PMB UMY 2024 resmi dibuka! Simak 5 jalur Penerimaan Mahasiswa UMY berikut ini.

Pendaftaran UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) 2024 telah resmi dibuka! Sebagai salah satu institusi perkuliahan Unggul dan Islami, UMY sudah dilengkapi dengan sistem perkuliahan dengan taraf internasional dalam menunjang masa depan generasi penerus bangsa. Sekarang ini, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu kampus swasta terbesar yang ada di Kota Yogyakarta. Tak heran banyak calon mahasiswa baik dari Kota Yogyakarta hingga luar kota membidik UMY sebagai tempat melanjutkan studi mereka.

Penerimaan Mahasiswa Baru UMY 2024 Terbaru

Penerimaan Mahasiswa BaruPMB UMY 2024 Terbaru

Ingin kuliah UMY? UMY saat ini telah membuka kesempatan untuk calon mahasiswa baru dengan berbagai jalur pendaftaran. Namun, sebelum mendaftar pastikan sobat eCampuz sudah mengetahui jurusan yang dipilih dan pertimbangan apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih jurusan. Nah, berikut ini adalah beberapa jalur pendaftaran PMB UMY 2024:

1. Jalur Nilai Rapor

PMB UMY yang pertama adalah melalui Jalur Nilai Rapor atau Jalur Prestasi UMY dimana proses seleksi calon mahasiswa baru dilakukan berdasarkan nilai rapor maupun prestasi/bakat minat tertentu.  Jalur ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki nilai rapor dari semester 1 sampai 4 (periode 1 dan 2) dan semester 1 sampai 5 (periode 3 dan seterusnya) dengan rata-rata nilai minimalnya adalah 7.0.

Selain Jalur Nilai Rapor, calon mahasiswa juga dapat mendaftar via jalur Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB) baik prestasi dibidang seni, budaya, olahraga, maupun penalaran seperti olimpiade, debat dan lain sebagainya. Calon mahasiswa yang pernah menjuarai atau tergolong dalam finalis lomba baik nasional atau provinsi pada 3 tahun terakhir, dapat mendaftar lewat jalur ini.

Selanjutnya juga ada jalur Penerimaan Bibit Unggul Persyarikatan (PBUP) pada PMB UMY 2024. Calon mahasiswa Angkatan Muda Muhammadiyah yang aktif berorganisasi otonom pada lingkup persyarikatan Muhammadiyah dapat mencoba jalur ini.

Syarat Pendaftaran Jalur Raport

Syarat pendaftaran UMY jalur raport ini dapat dilakukan dengan melengkapi formulir yaitu dengan mengupload data seperti:

  • Nilai rapor pengetahuan pada semester 1 sampai 4 untuk Jalur Nilai Rapor periode 1 dan 2, serta rapor pengetahuan semester 1 sampai 5 pada Jalur Nilai Rapor Periode 3 yang telah di discan
  • Menyediakan pas foto terbaru
  • Scan identitas diri meliputi KTP/SIM/Paspor
  • Scan sertifikat prestasi diberbagai bidang atau akademik minimal tingkat kabupaten. Hal ini khusus untuk pendaftar PSB
  • Scan surat keterangan aktif organisasi Muhammadiyah dari Pimpinan Muhammadiyah setempat untuk pendaftar PBUP

Alur Daftar Mandiri Jalur Raport

Terdapat 2 alur pendaftaran di UMY yaitu alur mandiri dan mitra. Dimana alur mandiri merupakan alur yang dilakukan oleh calon mahasiswa secara mandiri dan alur mitra dimana pendaftaran dilakukan oleh pihak sekolah. Nah sobat eCampuz dapat mengetahui secara lengkap mengenai dua alur ini dengan mengunjungi laman UMY.

2. Jalur UTBK-SNBT

Jalur UTBK-SNBT adalah jalur penerimaan di UMY dimana proses seleksi calon mahasiswa dilakukan dengan menggunakan nilai UTBK-SNBT Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Perlu diingat sobat eCampuz, jalur ini khusus diperuntukan untuk calon mahasiswa lulusan tahun 2022,2023 dan 2024.

Syarat Pendaftaran Jalur UTBK-SNBT

Persyaratan yang harus kamu lakukan untuk mendaftar pada jalur ini adalah:

3. Jalur SKL

Jalur ini adalah proses PMB UMY dengan menempuh ujian akhir sekolah dan menggunakan nilai SKL atau nilai ijazah sebagai persyaratannya. Sama seperti jalur UTBK-SNBT, jalur ini juga diperuntukan bagi calon mahasiswa yang lulus di tahun 2022,2023 dan 2024.

Syarat Pendaftaran PMB UMY Jalur SKL

Persyaratan yang wajib kamu lakukan untuk mendaftar jalur ini adalah sebagai berikut:

4. Jalur CBT UMY

Jalur CBT UMY adalah salah satu jalur pada PMB UMY dengan menggunakan perangkat seperti komputer sebagai pengganti lembaran soal dan jawaban. Hal ini memungkinkan calon mahasiswa melihat secara langsung pengumuman setelah berlangsungnya ujian.

CBT UMY dapat diikuti oleh seluruh calon mahasiswa dengan wajib membawa Kartu Identitas Asli, fotokopy Ijazah/Rapor/SKL dan kartu CBT. Tes CBT akan dilangsungkan di Gedung Admisi Kampus Terpadu UMY. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai tes CBT UMY, sobat eCampuz dapat langsung mengunjungi laman UMY CBT.

Syarat Pendaftaran PMB UMY Jalur CBT UMY

Persyaratan yang wajib sobat eCampuz lakukan untuk mendaftar jalur ini adalah:

  • Mengisi dan melengkapi pendaftaran online pada CBT UMY
  • Mengunggah berkas scan rapor semester 1 sampai 4 atau Surat Keterangan Lulus/Ijazah
  • Mengunggah scan KTP/Kartu Identitas Asli lainnya

5. Jalur SBMPTMu

Jalur ini merupakan proses seleksi atau PMB UMY di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA). Jalur ini diinisiasi oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Syarat dan ketentuan lebih lengkapnya, dapat kamu akses pada laman SBMPTMu.

Itulah 5 (lima) jalur PMB UMY 2024 yang bisa sobat eCampuz lakukan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan perihal proses seleksi, sobat eCampuz dapat menghubungi admisi UMY maupun melalui telepon (0274) 387649.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)