Jurusan Esport ternyata bisa menjadi jurusan yang menjanjikan dan mampu menjawab hobi seluruh pencinta video game.

Perkembangan video game dan eSport khususnya di Indonesia semakin meningkat dan dinamis. Hal ini terjadi karena tingginya minat masyarakat Indonesia akan video game. Hal ini dibuktikan dengan adanya survey pada kuartal I 2022, dimana sebanyak 94,9% sampel pengguna internet Indonesia memainkan video game di berbagai perangkat yang mereka miliki.

Video game diyakini dapat mengusir kebosanan dan mengisi waktu luang mereka. Namun tahukah kamu sobat eCampuz? Hal ini bukan hanya sekedar hiburan lagi saat ini, berkat munculnya jurusan eSport yang bisa dijumpai di Indonesia. Jurusan eSport ini diprediksi menjadi salah satu jurusan favorit karena prospek yang menjanjikan di masa mendatang.

Penasaran nggak sih dengan jurusan yang satu ini? Lalu apa saja ya yang dipelajari? Simak selengkapnya!

Apa itu Jurusan eSport?

Jurusan eSport merupakan program pendidikan yang mulai bertumbuh di berbagai perguruan tinggi yang dirancang untuk pelatihan dan pengembangan kemampuan mahasiswa. Kemampuan ini mencakup kemampuan desain, kemampuan teknis, kemampuan sosial dan komunikasi, hingga kemampuan bisnis untuk berwirausaha di bidang industri game.

Program ini memungkinkan pembentukan mahasiswa dalam berkemampuan teknis seperti perancangan game, penguasaan pemrograman komputer, kemampuan audio dan grafis. Hal ini juga memungkinkan mahasiswa untuk menguasai library dan tools sehingga menghasilkan kemampuan untuk membuat game platform.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan eSport?

Mahasiswa jurusan eSport akan mempelajari berbagai aspek mencakup industri game dan eSport, seperti manajemen turnamen, analisis permainan, psikologi olahraga, strategi tim dan komunikasi pada lingkungan game. Hal ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa menjadi pemain yang kompeten, memiliki kemampuan dalam pengelolaan tim, atau profesional pada industri game.

Kurikulum Jurusan eSport

Kurikulum eSport mencakup kombinasi antara praktik dan teori.Hal-hal yang dipelajari mencakup strategi dan teori game, kesiapan menghadapi situasi-situasi praktis ketika bermain game baik secara individu maupun tim. Di Beberapa program, mahasiswa juga diberikan kesempatan berpartisipasi pada turnamen maupun kompetisi eSport dimana hal ini dapat membantu menguji kemampuan secara langsung dan menghasilkan pengalaman kompetitif.

1. Manajemen Turnamen eSport

Manajemen Turnamen eSport adalah salah satu kurikulum jurusan eSport yang mempelajari cara perencanaan, pengelolaan hingga bagaimana cara menjalankan turnamen eSport, termasuk manajemen tim, pengaturan acara, dan kerja sama dengan sponsor.

2. Teknologi Game

Sobat eCampuz juga memiliki kesempatan untuk memahami teknologi di balik pengembangan game, termasuk pemrograman, desain game, dan pemahaman tentang mesin game. Tentunya bagi sobat eCampuz yang memiliki ketertarikan dengan eSport atau jurusan game development dapat lebih mengetahui bagaimana dan apa saja teknologi yang digunakan dalam mengembangkan sebuah game.

3. Manajemen Psikologi Pemain

Salah satu faktor keberhasilan pada eSport adalah kondisi psikologis pemain. Meskipun terlihat sepele, namun hal ini penting dipelajari dalam meningkatkan fokus pada aspek psikologis para pemain Esport, termasuk manajemen stres, pengembangan mental yang tangguh, dan teknik motivasi.

4. Strategi Permainan

Kurikulum pada jurusan eSport juga mencakup pengaturan strategi dalam permainan. Hal ini mencakup analisis mendalam mengenai strategi permainan di berbagai genre eSport seperti MOBA, FPS, dan Battle Royale, serta pengembangan kemampuan analitis dan taktis.

5. Kewirausahaan eSport

Hal yang tidak kalah pentingnya pada kurikulum eSport adalah kewirausahaan. Pada kurikulum ini, sobat eCampuz akan mempelajari tentang peluang bisnis dalam industri Esport, termasuk pengembangan merek, pemasaran digital, dan pembuatan konten. 

Peluang Karir Jurusan eSport

jurusan esport

Peluang karir di dunia eSport khususnya di Indonesia bisa jadi lahan baru yang semakin berkembang seiring pertumbuhan industri game dan popularitas kompetisi digital. Apa saja peluang untuk jurusan eSport?

1. Pemain Profesional

Popularitas eSport yang semakin berkembang, mendorong banyaknya peluang untuk pemain profesional yang semakin terbuka lebar. Sobat eCampuz berbakat tentunya memiliki peluang besar untuk dapat bergabung dengan tim yang jauh lebih besar dan berkesempatan mengikuti turnamen baik tingkat nasional hingga internasional.

Bukan tidak mungkin kemenangan yang akan diraih nantinya dapat berpotensi meningkatkan popularitas serta penghargaan termasuk finansial yang menggiurkan.

2. Pelatih

Ketika ada pemain handal, tentu ada pelatih di balik kesuksesannya. Tingginya minat masyarakat terhadap eSport, tentunya mempengaruhi minat mereka dalam mendalami eSport. Sobat eCampuz juga memiliki kesempatan untuk menjadi pelatih bagi pemain muda yang ingin memperdalam dan meningkatkan kemampuan mereka.

3. Content Creator Streaming

Dunia digital tidak lepas dengan semakin bertambahnya content creator. Saat inipun content creator telah menjadi profesi yang tengah digemari masyarakat luas lewat pembuatan konten kreatif. 

Sobat eCampuz juga memiliki kesempatan loh untuk menjadi content creator dengan melakukan streaming dan berinteraksi dengan penggemar. Siapa sangka hal ini dapat mendatangkan pendapatan dari donasi maupun sponsor.

4. Kerjasama Industri Gaming dan Sponsorship

Peluang karir pada jurusan eSport membuka kerjasama antara tim eSport dan penerbit game nampaknya memberikan peluang manfaat berlipat ganda. Aksesibilitas eksklusif akan konten baru maupun dukungan pemasaran penerbit akan didapatkan oleh tim eSport. 

Sementara itu, penerbit game bisa mendapatkan lebih banyak basis penggemar yang jauh lebih besar dengan melalui kehadiran tim eSport yang aktif pada kompetisi.

5. Perluasan Sirkuit Turnamen dan Liga eSport

Adanya perluasan sirkuit turnamen serta liga eSport, hal ini juga menciptakan kerjasama baik dari asosiasi eSport, pemerintah hingga sektor swasta. Hal ini tentu mendorong investasi pada turnamen besar dan liga profesional untuk dapat mendorong terciptanya lapangan kerja baru dan mendorong pergerakan ekonomi khususnya pada industri eSport. Liga eSport dan sirkuit turnamen bisa menjadi ajang untuk mengembangkat bakat-bakat baru yang memiliki potensi menjadi pemain profesional.

Baca Juga: 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan

Tidak hanya sekedar hobi, eSport dapat dikatakan menjadi lahan baru dalam berkarir dan dapat menjadi pilihan karir di masa mendatang. Kesempatan berkarir melalui jurusan eSport saat ini sangat menjanjikan dengan semakin banyaknya orang yang sadar akan potensi dunia eSport. Hal ini juga membawa pengaruh pada percepatan eSport menjadi bagian integral masyarakat Indonesia.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)