Papua memiliki pesona budaya dan kekayaan alam yang begitu mempesona. Disamping itu, pembangunan infrastruktur dan industri juga sedang berkembang, oleh karena itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia untuk menjadi pilar dalam pembangunan yang ada di Papua. Jika Kawan Juang memiliki keinginan untuk menimba ilmu di tanah Papua, Ini dia Beberapa universitas di Papua yang bisa menjadi pilihan tempat belajar.

Universitas di Papua

Papua memiliki beberapa universitas yang menyediakan fasilitas belajar dan program studi yang lengkap, penasaran universitas mana saja, yuk simak penjelasannya.

Universitas Papua (UNIPA)

Universitas di Papua yang pertama adalah UNIPA, universitas ini masuk ke dalam 100 universitas terbaik yang ada di Indonesia loh menurut edurank. UNIPA merupakan universitas di Papua yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi Riset yang Mandiri, Bermartabat, Berjiwa Konservasi dan Berkarakter Kewirausahaan pada tahun 2035.

universitas di papua
source : https://www.unipa.ac.id/berita/unipa-kini-memiliki-11-guru-besar-dua-diantaranya-akan-di-kukuhkan-pada-tanggal-24-november-2021

Untuk mewujudkan visi di atas, Universitas Papua memiliki beberapa fakultas dengan fasilitas belajar yang lengkap, beberapa di antaranya. 

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Peternakan
  • Fakultas Sastra dan Budaya
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
  • Fakultas Teknologi Pertanian

Lokasi UNIPA berada di 4 Kabupaten yang berbeda, mendorong mahasiswa untuk mengeksplorasi daerah yang ada di sekitar kampus. Terdapat fasilitas yang menunjang belajar seperti perpustakaan, fasilitas kesehatan, fasilitas olahraga, fasilitas umum, dan masih banyak lagi.

Universitas Musamus (UNMUS)

UNMUS merupakan universitas di Papua yang sebelumnya berstatus Sekolah Tinggi. Pada tahun 2006 Mendiknas RI melalui DIKTI di Jakarta mengeluarkan izin operasional beberapa program studi baru jenjang S1 dan perubahan status kelembagaan STT Merauke menjadi Universitas Musamus Merauke (UNIMMER) berdasarkan SK Nomor 160/D/O/2006.

Hingga pada tahun 2010 bertempat di Auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura, Presiden Republik Indonesia Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Universitas Musamus (UNMUS) menjadi Perguruan Tinggi Pemerintah ditandai dengan penandatangan Prasasti.

Universitas Musamus memiliki berbagai program pendidikan meliputi program Sarjana, Pascasarjana dan Profesi. UNMUS memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan yang terakhir Fakultas Hukum. Semua fakultas ditunjang dengan fasilitas belajar yang nyaman.

Universitas Cenderawasih

Universitas Cenderawasih merupakan salah satu universitas di Papua yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan. Hal itu tercermin dalam visi UNCEN yaitu “Terwujudnya Universitas Cenderawasih yang berdaya saing, berkarakter budaya dan berwawasan lingkungan pada Tahun 2025”.

Universitas ini memiliki 9 fakultas yaitu, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Universitas yang ada di Jalan Kamp Wolker, Jalan Kambolker Perumnas III, Yabansai, Heram, Papua ini memiliki sejarah panjang sejak zaman kolonial loh Kawan Juang. Fakta uniknya adalah, Universitas Cenderawasih merupakan perguruan tinggi negeri tertua di tanah Papua.

Universitas Baliem Papua (UNIBA)

Universitas Baliem Papua merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STMIK) Agamua Wamena. Perubahan status ini didasarkan pada SK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nomor 1007/E/0/2023.

Sebelumnya STMIK telah meluluskan SDM Papua Pegunungan yang unggul dan berdaya saing. Kini Universitas Baliem diharapkan mampu menjadi salah satu universitas di Papua yang lulusannya akan menjadi pionir pembangunan di Papua.

UNIBA Papua merupakan universitas ketiga yang ada di Wilayah Provinsi Papua Pegunungan. Dua universitas lainnya adalah Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena (UNAIM Yapis Wamena) berada di Jayawijaya, serta Universitas Okmin Papua di Pegunungan Bintang.

Baca Juga : Mau Kuliah di Semarang? Ada 8 Kampus PTN dan PTS Terbaik

Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Berlokasi di di Jalan Raya Sentani Padang Bulan Abepura, Jayapura, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura merupakan salah satu universitas swasta yang memiliki fokus terhadap perkembangan IPTEK.

Beberapa fakultas yang ada di Universitas Sains dan Teknologi Jayapura adalah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri dan Kebumian, Ilmu Komputer dan Manajemen, Ekonomi, Sastra dan Sosial Politik, dan Fakultas Ilmu Kesehatan. Selain pembelajaran dalam kelas, universitas ini juga aktif dalam kegiatan sosial.

Universitas Yapis Papua

Universitas di Papua selanjutnya adalah Universitas Yapis. Perguruan tinggi swasta ini berdiri sejak 14 April 2004 dan beralamat di Jalan Dr. Sam Ratulangi Nomor 11, Trikora, Jayapura Utara, Kota Jayapura Papua.

Memiliki visi menjadi salah satu Universitas Maju, Mandiri dan Berkualitas Pada Tahun 2028. Universitas Yapis memiliki beberapa fakultas di antaranya adalah Fakultas Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknik dan Sistem Informasi. 

Universitas di Papua memiliki beragam program-program yang menarik loh Kawan Juang. Selain itu, universitas yang ada di Papua disambut baik oleh masyarakat. Bagaimana, tertarik???

Sekian informasi mengenai universitas di Papua, semoga artikel ini bisa membantu Kawan Juang dalam meraih kampus impian ya!

0 CommentsClose Comments

Leave a comment