Yogyakarta memiliki julukan Kota Pelajar karena terdapat banyak ikon pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Selain itu, Yogyakarta juga dianggap tempat yang nyaman untuk menempuh pendidikan. Hal tersebut membuat banyak calon mahasiswa, tak terkecuali yang memiliki minat di bidang penerbangan mencari sekolah penerbangan Jogja.

Kenapa Harus Sekolah Penerbangan Jogja?

Beberapa alasan kenapa Kawan Juang harus memilih sekolah penerbangan Jogja jika tertarik di bidang penerbangan, adalah sebagai berikut

Biaya Hidup Murah

Disamping biaya kuliah, Jogja terkenal dengan biaya hidup yang murah, mulai dari tempat tinggal, kebutuhan pokok hingga fasilitas umum bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk harga kosnya saja berada di kisaran angka 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Bahkan masih ada yang menyediakan kos seharga 300 ribu.

Nyaman untuk Belajar

Jogja banyak dipilih salah satunya adalah karena fasilitas belajar yang nyaman. Banyak mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia bahkan dari luar negeri datang ke Jogja, sehingga membuat suasana belajar semakin terasa.

Kota Budaya

Selain lingkungan belajar yang nyaman, Jogja juga dikenal sebagai Kota Budaya, jadi sangat cocok untuk Kawan Juang yang senang belajar budaya terutama daerah Yogyakarta juga Jawa.

Salah satu sekolah penerbangan Jogja yang menjadi lambang kedirgantaraan adalah STTKD atau Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Seperti apa sih kuliah di STTKD dan berapa kira-kira biayanya?

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)

Memiliki visi menjadi pusat keunggulan di bidang manajemen dan riset kedirgantaraan berorientasi teknologi penerbangan mutakhir dunia di tahun 2025. Sekolah penerbangan Jogja ini menyediakan berbagai jurusan di bidang penerbangan untuk mewujudkan visi mereka.

Sekolah penerbangan jogja

Jurusan yang disediakan oleh STTKD di antaranya adalah S1 Teknik Dirgantara, S1 Teknik Elektro, S1 Rekayasa Mesin, D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Aeronautika, D3 Manajemen Transportasi, D1 Pramugari-Pramugara, D1 Ground Handling

Mahasiswa lulusan STTKD diharapkan mampu menjadi lulusan yang profesional di bidang transportasi udara. Oleh karena itu, sekolah penerbangan Jogja ini dilengkapi sarana dan prasarana yang mendukung dalam proses pembelajaran siswanya.

Fasilitas 

Fasilitas di STTKD disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja setiap jurusannya. Beberapa fasilitas yang bisa ditemui di STTKD di antaranya.

Lab Kebandarudaraan

Lab ini digunakan untuk taruna STKKD melihat langsung dan praktik, mulai dari check-in counter sampai pesawat lepas landas (take off). Fasilitas ini digunakan untuk memperlihatkan gambaran proses yang terjadi di bandar udara pada hari-hari kerja.

Lab ini digunakan oleh jurusan D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Manajemen Transportasi, dan D1 Ground Handling sebagai bekal ilmu pengetahuan seputar operasional bandar udara.

Mesin X-Ray

Mesin ini memiliki fungsi untuk mendeteksi secara visual semua barang bawaan penumpang sebelum masuk ke dalam pesawat. Di STTKD mesin ini digunakan untuk praktik mata kuliah Dangerous Goods, Aviation Security dari jurusan D4 Manajemen Transportasi Udara, D3 Manajemen Transportasi, D1 Ground Handling dan taruna program lisensi Aviation Security STTKD Approval Dirkampen.

Pesawat Cessna 150

Cessna 150 merupakan jenis pesawat yang dirancang untuk pelatihan penerbangan, tur, dan penggunaan pribadi. Pesawat ini memiliki roda tiga sayap tinggi (high wing) serta dua kursi.

Pesawat Cessna 402

Cessna 402 merupakan jenis pesawat yang menggunakan teknologi system engine dan bukan turbo. Oleh karena itu biasanya dipakai untuk praktik, terutama di bidang aeronautika dan teknik dirgantara.

Helikopter

sekolah penerbangan jogja

Helikopter ini dibekali dengan kemampuan turboshaft engine dengan kemampuan untuk MTOW 2500 kg dan power 298 kW. Memiliki kapasitas 4 orang dengan dimensi 11.86×9.84x3m, helikopter ini cocok digunakan untuk praktik mahasiswa.

Selain itu terdapat juga fasilitas lain seperti perpustakaan, laboratorium produksi, laboratorium komputer dan bahasa, ruang kelas, dan masih banyak lagi. 

Biaya Kuliah STTKD

Biaya kuliah di sekolah penerbangan Jogja ini juga tergolong murah dibandingkan dengan sekolah penerbangan yang lain, tergantung dengan jurusan yang diambil. Misalnya saja pada jurusan Manajemen Transportasi Udara

  • Biaya pendaftaran: Rp250.000
  • Biaya pengembangan: Rp20.000.000
  • Biaya SPP MTU: Rp5.000.000/semester
  • Biaya SPP Variabel: Rp225.000/SKS

Biaya kuliah bisa berubah sewaktu-waktu, jadi pastikan Kawan Juang melakukan riset dan cek di website resmi STTKD ya!

Penerimaan Taruna Baru STTKD

Penerimaan Taruna Baru STTKD dilaksanakan sebanyak 3 gelombang. Terdapat potongan sebesar 5 juta untuk pendaftaran gelombang pertama, potongan 2,5 juta untuk gelombang ke dua. Untuk pendaftaran bisa dilakukan secara offline maupun online di sini.

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan menyediakan beberapa jalur masuk yang bisa dipilih calon taruna, yaitu jalur beasiswa, seleksi tes, jalur RPL dan juga seleksi bebas tes.

Itu dia beberapa informasi mengenai sekolah penerbangan Jogja yang bisa dijadikan masukan jika Kawan Juang tertarik berkuliah jurusan penerbangan di Jogja. Temukan informasi mengenai kampus impian di kuliahaja.id. Semoga artikel di atas bisa membantu ya!

0 CommentsClose Comments

Leave a comment