Jurusan Aktuaria mungkin masih terdengar awam di telinga masyarakat Indonesia, sekilas terdengar seperti jurusan yang berhubungan dengan laut, tapi salah besar, jurusan ini cenderung meliputi matematika dan sains di dalamnya.

Jika sobat eCampuz pernah mendengarnya, jurusan Aktuaria juga dibilang jurusan yang bisa meramal masa depan. Mengapa demikian? Simak uraian lebih lengkap mengenai jurusan aktuaria berikut ini.

Apa Itu Jurusan Aktuaria?

Jurusan Aktuaria atau Jurusan Ilmu Aktuaria adalah program studi yang berfokus pada actuarial science. Actuarial Science sendiri adalah ilmu merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada hal-hal sebagai berikut; jaminan sosial, investasi, perbankan, industri asurasi, dana pensiun dan industri lainnya.

Tak heran jika, jurusan yang satu ini memiliki hubungan karir yang cukup erat dengan perusahaan asuransi dan juga OJK. Profesi aktuaris sedang banyak dicari oleh OJK untuk memenuhi kuota jumlah aktuaris di perusahaan dan instansi di Indonesia

Oleh karenanya ada juga yang menyebut jurusan aktuaria sebagai “Matematika Asuransi” sebab sebagai lulusan aktuaria, seseorang haruslah bisa menginformasikan risiko keuangan di masa mendatang. Mungkin karena itulah disebut jurusan meramal ya sobat eCampuz. 

Hampir setiap perusahaan membutuhkan tenaga aktuaris untuk menganalisis risiko dan dampak di masa depan, serta memprediksi peluang. Dengan pengetahuan yang dimiliki, sangat wajar jika aktuaria banyak dicari karena seorang yang berprofesi sebagai aktuaris, juga bisa menjadi konsultan untuk perusahaan maupun sebuah projek.

Lulusan Jurusan Aktuaria akan menyandang gelar Sarjana Ilmu Aktuaria (S.Aktr), tetapi jika ingin melanjutkan menjadi aktuaris haruslah mengikuti dan lulus ujian profesi aktuaris yang diselenggarakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

Baca Juga : Apakah Ini Tujuan Kuliah Bagi yang Merasa Tidak Pintar?

Jurusan Aktuaria Belajar Apa Saja?

Dalam jurusan aktuaria mahasiswa akan belajar banyak disiplin ilmu, mulai dari matematika, ilmu probabilitas, keuangan, statistika, pemrograman komputer dan lain sebagainya. Dengan disiplin ilmu yang didapatkan, mahasiswa jurusan aktuaria diharapkan mampu menjadi ahli perencanaan keuangan.

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Aktuaria

Pastikan jika sobat eCampuz mengambil prodi aktuaria haruslah menyukai ilmu eksak, sebab hampir semua mata kuliah yang diajarkan bersinggungan dengan ilmu pasti. Berikut beberapa mata kuliah jurusan aktuaria.

  • Dasar-dasar Kalkulus
  • Hukum Asuransi
  • Manajemen Klaim
  • Matematika Asuransi Jiwa
  • Matematika Dana Pensiun
  • Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria
  • Matematika Keuangan
  • Probabilita Statistika
  • Praktik dan Simulasi Aktuaria
  • SDM dalam Industri Asuransi dan sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Beberapa posisi yang bisa diisi oleh lulusan aktuaria sangat beragam, mengingat ilmu yang didapatkan selama masa kuliah bisa diterapkan di berbagai bidang. Jurusan Ilmu Aktuaria termasuk jurusan yang sepi peminat padahal tingkat permintaan di dunia kerja cukup banyak.

Auditor

Buat sobat e Campuz yang belum tahu, auditor adalah orang yang memiliki pengetahuan dan memiliki kemampuan untuk memverifikasi keakuratan catatan keuangan dan memastikan bahwa perusahaan telah mematuhi seluruh undang-undang perpajakan. 

Oleh karenanya pekerjaan ini dubutuhkan di berbagai perusahaan maupun instansi untuk memastikan setiap proses keuangan sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat perusahaan sebelumnya.

Beberapa Jenis auditor di antaranya adalah auditor pajak, auditor pemerintah, auditor independen, internal auditor dan auditor forensik

Akuntan

Lulusan jurusan aktuaria memiliki peluang menjadi seorang akuntan asalkan mengambil beberapa sertifikat seperti Certified Public Accountant (CPA), Certified Fraud Examiners (CFE), Chartered Accountant (CA), Certified Management Accountant (CMA), Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan, hingga Sertifikasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan untuk menunjukan kredibilitasnya

Financial Analyst

jurusan aktuaria

Seorang financial analyst sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk melakukan analisis keuangan, melakukan evaluasi dan juga perencanaan keuangan kedepannya. Seorang yang memiliki kemampuan financial analyst juga bisa menjadikan dirinya konsultan keuangan.

Aktuaris

Tentunya menjadi aktuaris menjadi salah satu goal ketika seseorang mengambil jurusan aktuaria. Beberapa hal yang dilakukan jika menjadi aktuaris adalah menetapkan harga produk keuangan menggunakan tingkatan investasi, mortalita hingga morbidita, membuat proyeksi dan analisis keuangan perusahaan.

Manajer Investasi

Salah satu pekerjaan yang cukup meyakinkan secara salary adalah menjadi manajer investasi, apalagi banyak masyarakat dari generasi muda mulai mencoba untuk berinvestasi, muncul juga beberapa aplikasi investasi seperti bibit dan lain sebagainya. Tugas seorang manajer investasi adalah melakukan pengelolaan dana nasabah dari berbagai instrumen investasi, mulai dari saham, obligasi, hingga reksadana. 

Ekonom

Lulusan jurusan aktuaria juga sangat berpeluang menjadi ekonom, sebab mereka memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan di bidang ekonomi, kemudian mengolah data menjadi probabilitas sehingga client bisa mengantisipasi risiko yang tidak diinginkan di masa mendatang

Baca Juga : 16 Jurusan Kuliah IPA yang Cocok Untuk Perempuan dan Prospek Kerjanya

Kampus di Indonesia yang Memiliki Jurusan Aktuaria

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri dibawah ini memiliki jurusan aktuaria yang unggul di Indonesia.

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  • Institut Pertanian Bogor (IPB)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Sebelas Maret (UNS)

Bagaimana sobat eCampuz? tertarik untuk mencoba ambil bagian menjadi mahasiswa aktuaria, pastikan teman-teman memiliki minat dan bakat sesuai penjelasan di atas ya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)