Ketika memutuskan untuk berkuliah, salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah dimana letak perguruan tinggi. Hal tersebut akan berpengaruh pada biaya hidup, lingkungan belajar hingga motivasi selama masa studi. Yogyakarta merupakan daerah dengan julukan Kota Pelajar, tak terkecuali pada bidang kesehatan yang dibuktikan dengan banyaknya kampus kesehatan di Jogja.

Rekomendasi Kampus Kesehatan di Jogja

kampus kesehatan di Yogyakarta

Jika Kawan Juang sedang mencari kampus kesehatan di Jogja, di bawah ini adalah rekomendasi perguruan tinggi dengan Jurusan Kesehatan terbaik.

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) merupakan penyelenggara pendidikan tenaga kesehatan strata Diploma III, Sarjana Terapan, dan Profesi, di bawah naungan Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Jadi Poltekkes Kemenkes merupakan perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh lembaga pemerintah dengan status non-ikatan dinas.

Beralamat di Jalan Tata Bumi No.3, Area Sawah, Banyuraden, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kampus pusat Poltekkes Kemenkes bersebelahan dengan Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN).

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta memiliki 6 Jurusan dan 17 Program Studi. Beberapa Jurusan di antaranya adalah Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Kesehatan Gigi, dan Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Baca Juga : 10 Sekolah Kedinasan, Ada yang Gratis Biaya Pendidikan dan Bisa Langsung Kerja

STIKES Wira Husada

Beralamat di Jalan Babarsari, Tambak Bayan, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Wira Husada Yogyakarta, merupakan institusi pendidikan tinggi di bawah pengelolaan Yayasan Wira Husada Yogyakarta.

STIKES Wira Husada merupakan salah satu kampus kesehatan di Jogja yang mampu mengantarkan semua prodinya mendapatkan akreditasi B. STIKES  Wira Husada Memiliki 4 program studi yaitu Keperawatan (S1), Kesehatan Masyarakat (S1), Keperawatan (D3), dan Teknologi Bank Darah (D3). Selain itu terdapat program alih jalur Prodi S1 Kesehatan Masyarakat, program ini memberikan kesempatan kepada lulusan program Diploma Tiga (D-III) rumpun ilmu kesehatan untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan sarjana kesehatan masyarakat.

Lulusan STIKES Wira Husada diharapkan mampu bersaing dan bersiap secara profesional di dunia kerja, oleh karenanya pembelajaran kuliah dibersamai dosen pengajar yang berdedikasi dan komitmen terhadap keunggulan lulusannya.

STIKES Wira Husada memiliki visi dan misi menyelenggarakan pendidikan tinggi, mengembangkan dan menyebarluaskan, serta mengabdi kepada ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu kemanusiaan dan ilmu sosial untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia serta kemajuan Bangsa Indonesia di bidang kesehatan.

Akper “YKY” Yogyakarta

Akademi Keperawatan (AKPER) “YKY” Yogyakarta merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dikelola oleh Yayasan Keperawatan Yogyakarta. Akper ‘YKY’ memiliki fokus program studi yaitu D3 Keperawatan dengan visi mengembangkan ilmu dan praktik keperawatan dengan unggulan keperawatan medikal bedah dan perawatan luka, guna menghasilkan Ahli Madya Keperawatan yang berkarakter, unggul dan berdasarkan IPTEK pada tahun 2026.

kampus kesehatan di jogja

Akper YKY beralamat di Jalan Patangpuluhan, Sonosewu, Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. Kampus ini bisa menjadi pilihan jika Kawan Juang ingin menjadi tenaga keperawatan  profesional.

Poltekkes Karya Bhakti Husada

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Karya Bhakti Husada merupakan kampus kesehatan di Jogja yang dikelola oleh Yayasan Keluarga Alumni Pendidikan Para Medis RS UGM (Kapparsa Gama).

Kampus kesehatan yang satu ini memiliki sejarah penamaan yang cukup panjang, awalnya pada tahun 1984 bernama Sekolah Perawat Kesehatan (SPK), kemudian berganti nama menjadi Akademi Perawat (Akper) Karya Husada pada tahun 1999 dan pada tahun 2006 membuka Akademi Kebidanan (Akbid). Akper dan Akbid Karya Husada digabungkan dalam satu manajemen menjadi pada 2009 dan berubah nama menjadi Akademi Kesehatan (Akkes) Karya Husada Yogyakarta.

Barulah pada tahun 2017 berubah menjadi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Karya Bhakti Husada yang beralamat di Jalan Tentara Rakyat Mataram No.11B, Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta, DIY.

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Karya Bhakti Husada memiliki 4 program studi yaitu Keperawatan (D-3), Kebidanan (D3), Kebidanan (D4), dan Promosi Kesehatan (D4).

STIKES Bethesda Yakkum

Memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan yang memiliki daya saing global, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bethesda Yakkum merupakan salah satu kampus kesehatan di Jogja yang memiliki progam studi diploma tiga (D3) Keperawatan dan strata satu (S1) Keperawatan.

Kampus kesehatan ini punya sejarah begitu panjang bahkan sejak zaman kolonial. Kampus ini beralamat di Jalan Johar Nurhadi No.6, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, DIY.

STIKES Panti Rapih Yogyakarta

STIKES Panti Rapih merupakan Perguruan Tinggi Swasta Katolik yang dikelola oleh Yayasan Panti Rapih yang berkedudukan di Yogyakarta. STIKES Panti Rapih beralamat di Jalan Tantular No.401, Pringwulung, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Salah satu misi dari STIKES Panti Rapih adalah Memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan misi tersebut, STIKES panti rapih memiliki tiga program studi yaitu Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners, Sarjana Gizi dan juga Diploma tiga keperawatan.

STIKES Yogyakarta

Menurut web resmi STIKES Yogyakarta, kampus kesehatan di Jogja ini memiliki 2 (dua) ijin operasional program studi yaitu Diploma Tiga Kebidanan dan Sarjana Keperawatan dengan SK Ijin Operasional Dirjen Dikti No. 86/DO/2009 tertanggal 22 Juni 2009.

STIKES Yogyakarta mempunyai 6 (enam) program studi, yaitu; program studi Diploma Tiga Kebidanan, program studi Sarjana Keperawatan, program studi Profesi Ners, program studi Sarjana Administrasi Rumah Sakit, program studi Kebidanan Program Sarjana dan program studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi (masih menunggu proses SK ijin operasional turun). 

Kampus kesehatan yang berdiri pada tahun 2009 ini beralamatkan di Jalan Nitikan Baru No.69, Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. Meskipun kampus yang memiliki usia muda, fasilitas STIKES Yogyakarta sangat lengkap mulai dari Gedung Administratif, Gedung Perpustakaan, Gedung Aula, Laboratorium Bahasa, Musholla, Kantin, Lapangan Volly, dan hotspot

Rekomendasi Kampus Kesehatan PTN dan PTS di Yogyakarta

Selain kampus kesehatan terdapat juga perguruan tinggi negeri maupun swasta di Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan Kawan Juang jika ingin memilih Jurusan Kesehatan, di antaranya adalah

  • Universitas Gadjah Mada (S-1 Ilmu Keperawatan, akreditasi A)
  • Universitas Aisyiyah Yogyakarta (S-1 Keperawatan, akreditasi A)
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (S-1 Keperawatan, akreditasi A)
  • Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (S-1 Keperawatan, akreditasi B)
  • Universitas Respati Yogyakarta (S-1 Keperawatan, akreditasi B)
  • Universitas Alma Ata Yogyakarta (S-1 Keperawatan, akreditasi B)

Itu dia rekomendasi kampus kesehatan di Jogja, sebelum melakukan pendaftaran pastikan melakukan riset terkait kampus terkait ya Kawan Juang. Semoga artikel ini bisa membantu menemukan kampus impian.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment