Siapa yang di sini bercita-cita bisa terbang? Maksudnya menggunakan pesawat ya, bukan terbang seperti Superman. Jika Kawan Juang tertarik pada bidang penerbangan dan ingin mengambil kuliah pada bidang tersebut, mungkin artikel seputar sekolah penerbangan Jogja ini bisa membantu.

Pertanyaannya, kenapa Jogja? Sebab selain dikenal karena biaya hidupnya yang murah dan ramah terhadap mahasiswa, Yogyakarta juga memiliki sekolah penerbangan cukup banyak untuk menjadi pilihan jika Kawan Juang tertarik berkarir di bidang penerbangan.

6 Sekolah Penerbangan di Jogja

Di bawah ini adalah sekolah yang memiliki jurusan seputar industri penerbangan. Bukan sekadar jurusan pilot ya!

ITD Adisutjipto (ITDA)

Sekolah penerbangan Jogja yang pertama adalah Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), didirikan pada tahun 2001, kampus ini  diselenggarakan oleh Yayasan TNI Angkatan Udara Adi Upaya (YASAU).

Kampus penerbangan ini memiliki dua fakultas yang semua program studinya sudah terakreditasi B, Fakultas Teknologi Kedirgantara dan juga Fakultas Teknologi Industri. Terdapat 3 program studi untuk Fakultas Teknologi Kedirgantaraan yaitu S1 Teknik Dirgantara, S1 Teknik Mesin, dan D3 Aeronautik. 

Nuansa sekolah penerbangan di kampus satu ini cukup berasa bahkan ketika baru akan memasuki lingkungan kampusnya terdapat monumen pesawat yang seakan menyambut calon siswa. ITDA juga berada di kawasan pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto lebih tepatnya di di Jalan Majapahit (Jl. Janti), Blok R Lanud Adisutjipto, Yogyakarta

Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta (AMAYO)

Kampus yang satu ini merupakan kampus swasta dengan fokus Manajemen. Tapi jangan salah, Kampus yang satu ini mempunyai program studi Manajemen yang salah konsentrasinya adalah penerbangan yakni Manajemen Transportasi Udara (MTU). 

Kampus yang beralamat di Jl. Ringroad Selatan, No.101, Dusun Gonjen, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul ini merupakan kampus dengan pendidikan tinggi ahli madya (Gelar A.Md.M.).

STIE IEU Paweda

Sama seperti AMAYO, STIE IEU Paweda bukan sekolah penerbangan, akan tetapi STIE IEU Yogyakarta mempunyai program studi Sarjana (S1) Manajemen salah satu konsentrasinya adalah Manajemen Transportasi Udara (MTU). Jadi bisa dijadikan pilihan jika Kawan Juang tertarik.

Kampus ini didirikan pada  23 Juni 1993 oleh Yayasan Kartika Widya Yogyakarta. STIE IUE Paweda juga telah terakreditasi B oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi. 

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Mungkin bagi Kawan Juang yang tertarik dengan jurusan penerbangan, kampus yang satu ini sudah tidak terdengar asing lagi, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau STTKD merupakan sekolah penerbangan Jogja yang memiliki program studi cukup banyak di industri penerbangan.

Beberapa program studi di STTKD diantaranya adalah S1 Dirgantara, D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Manajemen Transportasi, D3 Aeronautika, D1 Pramugara-pramugari, dan D1 Ground Handling.

Semua program studi memiliki fasilitas pembelajaran yang unggul untuk membantu siswa dalam belajar. Misalnya saja Pesawat Cessna 150, Pesawat Boeing 737-200, hingga helikopter.

sekolah penerbangan jogja
Fasilitas Pendidikan STTKD Pesawat Boeing 737-200. (Sumber Dok. STTKD)

Selain tranportasi udara, STTKD juga memiliki lab kebandarudaraan dan juga mesin x-ray untuk melakukan simulasi seperti berada di bandara.

FAAST (Flight Attendant and Airline Staff Training)

FASST (Flight Attendant and Airline Staff Training) sekolah penerbangan Jogja berbentuk lembaga pendidikan yang memiliki prorgam untuk pramugari, pramugara dan airline staff. 

Sekolah pramugari ini memiliki metode pembelajaran yang menyenangkan seperti study tour, outbound hingga kunjungan bandara.

Jogja Flight Indonesia

Jogja Flight Indonesia merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Kusuma Mahardika Yogyakarta. Sekolah penerbangan Jogja ini tidak hanya fokus pada bidang penerbangan saja, akan tetapi menawarkan program lain seperti perhotelan kapal pesiar.

Disamping itu, Jogja Flight Indonesia memiliki program studi seperti pramugari/a, staf bandara, staf airline, aviation security dan S1 manajemen udara

Meski pusatnya berada di Jogja, Jogja Flight Indonesia memiliki banyak kantor admisi dan cabang yang mempermudah Kawan Juang dalam proses pendaftaraan. Kantor Jogja Flight bisa ditemui di daerah Jogja, Jakarta, Balikpapan, Pontianak, Medan, Palembang, Manado, Gorontalo, dan masih banyak daerah lainnya.

Kenapa Harus Kuliah di Jogja?

Ini dia beberapa alasan kenapa Kawan Juang harus memilih sekolah penerbangan Jogja sebagai tempat berkuliah.

Biaya Hidup Murah

Selain biaya kuliah, Jogja terkenal memiliki cost living yang ramah untuk mahasiswa. Harga kebutuhan pokok dan fasilitas umum di Jogja masih cukup terjangkau. 

Nyaman untuk Belajar

Jogja banyak di pilih salah satunya adalah karena memiliki lingkungan belajar yang nyaman. Banyak spot belajar di luar kampus yang bisa di jadikan tempat belajar seperti coffee shop ataupun perpustakaan

Kota Budaya

Selain lingkungan belajar yang nyaman, Jogja juga terkenal dengan Kota Budaya, jadi sangat cocok untuk Kawan Juang yang senang belajar budaya terutama daerah Yogyakarta dan juga Jawa.

Sekian penjelasan mengenai sekolah penerbangan Jogja dan alasan kenapa harus memilih Jogja sebagai tempat kuliah. Semoga artikel di atas bisa membantu Kawan Juang dalam meraih kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment