Promosi kampus jadi hal yang penting buat dilakukan terutama saat ini, tidak hanya dapat menarik minat calon mahasiswa yang akan bergabung namun juga bisa membangun citra positif sebuah kampus.

Ketika kamu pergi ke ruang publik baik saat di cafe, tempat rekreasi atau bahkan ketika berada di transportasi publik, kamu akan sangat mudah menjumpai orang-orang yang sibuk dengan ponsel pintar mereka. Dimana banyak dari mereka sibuk memainkan ponsel pintarnya untuk mengakses media sosial. Tidak bisa dipungkiri, masyarakat saat ini cenderung meluangkan banyak waktunya dalam menggunakan media sosial. 

Media sosial, memang berperan begitu penting bagi masyarakat atau konsumen untuk mencari, menemukan, dan berbagi informasi tentang suatu hal termasuk informasi kampus. Informasi yang mudah dijumpai oleh konsumen biasanya dikemas dalam contoh konten kreatif berupa gambar maupun video menarik untuk mencapai tujuan tertentu. 

6 Contoh Topik Untuk Promosi Kampus

Dikutip dari Forbes, konten didefinisikan sebagai teknik promosi bertujuan mendistribusikan informasi yang berharga, relevan dan konsisten untuk dapat menarik perhatian konsumen. Dari definisi inilah kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah konten berperan penting dalam hal marketing dan promosi termasuk promosi kampus.

Tentunya setiap kampus akan memiliki strategi tersendiri yang diterapkan untuk mencapai tujuan mereka. Mudahnya melakukan promosi kampus dengan media sosial menjadi pertanda bagi kampus-kampus tersebut untuk merancang contoh konten kreatif yang relevan dengan target konsumennya, dalam hal ini adalah calon mahasiswa. Lalu apa saja ide untuk melakukan promosi kampus yang menarik? Nah, sobat eCampuz bisa banget untuk menerapkan beberapa ide berikut ini:

1. Update Prestasi Mahasiswa

Hal penting yang bisa dibahas dalam konten promosi kampus yang pertama adalah selalu update prestasi mahasiswa. Prestasi mahasiswa merupakan suatu kebanggaan tersendiri, tidak hanya untuk mahasiswa terkait namun juga untuk kampus. Disamping itu, prestasi mahasiswa dapat menjadi indikator tersendiri untuk meningkatkan kredibilitas serta kepercayaan calon mahasiswa. 

Dalam mengemas update prestasi mahasiswa, konten yang bisa disusun seperti video pengenalan mahasiswa terkait dan cuplikan mengenai prestasi dalam berbagai bidang. Hal ini juga bisa dikemas apik dengan membuat artikel prestasi mahasiswa maupun microblog yang dipublikasikan di media sosial sehingga pembaca dapat dengan mudah menyerap inti dari konten tersebut.

2. Penghargaan Kampus

Ketika sebuah kampus mampu meraih penghargaan bergengsi, hal ini pun juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswanya. Mengapa demikian? Pencapaian penghargaan ini dapat meningkatkan reputasi dan mengharumkan citra sebuah kampus. Oleh karenanya, selalu mengupdate informasi seputar penghargaan kampus dirasa dapat menjadi salah satu materi promosi kampus yang menarik.

3. Kegiatan atau UKM Kampus

Tidak sedikit dari calon mahasiswa menginginkan keseimbangan antara perkuliahan, networking dan kegiatan organisasi. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dapat menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi calon mahasiswa yang ingin bergabung. Tidak jarang UKM juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman berorganisasi yang sering kali dibutuhkan dalam dunia kerja.

Untuk mengemas kegiatan UKM sebagai bahan promosi kampus, konten berupa video pendek yang diunggah pada channel youtube maupun youtube short adalah ide yang bagus. Dengan mengambil momen keseruan dalam UKM seperti kolaborasi antar mahasiswa, kegiatan-kegiatan yang dijalankan hingga prestasi yang mungkin saja dapat diraih oleh UKM tersebut tentunya dapat menjadi daya tarik sendiri bagi calon mahasiswa.

4. Jaringan Alumni

Kebanyakan dari calon mahasiswa sekarang ini, rata-rata menginginkan suatu jaminan untuk masa depan mereka. Dengan mengexpose informasi positif mengenai alumni serta adanya channel komunikasi yang mendekatkan mahasiswa dengan para alumni, dapat menambah kepercayaan diri calon mahasiswa untuk bergabung.

Karir cemerlang dari para alumni tentunya dapat menjadi acuan dan menginspirasi para mahasiswa yang masih berjuang dibangku perkuliahan. Selain itu, membuat acara khusus seperti talkshow atau seminar offline/online juga merupakan ide promosi kampus yang bagus untuk dilakukan. 

5. Program Kerjasama Kampus

Kerjasama kampus dengan pihak eksternal seperti dengan kampus lain, perusahaan, media maupun komunitas adalah program yang penting dalam memperluas jangkauan dan promosi kampus. Adanya kolaborasi ini dapat dimanfaatkan kampus dalam meluaskan jaringan dan informasi mengenai keunggulan akademik, fasilitas, serta peluang karir untuk mahasiswanya. Contoh kerjasama kampus dengan perusahaan yang dituangkan dalam acara job fair maupun seminar yang berguna untuk mahasiswa.

Adanya kerjasama ini, dapat dituangkan dalam publikasi di media sosial yang bertajuk event kampus. Dengan bekerjasama dengan pihak eksternal, memungkinkan mendapat audiens yang baru, lebih beragam sehingga dapat memperluas jangkauan promosi kampus dan memperkuat citra positif kampus.

6. Sistem Pembelajaran

Seiring perkembangan jaman, sistem pembelajaran kampus haruslah terus diupdate. Sistem pembelajaran yang inovatif dan adaptif dapat menjadi kekuatan untuk materi promosi kampus. Penerapan metode pembelajaran berbasis teknologi seperti e-learning, hybrid learning serta penggunaan platform digital lainnya dapat memberikan fleksibilitas mahasiswa dalam belajar.

Baca Juga : 7 Cara Promosi Kampus Paling Efektif di Era Digital

Itulah beberapa topik penting yang dapat dijadikan ide untuk promosi kampus. Selain mengetahui ide maupun konten menarik untuk promosi kampus, pelajari juga mengenai strategi promosi kampus yang wajib diterapkan untuk meningkatkan jangkauan dan meningkatkan citra positif kampus.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment