Mau kuliah di Bandung? Ini dia kampus-kampus yang ada di kota Bandung yang wajib kamu masukin ke dalam list kampus terfavorit di Bandung.

Kota Kembang atau Bandung memiliki berbagai keunikan yang memberikan daya tarik tersendiri. Tidak hanya terkenal dengan keramahan dan kulinernya saja, Bandung juga menjadi kota yang paling sering dituju untuk melanjutkan perkuliahan. Kota ini juga terkenal dengan pusat kreativitas dan teknologi loh, jadi tidak heran banyak calon mahasiswa yang tertarik meneruskan sekolah mereka di kota satu ini.

Bandung juga dikenal dengan gaya hidup yang menyenangkan dan pas untuk para mahasiswa seperti banyaknya coffee shop, co-working space dengan harga terjangkau yang bisa ditemui di seluruh penjuru kotanya. Lalu apa saja kampus-kampus keren dan favorit untuk kuliah di Bandung?

PTN dan PTS yang ada di Bandung

PTN dan PTS untuk kuliah di Bandung

Memiliki beragam PTN dan PTS, banyak calon mahasiswa setuju jika Bandung menjadi kota yang ideal bagi calon mahasiswa yang mencari pendidikan tinggi berkualitas dalam suasana kota yang kreatif dan dinamis. Lingkungan akademis yang kompetitif di Bandung, ditambah dengan fasilitas modern dan atmosfer yang mendukung perkembangan intelektual, menjadikan kota ini sebagai salah satu destinasi pendidikan terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

Siapa yang tidak kenal dengan Institut Teknologi Bandung (ITB)? Perguruan Tinggi Negeri ini berhasil menduduki peringkat pertama sebagai Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Dikti. Berkat kemajuan penelitian dan riset yang banyak dilakukan di ITB, maka sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas kampus yang satu ini. 

ITB memiliki berbagai program pendidikan yang bisa dipilih tidak hanya program sarjana namun juga memiliki program untuk pascasarjana, profesi, pertukaran mahasiswa hingga kelas internasional. Saat ini, ITB memiliki 3 kampus yang berlokasi di Bandung, Jatinangor, dan Cirebon. Walaupun 3 kampus, kegiatan pembelajaran S1 lebih banyak dilakukan di Kampus Ganesha Bandung dan Kampus Jatinangor Sumedang.

ITB juga dikenal dengan banyaknya prestasi mahasiswa yang telah berhasil diukir mulai dari penghargaan regional, nasional hingga internasional. Selain itu, salah satu jurusan manajemen berhasil masuk dalam 10 kampus yang memiliki jurusan manajemen terbaik di Indonesia. Sehingga tidak heran ITB menjadi top favorit kampus bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Bandung.

Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Mempunyai 26 fakultas dan berhasil masuk ke dalam deretan universitas terbaik di Indonesia, Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa menjadi pilihan Perguruan Tinggi Negeri untuk sobat eCampuz yang ingin kuliah di Bandung. Kampus ini memiliki 2 kampus yang terletak di Bandung dan Jatinangor. Dimana Kampus Dipatiukur Bandung digunakan untuk mahasiswa Pascasarjana dan wisuda dan mahasiswa program D4 dan S1 di kampus Jatinangor. Unpad juga mempunyai Program Studi di Luar Kampus Utama (PSKDU) berlokasi di Pangandaran. Sobat eCampuz yang ingin menempuh jurusan Keperawatan, Perikanan, Peternakan, Administrasi Bisnis, dan Komunikasi dapat mencoba peruntungannya mendaftar di kampus ini. Soal prestasi? Sudah tidak diragukan lagi. Mahasiswa Unpad memiliki segudang prestasi yang sudah tidak diragukan lagi mulai dari prestasi akademik maupun non akademik.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Apabila kota Jakarta memiliki UNJ, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) adalah pelopor kampus pendidikan yang terletak di Bandung. Awalnya, kampus ini adalah bagian dari Fakultas Pendidikan UNPAD, dimana kemudian di tahun 1999, UPI mendirikan universitas sendiri. 

Terdiri dari 8 fakultas dan 5 kampus yang semuanya berlokasi di Jawa Barat, kampus ini berhasil menduduki peringkat ke 13 sebagai kampus terbaik di Indonesia. Sobat eCampuz bercita-cita menjadi tenaga pendidik? Kampus ini cocok banget masuk daftar universitas untuk kuliah di Bandung.

Baca juga: Mau Kuliah di Semarang? Ada 8 Kampus PTn dan PTS Terbaik

Universitas Telkom Bandung

Menjadi salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Bandung, Universitas Telkom berhasil menduduki peringkat kedua sebagai kampus swasta terbaik di Indonesia. Universitas Telkom terletak di Buah Batu, Bandung dimana saat ini terdiri dari 7 fakultas. Fakultas-fakultas tersebut antara lain Fakultas Informatika, Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Komunikasi & Bisnis, Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi & Bisnis. 

Saat ini, Universitas Telkom sudah berhasil mencetak 80.069 alumni yang tersebar baik di Indonesia maupun luar negeri. Dengan berbagai prestasi mahasiswa yang diraih, kampus ini bisa jadi pilihan kampus untuk kuliah di Bandung.

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Lebih dikenal dengan UNPAR, faktanya kampus ini adalah universitas Katolik pertama di Indonesia. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta di Bandung, Universitas Katolik Parahyangan dikenal memiliki segudang prestasi yang berhasil meraih akreditasi A. Mulai dari tahun 1955 sampai saat ini, tentunya UNPAR semakin berubah dan berbenah. Dari yang awalnya hanya memiliki satu fakultas saja hingga ada 7 fakultas untuk program sarjana dan program pascasarjana untuk magister dan doktor. Hampir 70 tahun lamanya berdiri, tidak heran kampus ini banyak diminati calon mahasiswa dari berbagai daerah saat ingin kuliah di Bandung.

Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Sobat eCampuz memiliki cita-cita kuliah di Bandung? Universitas Islam Bandung (UNISBA) patut dijadikan salah satu pilihannya. Universitas ini juga berhasil meraih akreditasi A dan telah resmi menjadi Universitas Islam di Bandung sejak 1967. UNISBA memiliki berbagai fakultas seperti Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Psikologi, Hukum, MIPA, Ilmu Komunikasi, Teknik, Ekonomi dan Bisnis hingga Kedokteran.

Itu dia kampus negeri dan swasta yang bisa Sobat eCampuz masukan kedalam list kampus favorit jika Sobat eCampuz ingin kuliah di Bandung. Apakah salah satu dari kampus diatas sudah masuk kedalam list kampus impian kamu?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment