing PTN.
  3. Biaya kuliah gratis sampai lulus sesuai dengan kebijakan yang ditentukan.
  4. Bantuan Biaya Hidup (BBH) per bulan yang disesuaikan dengan indeks wilayah masing-masing.

Berapa Uang Saku KIP Kuliah?

daftar-kip-kuliah

Bantuan biaya hidup yang diberikan pemerintah digunakan untuk menunjang perkuliahan, seperti biaya kos, makan, dan buku yang harus dibeli. Berikut adalah besaran biaya hidup sesuai dengan klaster.

  • Klaster 1: Peserta akan menerima uang saku sebesar Rp800 ribu per bulan. 
  • Klaster 2: Peserta akan menerima uang saku sebesar Rp950 ribu per bulan. 
  • Klaster 3: Peserta akan menerima uang saku sebesar Rp1,1 juta per bulan. 
  • Klaster 4: Peserta akan menerima uang saku sebesar Rp1,25 juta per bulan.
  • Klaster 5: Peserta akan menerima uang saku sebesar 1,4 juta per bulan.

Cara Daftar KIP Kuliah bagi yang Sudah Punya Akun

Pemerintah telah menghimbau para mahasiswa baru yang telah daftar KIP Kuliah pada periode Januari 2024 dan dinyatakan lulus SNBP dan SNBT untuk segera melakukan reclaim akun KIP Kuliah. Proses reclaim akun KIP Kuliah dilakukan pasca peretasan PDNS 2 untuk mendata kembali data-data mahasiswa KIPK.

Reclaim akun KIP Kuliah tetap menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) melalui sistem KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/claim-account.

Cara Daftar KIP Kuliah bagi yang Tidak Punya Akun

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang belum daftar dan punya keinginan untuk mendaftar KIP Kuliah melalui Jalur Seleksi Mandiri, kalian harap segera masuk ke sistem KIP Kuliah. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Oktober 2024. Prosesnya tidak rumit, berikut cara daftar KIP Kuliah terbaru.

1. Membuat Akun KIP Kuliah

Membuat akun KIP Kuliah sebagai pintu masuk untuk bisa mendaftar KIP Kuliah. Akun KIP Kuliah bisa dibuat melalui laman  https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru.  

2. Mengisi Data Diri

Data diri yang diisi adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dengan benar, serta alamat email yang valid dan aktif.  

Sistem KIP Kuliah sudah terintegrasi dengan Dapodik KEMENDIKBUD RISTEK. Maka dari itu, pastikan NIK, NISN, dan NPSN sama dengan yang tercatat di Dapodik. Kalau NIK, NISN, dan NPSN valid, maka sistem KIP Kuliah akan mengirimkan akun KIP Kuliah ke alamat email yang didaftarkan. 

Perlu dicatat, tahap ini berlaku untuk pendaftar yang belum punya akun KIP Kuliah atau baru lulus tahun 2024. Bagi siswa lulusan tahun 2023 dan 2022 yang sudah mempunyai akun KIP Kuliah, tetapi belum lolos seleksi perguruan tinggi, bisa masuk menggunakan akun tahun lalu dengan pembaruan SIM Kuliah terlebih dahulu.

3. Login Akun KIP Kuliah 

Setelah pengisian data diri, sistem akan mengirim informasi akun ke alamat email yang didaftarkan. Informasi akun yang memuat nomor pendaftaran dan kode akses ini dapat digunakan untuk login ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login

Setelah login, pendaftar diarahkan untuk melengkapi dokumen-dokumen dan persyaratan lain yang diminta sistem. Setelah berkas lengkap, silahkan memilih jalur seleksi yang akan diikuti, apakah SNBP, UTBK-SNBT atau Jalur Mandiri atau seleksi PTS (selalu perhatikan jadwal buka/tutup seleksi di KIP Kuliah). 

Pada tahapan ini, pendaftar yang terdata di DTKS atau PPKE (desil 1-3), hanya perlu mengisi biodata, data keluarga, prestasi dan rencana saat kuliah. Sementara yang tidak terdata, diwajibkan mengisi tiga formulir tambahan, yaitu foto rumah, rincian ekonomi, dan aset yang dimiliki. 

Setelah dinyatakan lengkap dan valid, pendaftar resmi terdaftar sebagai calon penerima KIP Kuliah. Ingat, tahap ini hanya pencatatan resmi sebagai pendaftar KIP, belum resmi menjadi penerima KIP Kuliah

4. Verifikasi dan Validasi Perguruan Tinggi

Apabila lolos seleksi masuk perguruan tinggi, tahap selanjutnya adalah verifikasi dan validasi oleh perguruan tinggi atas data KIP Kuliah. Perguruan tinggi akan menentukan apakah mahasiswa layak atau tidak layak memperoleh KIP Kuliah.

Baca Juga : 7 Tips Menentukan Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Jurusan!

5. Penetapan Penerima KIP Kuliah

Bila lolos seleksi dan dinyatakan layak menerima KIP Kuliah, maka perguruan tinggi akan mengusulkan calon penerima KIP Kuliah kepada Puslapdik untuk selanjutnya penetapan pendaftar sebagai penerima KIP Kuliah.

6. Bagaimana Jika Tidak Lolos?

Bila tidak lolos, pendaftar bisa mencoba lagi ikut seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur seleksi berikutnya, termasuk seleksi perguruan tinggi swasta dengan akun yang sama.

Kata Benjamin Franklin, “Investasi dalam pengetahuan selalu membayar bunga terbaik.” KIP Kuliah tidak hanya membantu meringankan beban biaya kuliah, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk fokus belajar dan meraih prestasi akademik.

Jangan biarkan kesempatan ini terlewatkan. Segera persiapkan diri dengan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan mendaftar sesuai dengan panduan yang ada. Ayo, sobat eCampuz, masih ada kesempatan untuk daftar KIP Kuliah sekarang juga.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)