Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu universitas muhammadiyah terbaik di Indonesia. Tak heran, masa penerimaan mahasiswa baru UMM banyak ditunggu oleh calon mahasiswa.

Masa penerimaan mahasiswa baru UMM bahkan dibuka lebih panjang daripada kampus lain di Indonesia loh! Berikut ini adalah informasi seputar penerimaan mahasiswa baru UMM!

Penerimaan Mahasiswa Baru UMM

Rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru UMM dimulai dari pendaftaran peserta, masa seleksi, pengumuman, daftar ulang hingga Pesmaba.

Pesmaba merupakan Pengenalan Studi Mahasiswa baru yang ditujukan untuk mahasiswa baru program diploma dan Strata 1. Kegiatan ini bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa dengan kehidupan kampus terutama informasi mengenai proses pembelajaran selama masa kuliah. 

penerimaan mahasiswa baru UMM

Sebelum mengikut Pesmaba pastikan calon mahasiswa melakukan daftar ulang di https://online.umm.ac.id/. Login menggunakan email dan juga pin pendaftaran ya Kawan Juang!

11 Jalur Masuk UMM

Ada beberapa Jalur Masuk yang bisa dicoba untuk Kawan Juang yang ingin menjadi bagian dari kampus putih ini.

Jalur Prestasi

Jalur prestasi merupakan seleksi masuk UMM menggunakan nilai rapor semester 1 hingga 5 untuk prestasi akademik dan sertifikat maupun piagam penghargaan untuk seleksi prestasi non akademik.

Tidak semua jurusan di UMM bisa menggunakan jalur prestasi, beberapa program studi yang tidak memberlakukan jalur prestasi adalah program studi fakultas kedokteran, farmasi dan ilmu keperawatan, ilmu komunikasi, hubungan internasional, hukum, manajemen, teknik informatika, dan psikologi.

Timeline Penerimaan Mahasiswa Baru UMM Jalur Prestasi

  1. Pendaftaran melalui laman online.umm.ac.id (1 November 2023 – 1 Juli 2024 )
  2. Tes Seleksi Nilai raport dan psikotes online
  3. Pengumuman
  4. Tes Kesehatan (khusus Prodi Fisioterapi dan D3 Ilmu Keperawatan),  setelah dinyatakan diterima (mengunduh form tes kesehatan dan bisa periksa di RS Daerah setempat atau RS UMM)
  5. Melakukan Registrasi Setelah dinyatakan diterima (secara online di laman web akademik.umm.ac.id)

Jalur Reguler (Seleksi Rapor & TPA)

Jalur reguler merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dari semester 1 sampai lima/ijazah/SKL dan tes psikotes serta TPA secara online. Untuk jurusan farmasi dan kedokteran memiliki timeline yang berbeda dengan jurusan lainnya.

Timeline Penerimaan Mahasiswa Baru UMM Jalur Prestasi

  1. Pendaftaran melalui lama online.umm.ac.id (1 November 2023-27 September 2024)
  2. Tes seleksi Rapor/Ijazah, Tes Motivasi (Motivation Test) secara online
  3. Pengumuman
  4. Tes Kesehatan (khusus Fikes) sesuai hasil pengumuman (mengunduh form tes kesehatan, tes bias dilakukan di Rumah Sakit UMM atau di RS Daerah setempat)
  5. Daftar ulang/her-registrasi mulai tanggal 1 Agustus 2024, biaya DPP mengalami kenaikan sebesar 10%, sesuai dengan Peraturan Rektor (lihat e-booklet). Jika kuota pada program studi sudah terpenuhi, maka tidak bisa melakukan daftar ulang/her-registrasi tanpa pemberitahuan.

Untuk Jalur Reguler program sarjana kedokteran dan farmasi bisa melihat jadwal pendaftarannya di sini

Jalur Vokasi

Jalur vokasi merupakan jalur masuk penerimaan mahasiswa baru UMM untuk program Diploma 3 dan Diploma 4. Beberapa program studi yang ditawarkan di antaranya adalah  D-III perbankan dan keuangan, teknologi elektro, dan keperawatan. Sedangkan untuk D-IV terdapat D-IV bisnis properti dan agribisnis unggas.

Jalur Beasiswa Yatim/Piatu

Jalur masuk yang satu ini adalah seleksi masuk yang dikhususkan bagi calon mahasiswa berstatus yatim piatu. Calon mahasiswa yang masuk melalui jalur ini akan menerima  pembebasan dana DPP dan SPP selama 8 semester.

Jalur Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Seleksi ini merupakan jalur masuk UMM yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang berasal dari ekonomi kurang mampu.

Baca juga : KIP Kuliah: Syarat, Tahapan, Timeline dan Besaran Bantuan

Jalur Beasiswa PPUT/Ulama Tarjih

Jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang satu ini adalah jalur seleksi bagi kader muhammadiyah lulusan sekolah menengah dan pondok pesantren. Jalur masuk ini hanya untuk program studi studi hukum keluarga islam, Fakultas Agama Islam.

Jalur UTBK Luring

Jalur utbk luring penerimaan mahasiswa baru UMM merupakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan secara offline di Kampus UMM.

Jalur Alih Jenjang

Jalur masuk UMM bagi lulusan Diploma III atau Politeknik Diploma III yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang S1 dengan syarat mengambil program studi yang sama.

Jalur Transfer

Jalur masuk ini merupakan jalur masuk untuk mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi lain, baik dalam maupun luar negeri pada program studi yang sama

Twinning Program

Jalur seleksi bagin calon mahasiswa yang memungkinkan untuk menempuh studi pada fakultas dan program studi yang berbeda sehingga nantinya akan mendapatkan 2 gelar.

Jalur International Student

Jalur seleksi masuk untuk mahasiswa berasal dari luar negara Indonesia yang negaranya berkembang atau menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia.

Biaya Kuliah UMM

Salah satu hal yang perlu disiapkan selama masa studi adalah biaya kuliah. Untuk biaya kuliah UMM setiap program studi memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Biaya Kuliah di UMM terbagi menjadi Herregistrasi, SPP, dan juga DPP. 

Untuk biaya herregistrasi sebesar Rp 300.000 , untuk SPP kisaran Rp. 4.800.000 – Rp. 25.300.000 (Tergantung program studi) untuk DPP kisaran Rp.13.000.000 (Berbeda setiap program studi)

Nah itu dia beberapa informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UMM, semoga penjelasan di atas bisa membantu Kawan Juang meraih kampus impian ya!

0 CommentsClose Comments

Leave a comment