Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang populer dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Hadirnya UT ini menjadi solusi bagi seseorang yang ingin berkuliah dengan waktu dan tempat yang fleksibel. Selain sisi fleksibilitas, jurusan di UT juga tergolong banyak sehingga calon mahasiswa bisa memilih program studi sesuai minat.

Dari sekian banyak jurusan di UT, terdapat beberapa jurusan yang memiliki prospek kerja yang tinggi. Buat Kawan Juang yang ingin lulus kuliah langsung kerja, beberapa jurusan di bawah ini mungkin bisa dijadikan pilihan.

Jurusan di UT dengan Prospek Kerja Tinggi

Di bawah ini adalah jurusan di UT dengan prospek kerja tinggi, dilihat dari kebutuhan dunia kerja dan juga peluang kolaborasi di berbagai bidang.

Manajemen

Manajemen merupakan salah satu jurusan di UT yang memiliki prospek kerja cukup menjanjikan. Bukan tanpa sebab, lulusan manajemen banyak dibutuhkan di berbagai industri. Lulusan jurusan ini bisa mengisi berbagai posisi seperti business development, HRD, konsultan bisnis, dan masih banyak lagi.

Lulusan manajemen memiliki keahlian yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan dalam mengelola sumber daya yang berkaitan dengan produksi dan operasional sebuah perusahaan. Profesi di bidang manajemen memiliki gaji yang cukup tinggi loh. Tapi tergantung dari posisi dan levelnya ya.

Pariwisata

Kuliah di bidang pariwisata mungkin menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin segera bekerja pada industri pariwisata. Apalagi Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi tujuan wisata turis asing. Meningkatnya jumlah wisatawan setiap tahunnya menjadi indikasi bahwa lulusan pariwisata dibutuhkan.

Bukan hanya turis asing, masyarakat Indonesia sendiri juga memilih daerah domestik sebagai tujuan wisata. Dilansir dari Goodstats, sebanyak 34,9% masyarakat Indonesia memilih wisata domestik ketimbang wisata luar negeri.

sumber : https://data.goodstats.id/statistic/warga-ri-lebih-suka-wisata-domestik-dibanding-ke-luar-negeri-gS2KJ

Dengan data di atas, peluang lulusan pariwisata sangat besar. Profesi yang bisa dipilih untuk lulusan pariwisata di antaranya adalah tour guide wisata, manajemen hotel dan villa, bisnis travel, kuliner, dan masih banyak lagi.

Ilmu Komunikasi

Meskipun ilmu komunikasi dianggap jurusan yang paling santai, tapi prospek kerjanya cukup tinggi loh. Jurusan di UT yang satu ini punya peluang bekerja di berbagai industri mulai dari media, hiburan, hingga bekerja untuk perusahaan. Jurusan ini cocok untuk kamu yang punya keahlian komunikasi dan kemampuan publik speaking yang baik.

Di era digital seperti sekarang ini, lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang berkolaborasi sebagai VO talent, dubber, podcaster, penyiar radio, newscaster, dan masih banyak lagi. Selain bekerja di bidang industri kreatif, lulusan ilmu komunikasi juga bisa bekerja sebagai public relations, juru bicara, dan lain sebagainya.

Teknologi Pangan 

Jurusan di UT yang satu ini menjadi jurusan dengan prospek kerja yang cukup tinggi, mengingat inovasi produk makanan dan minuman semakin tinggi peredarannya. Seorang lulusan teknologi pangan harus mampu membuat olahan makanan dengan kemampuan yang didapat selama masa kuliah.

Untuk mampu membuat inovasi produk pangan, jurusan ini akan mempelajari tentang aspek pangan mulai dari fisik, biologis, maupun kimiawi. Selain itu, mahasiswa juga akan belajar bagaimana pengolahan makanan dengan teknologi hingga siap di konsumsi.

Prospek kerja jurusan ini di antaranya adalah bagian operasional dan logistik, product manager, bagian pengendalian mutu produk dan kesehatan, market researcher, peneliti bioteknologi, bagian perencanaan, pengembangan dan penelitian produk bioteknologi, serta ahli diet (Dietitian).

Agribisnis

Jurusan di UT yang satu ini merupakan kombinasi antara bisnis dan dunia pertanian. Jangan salah, akhir-akhir ini banyak anak muda sukses menjadi pengusaha di bidang pertanian dengan mengkombinasikan ilmu pertanian dengan teknologi.

Selain berbisnis, lulusan agribisnis juga bisa berprofesi sebagai petani, ahli bioteknologi, wirausaha, konsultan pertanian, Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC), peneliti, system analyst, dan masih banyak lagi.

Selama masa kuliah, mahasiswa akan mendapatkan disiplin ilmu mengenai pertanian yang cukup lengkap ya, seperti Budidaya Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, Hama dan Penyakit Tumbuhan, Mikrobiologi Pertanian, Ilmu Tanah, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, serta Ilmu dan Teknologi Pangan.

Administrasi Bisnis

jurusan di UT

Jurusan di UT berikutnya yang memiliki prospek kerja tinggi adalah administrasi bisnis. Jurusan administrasi bisnis mempelajari keseluruhan hal mengenai operasional bisnis sebuah perusahaan dengan berbagai pendekatan strategis. 

Lulusan jurusan administrasi bisnis bisa menjadi business analyst, konsultan, staf HRD, staf marketing, ataupun wirausaha. Lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan mengingat terus berkembanganya bisnis di berbagai sektor.

Selama masa kuliah, mahasiswa akan belajar Organisasi Manajemen Bisnis, Manajemen SDM, Pengantar Pemasaran, Investasi & Portofolio, Sosiologi Industri, Akuntansi Biaya, Perilaku Konsumen, Marketing, Analisis Pasar dan Masih banyak lagi. Bagaimana, tertarik mengambil jurusan yang satu ini?

Nah itu dia beberapa jurusan di UT yang memiliki prospek kerja tinggi. Jika Kawan Juang adalah pejuang UT simak artikel mengenai Universitas Terbuka untuk mendapatkan informasi seputar kuliah di UT. Semoga artikel ini bisa membantu Kawan Juang meraih kampus impian ya!

0 CommentsClose Comments

Leave a comment