Jika Kawan Juang tertarik untuk masuk ke Universitas Airlangga, maka artikel ini bisa membantu memetakan persiapan menghadapi masa penerimaan mahasiswa baru UNAIR.

Universitas yang berada di Surabaya ini memiliki peminat cukup tinggi di semua jurusan, bukan tanpa sebab, menurut Quacquarelli Symonds yang baru saja mengeluarkan World University Rankings (WUR) 2024, UNAIR berhasil meraih peringkat 4 nasional serta peringkat 345 dunia , dengan skor total 31,5.

Untuk menjadi bagian dari UNAIR, terdapat beberapa tahapan, mulai dari masa seleksi, pendaftaraan ulang hingga masa pengenalan lingkungan kampus. Untuk lebih percaya diri, Kawan Juang bisa membaca informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UNAIR 2024 di bawah ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR dimulai pada masa seleksi SNBP yang dilaksanakan secara serentak. Untuk menjadi bagian dari UNAIR, calon mahasiswa harus mampu bersaing dengan calon mahasiswa yang lainnya.

Jalur Masuk UNAIR

Terdapat 3 Jalur masuk UNAIR yaitu SNBP, SNBT dan juga Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA). Untuk SNBP 2024, UNAIR menerima mahasiswa sebanyak 1.895 dari 22.178 pendaftar. SNBP merupakan jalur masuk melalui seleksi nilai rapor semester 1-5 dan juga prestasi akademik lainnya. 

Persaingan yang ketat terjadi di jalur SNBT, UNAIR hanya menerima sebanyak 4,01 persen dari total pendaftar 70.641 peserta. Artinya di jalur SNBT UNAIR menerima mahasiswa sebanyak 2.831. Selain SNBP dan SNBT, calon mahasiswa juga bisa masuk lewat jalur seleksi mandiri Universitas Airlangga atau yang dikenal dengan SMUA.

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA)

Setiap perguruan tinggi memiliki sistem seleksi mandiri yang berbeda-beda. Di UNAIR terdapat 4 jalur seleksi mandiri yang bisa dipilih calon mahasiswa sesuai dengan kondisi yang dialami. Seleksi Mandiri UNAIR juga bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang sebelumnya gap year.

1. Mandiri Prestasi

Seleksi Mandiri Prestasi merupakan jenis seleksi menggunakan gabungan antara nilai rapor dan juga prestasi akademik maupun non akademik.

Persyaratan Seleksi Mandiri Prestasi
  • Siswa kelas 12 atau lulusan tahun 2024.
  • Siswa eligible untuk mendaftar SNBP 2024.
  • Memiliki Kartu Peserta SNBP 2024 dengan pilihan program studi di Universitas Airlangga.

2. Mandiri UTBK Plus

Seleksi Mandiri UTBK Plus merupakan seleksi menggunakan nilai UTBK SNBT 2024 dan hasil tes mata pelajaran sesuai dengan program studi pilihan. Untuk Tes mata pelajaran menggunakan Computer Based Test (CBT) yang akan diselenggarakan oleh pihak UNAIR dan di selenggarakan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Persyaratan Mandiri UTBK Plus adalah memiliki nilai UTBK-SNBT tahun 2024.

3. Mandiri Reguler

Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang satu ini merupakan jalur masuk menggunakan tes tulis yang di selenggarakan oleh Universitas Airlangga. Materi tes berupa Tes Potensi Akademik (TPA) dan Ujian Tulis tes mata pelajaran sesuai dengan program studi yang dipilih. Ujian Tulis menggunakan Computer Based Test (CBT) diselenggarakan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

4. Mandiri Kemitraan

Seleksi Mandiri Kemitraan Universitas Airlangga merupakan seleksi menggunakan Tes Tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga dan juga menggunakan surat rekomendasi dari mitra. Seleksi Ini dilakukan di Kampus Universitas Airlangga Surabaya.

Persyaratan Seleksi Mandiri Kemitraan
  • Memiliki Rekomendasi dari Mitra yang ditunjukkan dengan Surat Pernyataan.
  • Mitra dapat berasal dari instansi pemerintah atau perusahaan yang sudah atau akan bekerja sama dengan Universitas Airlangga.

Daftar Ulang UNAIR

Setelah dinyatakan diterima pada tahap penerimaan mahasiswa baru UNAIR dari berbagai jalur masuk. Mahasiswa akan melakukan registrasi ulang https://regmaba.unair.ac.id/, calon mahasiswa bisa login menggunakan nomor peserta seleksi.

penerimaan mahasiswa baru Unair
Tampilan dari situs resmi UNAIR.

Calon mahasiswa juga bisa mencoba untuk mendaftar KIP Kuliah pada tahap ini. Pada tahun 2024, 528 calon mahasiswa baru UNAIR menerima bantuan KIP-K. Jadi pastikan Kawan Juang tidak ketinggalan informasi ya.

PKKMB UNAIR

Sebelum berkuliah secara resmi, mahasiswa baru akan mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau PKKMB. Rangkaian PKKMB UNAIR dilaksanakan selama sembilan hari.

Selama sembilan hari rangkaian acara PKKMB UNAIR adalah talkshow, bincang santai hingga penampilan band. Untuk acara talkshow, UNAIR mengundang pembicara yang menginspirasi. Mulai dari Politisi Emil Elestianto Dardak; Business Director Grab, Halim Wijaya; Komisaris Pertamina Gas Negara, Abdullah Aufa Fuad; Komisaris PT SIER, Indra Nur Fauzi; dan musisi Noe (Letto).

Setelah bincang santai, acara dilanjutkan dengan penampilan musik dari band mahasiswa, Twelve Band dan Melkas Band. Salah satu hal menarik yang ada di PKKMB UNAIR 2024 adalah penampilan puncak oleh band legendaris, Letto.

penerimaan mahasiswa baru Unair
Penampilan panggung oleh band Letto di acara penutupan PKKMB UNAIR 2024. (Dok. UNAIR)

Setelah selesai mengikuti PKKMB, mahasiswa baru secara resmi menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Airlangga. Minggu setelah PKKMB, mahasiswa baru sudah mulai bisa berkuliah.

Baca Juga: Serba Serbi Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2024

Bagaimana Kawan Juang? Makin bersemangat menjadi ksatria Airlangga? Sekian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UNAIR, semoga artikel di atas bisa membantu kawan juang meraih kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment