Jurusan filsafat mungkin masih terdengar sedikit tabu di telinga sobat eCampuz. Apalagi jika membahas masalah prospek kerjanya. Tapi apakah sobat eCampuz tau, jurusan yang kerap dipandang sebelah mata ini ternyata berkontribusi di berbagai perkembangan ilmu pengetahuan hingga mempunyai julukan ‘Ibu dari segala ilmu’.

Jika sobat eCampuz tertarik belajar tentang sejarah serta pemikiran seorang filsuf, maka jurusan ini mungkin menjadi pilihan yang cocok. Belajar filsafat bukan hanya berguna sebagai ilmu teori saja, akan tetapi ilmu yang sekaligus diterapkan untuk diri kita sendiri.

Supaya tidak bingung ketika ditanya orang tua, “memang kuliahnya belajar apa?” lalu “nanti kalo sudah lulus mau jadi apa?”. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Filsafat?

Jurusan filsafat adalah program studi yang merupakan pengetahuan dan penyelidikan akal budi mengenai segala hal yang ada di alam semesta. Filsafat sendiri berasa dari bahasa Yunani “philosophia” yang berarti “cinta kebijaksanaan”. 

Filsafat mengajarkan untuk selalu berfikir secara logis terhadap fenomena yang terjadi di sekitar manusia. Oleh karenanya, jurusan filsafat akan bersinggungan dengan disiplin ilmu lain seperti budaya, ilmu sosial, serta agama.

jurusan filsafat

Mahasiswa filsafat haruslah mampu berfikir kritis dan logis ketika dihadapkan pada permasalahan yang sedang terjadi. Dengan demikian, mahasiswa filsafat haruslah mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, daya analisis, dan kemampuan problem solving.

Penjelasan di atas juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang memilih mahasiswa filsafat karena dianggap mampu memecahkan masalah dengan berfikir logis dan terstruktur.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik Mencoba?

Mata Kuliah Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat akan belajar beberapa disiplin ilmu. Di antaranya seperti filsafat, ilmu sosial, agama, estetika, antropologi, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, di bawah ini adalah mata kuliah program studi filsafat di Universitas Indonesia.

  • MPK terintegrasi A
  • Pengantar filsafat dan pemikiran modern
  • Sejarah filsafat yunani
  • Logika 1
  • Sejarah filsafat abad pertengahan
  • Filsafat manusia
  • Epistemologi
  • Filsafat budaya
  • Etika
  • Dasar-dasar teori dan metode penelitian kebudayaan
  • Filsafat sastra
  • Kebudayaan Indonesia
  • Filsafat Islam
  • Estetika
  • dll

Terdapat juga mata kuliah umum seperti pendidikan agama, bahasa Indonesia, serta bahasa Inggris. Jadi pastikan sobat eCampuz melakukan cek akreditasi jurusan dan universitas terlebih dahulu, ya!

Gelar Jurusan Filsafat

Lulusan jurusan filsafat akan mendapatkan gelar S.Fil. (Sarjana Filsafat).

Jurusan Filsafat Kerja Apa?

Pertanyaan yang sering ditujukan kepada mahasiswa filsafat adalah setelah lulus mau kerja jadi apa? Buat yang belum tahu, ternyata jurusan filsafat memiliki prospek kerja yang cukup banyak, loh. Ini dia beberapa di antaranya.

Penulis

Jika kamu mahasiswa filsafat dan tertarik pada dunia kepenulisan, salah satu karir yang bisa kamu pilih adalah menjadi seorang penulis. Jenis kepenulisan yang bisa diambil juga beragam, mulai dari content writer yang menulis seputar sejarah, politik, hingga isu lingkungan, atau menjadi penulis buku filsafat maupun novel.

buku filsafat prospek kerja jurusan filsafat
Contoh buku filsafat yang dikemas dalam bentuk novel dan juga self improvement.

Beberapa buku filsafat dengan pembahasan yang ringan banyak diminati di Indonesia. Salah satunya adalah buku dengan judul ‘Filosofi Teras’ yang ditulis oleh Henry Manampiring ataupun ‘Dunia Shopie’ yang ditulis oleh Jostein Gaarder.

Research Consultant

Research consultant merupakan seseorang yang bekerja melakukan riset mengenai industri tertentu atau projek tertentu. Riset tersebut akan menghasilkan data yang nantinya digunakan oleh client untuk menyusun strategi. Seorang lulusan jurusan filsafat haruslah mempunyai kemampuan menganalisis masalah dan menjadikannya suatu data yang bisa digunakan

Dosen

Pilihan karir ini cocok untuk lulusan jurusan filsafat yang menyukai belajar di lingkungan perguruan tinggi. Selain mengajar mahasiswa, seorang dosen juga berkesempatan melakukan penelitian maupun research untuk perkembangan ilmu filsafat. Akan tetapi, jika ingin menjadi dosen, haruslah mengambil pendidikan lanjutan magister dan doktoral. 

Jurnalis 

Dengan pemikiran kritis juga logis terhadap fenomena-fenomena sekitar, lulusan jurusan filsafat cocok untuk mengisi posisi jurnalis yang diharuskan memiliki kemampuan menyingkap fakta.

Jurnalis memiliki tugas untuk mengungkap fakta dalam suatu isu dan menuliskannya di media massa. 

Human resources

Human resources merupakan pekerjaan yang dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk mengelola sumber daya manusia. Jurusan filsafat memiliki kemampuan untuk memilih dan menentukan sumber daya manusia yang cocok untuk mengisi posisi dalam perusahaan.

Selain dari kelima pekerjaan di atas, masih banyak pekerjaan yang bisa dipilih lulusan filsafat seperti PNS, data analyst, pengacara, dan sebagainya. Namun dalam beberapa karir, diperlukan keahlian maupun sertifikasi yang harus diambil ya, sobat eCampuz!

Rekomendasi Perguruan Tinggi untuk Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat sudah banyak dibuka di beberapa perguruan tinggi, setiap tempat menawarkan kurikulum dan suasana belajar yang berbeda. Jika sobat eCampuz tertarik untuk mengambil jurusan filsafat, bisa mencoba di beberapa perguruan tinggi di bawah ini.

  • Universitas Indonesia (UI).
  • Universitas Gadjah Mada (UGM).
  • Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.
  • Universitas Katolik Parahyangan.

Pastikan sebelum memilih universitas, terlebih dahulu lakukan riset terkait program studi ya, sobat eCampuz. Karena jurusan filsafat di beberapa perguruan tinggi bercampur dengan disiplin ilmu lain.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment