Pernahkah Kawang Juang mendengar jurusan Public Relation atau PR? Jika kawan juang memiliki skill komunikasi dan public speaking yang baik, mungkin jurusan ini bisa menjadi pilihan. 

Jurusan ini digadang-gadang cukup menyenangkan untuk seorang ekstrovert, benarkah demikian? Kira-kira seperti apa si dunia perkuliahan hingga prospek kerja Jurusan Public Relation ini, biar tidak penasaran ini dia penjelasannya!

Kuliah Jurusan Public Relation

Jurusan Public Relation adalah program studi yang berfokus pada pengembangan Ilmu Komunikasi menggunakan berbagai media. Bisa dikatakan jurusan ini merupakan gabungan antara Jurusan Ilmu Komunikasi dan juga hubungan masyarakat. Tidak sebatas teori, jurusan Public Relation akan mengajarkan implementasi dalam membangun hubungan melalui komunikasi.

Jurusan ini akan belajar strategi hingga standard komunikasi untuk berbagai stakeholders. Karena itulah, setiap mahasiswa akan diberikan pilihan konsentrasi yaitu Corporate Communication atau Komunikasi Perusahaan, serta Brand Communication atau Komunikasi Merek. 

Jurusan ini cocok untuk Kawang Juang yang memiliki kreatifitas tinggi, sebab mahasiswa harus bisa mendorong audiens untuk memahami suatu maksud melalui berbagai media komunikasi. Selain belajar teori, mahasiswa juga akan belajar menulis press release dari suatu event, fotografi, hingga membuat visual desain. 

Bagaimana sudah terbayang bagaimana dunia kuliahnya? Untuk lebih mengenal dunia kuliah jurusan PR, di bawah ini adalah contoh mata kuliah Jurusan Public Realtion.

Mata Kuliah

Untuk memenuhi standar lulusan yang memiliki kompetensi di bidang Public Relation, jurusan ini memiliki mata kuliah yang cukup padat, diantaranya adalah Public Speaking, Intercultural Communication, Corporate Relationship Management, Communication Theories in Public Relations Context, Professional Communication in Business Setting, Writing for Public Relations, dan Reputation Management.

Selain mata kuliah di atas, akan diajarkan juga pengetahuan seputar Strategic Planning in Public Relations, Crisis Management, Communication Technology, Public Relations Photography, Visual Design, Branding and Advertising serta Digital Analytics for Public Relations. 

Di beberapa kampus, terdapat juga mata kuliah umum seperti bahasa indonesia, bahasa inggris, PPKN hingga agama, mata kuliah umum biasanya tergantung pada kebijakan kampus. 

Setelah menempuh mata kuliah hingga semester 5, di beberapa kampus terdapat program magang di tempat kerja untuk mengimplementasikan teori selama kuliah. Setelah selesai dengan magang dan skripsi, mahasiswa akan mendapatkan gelar S.I.Kom.

Prospek Kerja Jurusan Public Relation

Prospek kerja PR bisa dibilang cukup banyak. Dibawah ini adalah pilihan karir populer yang bisa dipilih oleh lulusan di Jurusan Public Relation.

Public Relation 

Jika Kawan Juang tertarik berkarir sebagai employe di sebuah perusahaan, maka bisa mencoba bekerja sebagai public relation. Tugas dari PR adalah membangun citra perusahaan di masyarakat melalui komunikasi.

Public Relation akan bertanggung jawab terhadap kegiatan yang berkaitan dengan komunikasi publik. Seorang PR harus mampu membuat strategi komunikasi supaya informasi yang ingin disampaikan bisa dikemas dengan baik.

Di era digital seperti sekarang ini, PR juga harus mampu beradaptasi dengan tren yang sedang terjadi di tengah masyarakat. Jangan sampai media komunikasi yang digunakan tidak relevan dengan zaman.

Juru Bicara

Juru bicara menjadi salah satu karir yang bisa dipilih lulusan public relation. Kompetensi yang dibutuhkan seorang juru bicara cocok dengan lulusan public relation, kompetensi yang dimaksud adalah kemampuan dalam problem solving, public speaking dan komunikasi.

Selain menjadi juru bicara untuk sebuah perusahaan, Kawan Juang juga berpeluang menjadi juru bicara pada suatu event atau kegiatan tertentu.

prospek kerja jurusan public relation
Maudy Ayunda sebagai juru bicara pemerintah Indonesia untuk presidensi KTT G20. (Sumber Dok. Wikipedia)

Juru bicara juga menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki salary cukup tinggi loh, apalagi jika Kawan Juang memiliki kompetensi dan citra baik di masyarakat.

Brand Marketing

Lulusan Public Relation juga bisa masuk ke dalam divisi marketing sebagai Brand Marketing. Pekerjaan yang satu ini memiliki tugas untuk mengkomunikasikan sebuah brand kepada masyarakat berdasarkan tujuan dari sebuah campaign yang akan atau sedang dilaksanakan.

Seorang brand marketing harus memiliki strategi supaya user atau target audience mampu memahami tujuan dan juga nilai dari sebuah brand.

Pembawa Acara

Jika Kawan Juang adalah seorang lulusan public relation dan tertarik bekerja di bidang media maupun entertainment, pilihan karir yang bisa dipilih adalah sebagai pembawa acara. Seorang pembawa acara haruslah memiliki kecakapan komunikasi dan juga gestur yang menarik sesuai dengan segmen acara.

Di era sekarang, pembawa acara memiliki banyak jenis, mulai dari pembawa acara berita, traveling, sport dan sebagainya. Bahkan tren podcast semakin naik setiap tahunnya. Media yang digunakan untuk sebuah program juga semakin banyak, mulai dari televisi, youtube, spotify dan masih banyak lagi.

Copywriter

Salah satu pekerjaan yang sedang banyak dicari akhir-akhir ini adalah copywriter, seorang copywriter mempunyai tugas untuk membuat tulisan di berbagai media untuk tujuan branding maupun iklan.

Bisa dikatakan copywriter merupakan gabungan pekerjaan antara menulis dan komunikasi. Produk copywriter haruslah mampu membuat user melakukan sesuatu yang diharapkan dari sebuah campaign.

Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang copywriter haruslah memiliki kemampuan menulis yang baik, unik, menarik, persuasif, dan sesuai dengan target yang diinginkan

Kampus Jurusan Public Relation

Di beberapa kampus, Jurusan Public Relation tidak berdiri sendiri, akan tetapi merupakan peminatan dari progam studi Ilmu Komunikasi, jadi pastikan Kawan Juang melakukan cek dan riset terlebih dahulu ya. Di bawah ini adalah rekomendasi kampus, jika Kawan Juang tertarik dengan Jurusan Public Relation.

  • Universitas Padjadjaran (Unpad)
  • Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • LSPR Communication & Business Institute 
  • Universitas Bina Nusantara
  • STIKOM Yogyakarta
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Airlangga (Unair)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

Nah itu dia beberapa informasi mengenai Jurusan Public Relation, sudah menentukan jurusan kuliah? atau Kawan Juang masih merasa bingung menentukan jurusan kuliah? Temukan informasi menarik seputar dunia kuliah di kuliahaja.id. Semoga artikel di atas bisa membantu Kawan Juang menemukan kampus impian ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment