Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, kebiasaan masyarakat mengalami perubahan signifikan terutama pada sektor digital. Kebiasaan masyarakat yang berubah juga mengubah fungsi platform digital seperti media sosial. Media sosial yang sebelumnya menjadi alat komunikasi jarak jauh dan media untuk menyampaikan informasi, kini berubah menjadi media untuk promosi kampus.

Media sosial menjadi platform digital paling potensial untuk melakukan awareness kampus. Menurut data dari databoks hampir 84% anak muda di Indonesia, menggunakan internet untuk kebutuhan media sosial.  

Oleh karena itu, pemilihan media sosial untuk promosi kampus bisa menjadi pilihan yang tepat asalkan diimbangi dengan strategi dan cara yang benar.

Media Sosial Untuk Promosi Kampus

Di bawah ini adalah beberapa media sosial yang efektif untuk melakukan promosi kampus berdasarkan jumlah pengguna dan jangakauannya.

Tik Tok

Jangan lagi menganggap tik tok sebagai hal negatif yang berisi konten joget-joget saja. Tapi lihatlah sebagai peluang untuk melakukan promosi kampus. Bukan tanpa sebab, rata-rata usia pengguna tik-tok merupakan anak muda yang berada di usia kuliah.

Tik tok saat ini berkembang menjadi platform media sosial yang dipilih anak muda bukan hanya sebagai hiburan, akan tetapi sebagai platform untuk menemukan informasi. Pada bulan april tahun 2024, Forbes Advisor dan Talker Research melakukan survei dengan hasil sekitar 45% Gen Z cenderung melakukan pencarian di media sosial ketimbang mesin pencari tradisional seperti Google.

Dengan pengguna yang sebagian besar adalah anak muda, promosi kampus haruslah menggunakan strategi dan content yang sesuai dengan tren. Dengan strategi yang pas kemungkinan kampus untuk muncul di pencarian semakin besar

Instagram

Strategi promosi kampus untuk instagram sedikit berbeda dengan tik tok, biasanya media sosial yang satu ini digunakan sebagai wajah suatu kampus. Konten di instagram bukan hanya video pendek saja, akan tetapi menggunakan feed untuk tampilan utamanya. Oleh karena itu, feed kampus haruslah berisi informasi seputar dunia kampus yang dikemas secara menarik.

Instagram juga biasanya akan berisi informasi pembuka seputar penerimaan mahasiswa baru ataupun program program kampus. Ada juga, feed yang berisi arahan untuk mengakses informasi lengkap di website kampus tersebut.

Kampus yang ingin memaksimalkan instagram untuk tujuan promosi, bisa bekerjasama dengan sosial media spesialis untuk melakukan campaign dengan tujuan menarik calon mahasiswa ataupun mengenalkan kampus di masyarakat.

Youtube

Youtube biasanya digunakan untuk media promosi dalam bentuk iklan. Iklan efektif dalam meningkatkan awareness suatu kampus jika dibuat dengan konsep yang baik dan menarik. 

Menggunakan youtube untuk iklan promosi kampus memiliki beberapa keunggulan, seperti bisa di setting untuk target audience yang mengarah kepada calon mahasiswa, bisa diarahkan ke website untuk informasi seputar penerimaan mahasiswa baru dan masih banyak lagi.

Iklan di youtube bisa juga dalam bentuk profil kampus yang menawarkan program unggulan, fasilitas, prestasi kampus, prestasi mahasiswa, beasiswa dan lain sebagainya. Jika dikemas dengan baik, bukan tidak mungkin iklan tersebut akan mendatangkan calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran.

Twitter

Twitter memang kurang populer digunakan untuk media promosi kampus, akan tetapi akhir-akhir ini banyak community di twitter yang memiliki pengikut cukup banyak. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk promosi kampus dengan melakukan kerja sama dengan community di twitter. Tapi tidak semua communitiy mau diajak bekerjasama. ya.

Pada kurun waktu tertentu seperti masa penerimaan mahasiswa baru, community dengan pembahasan mengenai masuk kampus memiliki pengikut dan interaksi yang cukup tinggi.

Facebook

Meskipun di tahun ini dianggap kurang populer, akan tetapi masih ada sebagian anak muda yang menggunakan facebook dalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik pengguna facebook berbeda dengan pengguna instagram maupun tik tok. Jadi promosi kampus juga harus menggunakan strategi yang berbeda.

Promosi kampus di facebook bisa menggunakan cara cara seperti menggunakan poster promosi kampus, program beasiswa hingga biaya kampus yang murah. Facebook juga memiliki fitur meta ads yang terintegrasi dengan instagram untuk melakukan iklan yang mampu di setting target audience secara detail

Telegram

Telegram merupakan platform yang mirip dengan whatsapp tetapi biasanya digunakan untuk komunikasi mengenai pekerjaan ataupun informasi tertentu. Telegram ini mempunyai daya tarik bagi calon mahasiswa karena mudah dalam memperoleh informasi sekaligus bertanya secara langsung.

Untuk strategi promosi kampus di instagram bisa membuat grup dengan minat jurusan tertentu. Misalnya “Grup Pejuang Ilmu Komputer, dalam grup tersebut promosi kampus bisa menggunakan informasi seputar dunia kuliah ilmu komputer, alumni lulusan ilmu komputer di kampus tersebut dan sebagainya. Dengan komunikasi yang intens pada telegram membuat hubungan calon mahasiswa dan kampus tersebut terasa semakin dekat.

Itu dia beberapa informasi mengenai media sosial yang bisa digunakan untuk promosi kampus. Perlu diingat, strategi promosi kampus di setiap platform berbeda jadi pastikan melakukan riset terlebih dahulu. Selain media sosial, bisa juga promosi menggunakan website ataupun bekerja sama dengan edutech.

promosi kampus

Kuliahaja.id merupakan website penyedia informasi mengenai kampus dan juga platform untuk melakukan pendaftaran kuliah. Dengan menggunakan strategi pemasaran di website, kuliahaja.id menghubungkan calon mahasiswa dengan kampus impian mereka.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment