UNPAD Kmerupakan kampus di daerah Bandung dan Jatinangor yang memiliki peminat cukup banyak. Kampus ini terkenal dengan jurusan Humanioranya yang unggul serta memiliki lulusan yang sukses di dunia hiburan tanah air, beberapa di antaranya adalah Ernest Prakasa, Yura Yunita, Soleh Solihun dan masih banyak lagi. Oleh karenanya penerimaan mahasiswa baru Unpad banyak ditunggu oleh calon mahasiswa.

Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAD

Untuk menjadi bagian dari Prabu UNPAD (sebutan untuk kegiatan atau hajatan penerimaan mahasiswa baru UNPAD beserta pengenalan kampus) kawan juang harus melalui beberapa tahapan, mulai dari seleksi, pendaftaran ulang hingga PKKMB.

Baca Juga : Serba Serbi Penerimaan Mahasiswa Baru UGM 2024

Jalur Masuk UNPAD

Rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru UNPAD dimulai dari dibukanya masa seleksi masuk UNPAD. Terdapat 3 jalur masuk UNPAD yaitu SNBP, SNBT dan SMUP UNPAD. Seperti yang kita ketahui, SNBP merupakan jalur masuk melalui seleksi nilai rapor semester 1-5 dan juga prestasi akademik lainnya. SNBP dilaksanakan secara serentak se-nasional

UNPAD akan menerima mahasiswa dari jalur SNBP sebanyak minimum 20 persen. Siswa yang berhak mendaftar SNBP adalah 40 persen terbaik dari sekolah terakreditasi A, 25 persen terbaik dari sekolah terakreditasi B, dan lima persen terbaik dari sekolah terakreditasi C. 

Untuk SNBT atau seleksi berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK, UNPAD akan menyediakan kuota sebanyak 40 persen. Persaingan di jalur SNBT UNPAD pada tahun 2024 cukup ketat. Sisa kuota mahasiswa akan diseleksi melalui jalur SMUP UNPAD.

SMUP UNPAD

Setiap Universitas memiliki sistem seleksi mandiri yang berbeda-beda. Universitas Padjadjaran memiliki seleksi mandiri bernama SMUP UNPAD atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran. Program SMUP UNPAD mengadopsi sistem seleksi masuk dari pemerintah sesuai dengan Permendikbud Ristek No. 48 Tahun 2022. SMUP dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang lulus pada pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas di tahun 2022, 2023 dan 2024.

Terdapat 3 jenis Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP UNPAD) yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa. Terdapat perbedaan waktu, syarat dan jenis tes, jadi pastikan kawan juang untuk mencatat tanggal pentingnya ya!

UJIAN SMUP UNPAD 2024

Peserta SMUP Seleksi Mandiri – Ujian SMUP 2024 dapat mendaftar dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Semua lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, 2023 dan 2024 atau peserta didik paket C dengan umur maksimal 22 tahun per 1 Juli 2024.
  • Ujian SMUP hanya diperuntukkan bagi peserta yang tidak mengikuti/tidak memiliki nilai UTBK-SNBT Tahun 2024.
  • Ujian SMUP dilaksanakan secara daring.

UTBK dan Rapor

  • Seleksi Mandiri nilai UTBK dan Rapor 2024 untuk Program Akademik (Sarjana) dan Program Vokasi (Sarjana Terapan), menggunakan skor SNBT-UTBK 2024 dan nilai rapor semester 1 – 5.
  • Kriteria penilaian berdasarkan gabungan nilai dari: skor SNBT-UTBK 2024 dan Nilai Rapor Semester 1-5.

Minat dan Bakat

Sementara untuk jalur minat dan bakat, seleksinya berdasarkan skor prestasi non-akademik digabung dengan nilai UTBK 2024. Jenis prestasi non-akademik berupa prestasi di bidang seni, sains, olahraga, serta prestasi hafalan kitab suci. 

Untuk seleksinya, ada tim yang akan menilai skor prestasi berdasarkan dari level kejuaraan, kategori prestasi, dan level penyelenggara. Hasil akhir minat bakat adalah gabungan skor prestasi dengan nilai UTBK. Setelah masa seleksi, calon mahasiswa akan menerima pengumuman lolos atau tidak lolos.

Daftar Ulang Mahasiswa Baru UNPAD

Untuk peserta yang lolos akan melakukan registrasi atau daftar ulang. Proses ini dilakukan agar camaba sah sebagai mahasiswa baru Universitas Padjadjaran. Proses daftar ulang bisa dilakukan secara online lewat laman https://students.unpad.ac.id/peserta/. Periode daftar ulang SNBP Universitas Padjadjaran dimulai 28 Maret 2024 hingga 1 April 2024 pukul 17.00 WIB.

PKKMB UNPAD

PKKMB UNPAD atau yang dikenal dengan Prabu UNPAD merupakan kegiatan awal dalam masa kuliah. Calon mahasiswa baru akan mengikuti serangkaian acara berupa pengenalan kampus dan juga dunia perkuliahan. Di tahun 2024, lebih dari 7000 mahasiswa UNPAD berkumpul untuk melaksanakan kegiatan PKKMB

Acara PRABU UNPAD 2024 bukan sekadar masa pengenalan kampus biasa, akan tetapi banyak acara menarik yang diselenggarakan selama 3 hari. Beberapa acara yang diselenggarakan adalah STUDENT FESTIVAL, PWC, Talkshow, Swaraloka, Agaman, Ruang Raksa, Dharma Diksa, Warsadaya, Tekhno Move dan masih banyak lagi.

penerimaan mahasiswa baru Unpad
Salah satu momen di acara Sandykala Prabu UNPAD 2024. (Sumber Dok. Prabu UNPAD)

Foto di atas merupakan salah satu acara di PRABU UNPAD bernama Sandykala. Acara ini dibawakan oleh mahasiswa Universitas Padjadjaran untuk Indonesia dengan membentuk kisah Ciung Wanara, nilai-nilai Prabu, beserta lambang-lambang kemahasiswaan dalam Universitas Padjadjaran.

Setelah Masa PKKMB, Mahasiswa Universitas Padjadjaran akan mulai melakukan kegiatan kuliah normal seperti mahasiswa pada umumnya.

Tertarik menjadi bagian dari Prabu Unpad? Sekian informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Unpad, semoga artikel di atas bisa membantu kawan juang menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment