Pasti Kawan Juang familiar dengan jurusan ilmu komunikasi, jurusan yang dianggap santai ini, ternyata memiliki peminat yang cukup tinggi setiap tahunnya. Kira-kira hal apa yang mempengaruhi calon mahasiswa dalam memilih jurusan ini?

Di bawah ini akan diberikan informasi mengenai jurusan ilmu komunikasi mulai dari dunia perkuliahan, mata kuliah, hingga prospek kerjanya.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi merupakan program studi yang mempelajari proses komunikasi melalui berbagai media serta strategi penyampaian pesan kepada audiens yang dituju. Oleh karena itu, dalam jurusan ilmu komunikasi, mahasiswa akan belajar komunikasi dalam berbagai tingkatan mulai dari individu, kelompok, media, iklan, komunikasi interkultural, hingga pers.

Mahasiswa akan diberikan pilihan peminatan sesuai dengan minat berkarir. Ada beberapa peminatan yang berasal dari turunan ilmu komunikasi itu sendiri, misalnya kajian media, jurnalistik, penyiaran, hingga public relations. Peminatan ini bisa saja berbeda di setiap perguruan tinggi.

Selama masa perkuliahan, mahasiswa akan belajar bentuk-bentuk komunikasi, mulai dari komunikasi publik, komunikasi organisasi, maupun komunikasi massa. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa terhadap kebutuhan komunikasi di berbagai bidang kehidupan maupun industri. Oleh karena itu, terdapat mata kuliah umum maupun khusus yang disesuaikan dengan peminatan yang diambil.

Mata Kuliah

Beberapa mata kuliah lainnya yang akan kamu temui di jurusan ilmu komunikasi antara lain yakni dasar jurnalistik, komunikasi antar pribadi, komunikasi massa, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, komunikasi politik, komunikasi lintas budaya, media dan kajian budaya, teknik lobi dan negosiasi, industri periklanan, fotografi, kontemporer, dll.

Terdapat juga beberapa mata kuliah umum seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pancasila, kewarganegaraan, etika sosial dan politik, filsafat ilmu, dll. Untuk mata kuliah umum setiap universitas berbeda-beda. Jadi pastikan lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan tempat berkuliah ya, Kawan Juang!

Gelar untuk lulusan jurusan Ilmu Komunikasi ada 2, yaitu S.Ikom atau S.Sos jika berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Cek Akreditasi Kampus & Prodi

Prospek Kerja 

prospek kerja jurusan ilmu komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang cukup banyak bahkan di luar media. Lulusan ilmu komunikasi juga dibutuhkan oleh berbagai perusahaan untuk menjadi HRD, Public Relation, hingga juru bicara.

Untuk bidang media kreatif, seorang sarjana komunikasi bisa bekerja sebagai penulis skenario, produser TV, voice over talent, desainer, hingga content creator. Untuk mampu bersaing, lulusan ilmu komunikasi harus memiliki sisi kreatifitas yang tinggi.

Salah satu bidang yang banyak dijadikan pilihan lulusan komunikasi adalah media massa atau jurnalisme. Pekerjaan yang bisa dipilih di antaranya adalah jurnalis, reporter atau wartawan, penyiar, pembaca berita, hingga analis media. 

Selain itu, jurusan ilmu komunikasi juga bisa mendaftar sebagai PNS ataupun menjadi dosen, akan tetapi untuk menjadi dosen diperlukan kuliah pascasarjana.

Syarat Masuk

Sebetulnya tidak ada syarat khusus maupun syarat tertulis bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan ilmu komunikasi. Seleksi perguruan tinggi dilaksanakan secara SNBT maupun SNBP. Selain dua jalur tersebut, terdapat jalur lain yang disesuaikan dengan tempat perguruan tinggi yang diambil.

Akan tetapi, sebelum masuk jurusan ini alangkah baiknya jika meningkatkan soft skill berupa public speaking. Hal tersebut akan membantu mahasiswa dalam beradaptasi di beberapa mata kuliah.

Selain soft skill, calon mahasiswa juga bisa meningkatkan hard skill seperti editing, fotografi, menulis, serta desain.

Rekomendasi Kampus Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi banyak tersedia di berbagai institusi, baik perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, hingga sekolah tinggi. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi kampus jika Kawan Juang tertarik untuk mengambil jurusan ilmu komunikasi.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Airlangga
  • London School Public Relation
  • Universitas Multimedia Nusantara
  • Universitas Diponegoro
  • Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta
  • UPN Veteran Jakarta
  • Binus University
  • Telkom University

Kampus yang diambil calon mahasiswa akan berpengaruh terhadap motivasi dan juga jaringan selama masa kuliah. Jadi pastikan Kawan Juang memilih kampus sesuai minat dan keinginan ya!

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Komunikasi

Kelebihan jurusan ilmu komunikasi di antaranya adalah prospek kerja yang tinggi, cocok untuk seseorang yang mengedepankan kreatifitas, jurusan ini juga tersedia di banyak kampus di Indonesia dan bisa bekerja di luar bidang komunikasi.

Untuk kekurangan jurusan ilmu komunikasi di antaranya adalah persaingan masuk universitas yang ketat, saingan di dunia kerja cukup banyak, komitmen untuk lulus, biaya kuliah yang tidak murah.

Itu dia beberapa informasi mengenai jurusan ilmu komunikasi. Di luar kelebihan dan kekurangan jurusan ini, ilmu komunikasi merupakan studi yang akan selalu digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan dan membantu Kawan Juang meraih kampus impian.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment