Buat Kawan Juang yang suka dengan hal berbau visual ataupun desain, mungkin jurusan desain grafis bisa menjadi pilihan cocok untuk kuliah. Dalam jurusan ini mahasiswa tidak hanya sekadar menggambar atau membuat desain, akan tetapi belajar mengaplikasikannya ke dalam kehidupan.

Nah kira kira seperti apa si perkuliahan di jurusan desain grafis? Apakah benar meskipun jurusan ini berkaitan dengan menggambar tetapi lumayan sulit dan juga memiliki tugas banyak? Daripada penasaran, langsung saja cari tahu di bawah ini.

Apa Itu Jurusan Desain Grafis?

Jurusan Desain Grafis merupakan jurusan yang mempelajari seluk beluk karya visual mulai dari konsep, bentuk, komposisi, garis, maupun elemen grafis lainnya. Selain belajar dalam penciptaan karya, jurusan desain grafis juga mengajarkan mahasiswa dalam mengaplikasikan hasil karyanya ke berbagai media.

Jurusan ini cocok untuk Kawan Juang yang memiliki jiwa seni dan kreatifitas tinggi, sebab mahasiswa harus mempunyai kemampuan dalam membuat karya orisinil yang memiliki nilai.

jurusan desain grafis

Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan desain grafis akan mendapatkan pemahaman mengenai dasar-dasar graphic design dan juga prinsip desain yang meliputi keseimbangan, kesatuan, ritme, kontras, proporsi, repetisi, dan masih banyak lagi.

Setelah mendapatkan pengetahuan tentang desain grafis, mahasiswa akan diberitahu mengenai teknik teknik yang digunakan dalam desain grafis yang nantinya akan langsung dipraktekkan melalui software desain grafis seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Adobe XD.

Mata Kuliah

Selama perkuliahan beberapa disiplin ilmu yang akan di dapat oleh mahasiswa diantaranya adalah ilmu Ilustrasi Dasar, Komunikasi Visual, Komunikasi Visual Multimedia, DKV Aplikatif, Tipografi Aplikatif, Ilustrasi Aplikatif, Metode Produksi, hingga Animasi. 

Selain ilmu mengenai desain, mahasiswa juga akan diajarkan ilmu lain seperti materi periklanan hingga fotografi. Ilmu tersebut berguna dalam dunia kerja terutama untuk kebutuhan pemasaran maupun branding produk.

Jurusan Desain grafis di setiap kampus bisa saja berbeda, di beberapa kampus jurusan desain grafis masuk ke dalam jurusan DKV, ada juga yang masuk ke dalam jurusan desain media, oleh karena Kawan Juang harus melakukan riset terlebih dahulu ya.

Meskipun masuk ke dalam jurusan berbeda, kurang lebih mata kuliah jurusan ini di antaranya adalah Dasar Seni Rupa dan Desain, Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa & Desain, Kreativiti dan Humanita, Rupa Dasar 3D, DKV Dasar, dan Tipografi Dasar.

Prospek Kerja Jurusan Desain Grafis

Prospek kerja jurusan ini cukup luas, apalagi di era digital seperti sekarang, tampilan visual merupakan salah satu hal yang menarik perhatian di segala bidang. 

Lulusan desain grafis bisa bekerja sebagai freelance desainer untuk client ataupun bekerja di perusahaan. Di era sekarang, banyak lulusan desain grafis bekerja secara remote dengan mencari klien dari luar negeri.

Beberapa karir yang bisa dipilih jurusan desain grafis diantaranya adalah Creative director, Desainer Grafis, Komikus, UX designer, UI designer,  Product developer, Concept artist dan juga Animator.

Kampus yang Memiliki Jurusan Desain Grafis

Kampus dengan jurusan desain grafis lumayan banyak jumlahnya di Indonesia. Bahkan di beberapa kampus, jurusan desain grafis punya daya saing yang ketat loh Kawan Juang. Di bawah ini beberapa kampus dengan jurusan desain grafis.

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Bina Nusantara (BINUS)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM) 
  • Universitas Telkom
  • Akademi Seni Rupa dan Desain MSD Yogyakarta.
  • Universitas Gunadarma 
  • Universitas Negeri Malang (UM) 
  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 
  • Universitas Negeri Padang Universitas 

Alasan Memilih Jurusan Desain Grafis

Dari beberapa penjelasan di atas, ada beberapa alasan kenapa Kawan Juang harus mempertimbangkan masuk jurusan desain grafis.

Cocok bagi Orang yang Suka Kreatifitas

Jika Kawan Juang termasuk orang yang suka berkarya dan mengedepankan kreatifitas, maka jurusan ini cocok untuk dipilih, sebab karya yang dihasilkan akan memiliki kepuasan bagi penciptanya.

Prospek Kerja Luas

Jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup luas dikarenakan dibutuhkan di berbagai bidang, selain memiliki kemampuan desain. Lulusan desain grafis akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan jika memiliki skill komunikasi yang baik.

Peluang Kerja Remote/WFA

Nah, buat kawan juang yang memiliki keinginan untuk bekerja secara remote jurusan ini mungkin bisa dipilih, sebab peluang bekerja remote terbuka lebar. Bahkan di beberapa platfrom pencari kerja banyak perusahaan luar negeri membutuhkan tenaga desain yang cukup banyak

Peluang Kolaborasi di Berbagai Industri

Lulusan desain grafis memiliki peluang kolaborasi di berbagai bidang. Jurusan ini cocok untuk Kawan Juang yang menyukai petualangan dan ingin berkarir sekaligus berkarya.

Jurusan desain termasuk ke dalam jurusan yang memiliki prospek kerja tinggi loh Kawan Juang, jika Kawan Juang memiliki minat pada desain dan tertarik untuk berkarir di bidang tersebut, mengambil jurusan desain grafis bisa menjadi pilihan yang tepat.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment