Pertanyaan yang mungkin memantik pikiran sobat eCampuz di sini, “Kuliah di jurusan teknologi pangan itu belajar apa aja? Bagi yang tertarik dengan jurusan yang satu ini, pasti penasaran apa saja hal-hal yang akan dipelajari.

Jurusan teknologi pangan adalah salah satu jurusan yang dibutuhkan di masa sekarang dan masa depan. Maraknya isu tentang proses pengolahan makanan yang tidak sehat, membuat masyarakat mulai beralih ke makanan sehat. Lulusan teknologi pangan adalah salah satu lulusan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dengan membuat makanan sehat, bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

Apa itu jurusan Teknologi Pangan?

Sesuai namanya, jurusan teknologi pangan akan mempelajari aspek-aspek dalam ilmu pangan yang dikolaborasikan dengan teknik pengolahan makanan menggunakan ilmu pengetahuan mengenai alam dan dunia fisik.

Dalam jurusan ini, juga akan mempelajari bagaimana mengolah hasil pertanian dan peternakan menjadi makanan yang bisa dikonsumsi. Oleh karena itu mahasiswa jurusan teknologi pangan akan belajar mulai dari fisik, biologis dan juga kimiawi supaya bisa menciptakan inovasi makanan sesuai yang diharapkan.

Selain belajar tentang ilmu pangan, mahasiswa juga akan dikenalkan kepada mesin dan juga alat untuk pengolahan pangan. Lulusan teknologi pangan juga berpeluang berbisnis di sektor industri pangan karena paham mengenai alat produksi, kemasan dan sebagainya.

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pangan

Mata kuliah jurusan teknologi pangan di antaranya adalah kimia dasar, biologi, kalkulus, kimia pangan, kimia organik, computational thinking, smart agriculture, teknologi fermentasi, jaminan mutu pangan, analisis pangan dan lain sebagainya. Mahasiswa juga akan mendapat beberapa mata kuliah umum seperti agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa indonesia dan juga kewirausahaan. Termasuk mata kuliah umum bisa berbeda di setiap perguruan tinggi.

Lulusan program sarjana Teknologi Pangan akan diberi gelar Sarjana Teknologi Pangan atau S.T.P. dengan bekal gelar dan ilmu pengetahuan tentang dunia pangan, jurusan ini digadang-gadang menjadi jurusan yang memiliki prospek kerja yang besar.

Baca Juga : 10 Jurusan yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik Mencoba?

Hal itu dibuktikan dengan berkembangnya produk-produk olahan di industri pangan. Beberapa jenis makanan yang mempunyai permintaan tinggi di antaranya adalah makanan instan seperti mie, kopi, susu, bubur, dan juga makanan beku atau yang dikenal dengan frozen food.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan

Munculnya berbagai jenis makanan dari hasil fermentasi dan juga pengolahan terbaru membuat jurusan teknologi pangan memiliki prospek kerja yang cukup besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karenanya jurusan ini memiliki peminat yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya.

Beberapa perusahan yang banyak menerima jurusan teknologi pangan adalah perusahan Fast Moving Consumer Goods (FMCG). FMCG adalah perusahaan yang memproduksi kebutuhan pangan sehari-hari, termasuk makanan dan minuman dari berbagai jenis. Contoh kantor FMCG di Indonesia adalah Indofood, Ultrajaya. Nestle, Mayora, Wings Food, Kapal Api, dan masih banyak lagi.

Di perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional lulusan teknologi pangan biasanya akan menempati posisi seperti Research & Development, Konsultan, Quality Control, Quality Analyst, Supply Chain Management.

Akan tetapi karir lulusan teknologi pangan bukan hanya yang disebut di atas saja, para lulusannya juga bisa menjadi dosen, hingga pengusaha terutama di bidang industri pangan.

Selain itu, lulusan teknologi pangan juga bisa bekerja di kantor-kantor pemerintahan, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Penelitian dan Pengembangan, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Gaji seorang lulusan teknologi pangan bervariasi ya sobat eCampuz, tergantung dari kompetensi, pengalaman, perusahaan, dan UMR di kota tempat bekerja. Akan tetapi untuk fresh graduate Teknologi Pangan diperkirakan memperoleh gaji sekitar 4,5-5 juta per bulan dan akan terus meningkat tergantung kinerjanya.

Kampus dengan Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan ini terbuka bukan hanya untuk siswa SMA jurusan IPA saja, akan tetapi juga terbuka untuk siswa IPS dan juga SMK. Calon mahasiswa haruslah mendaftar lewat  jalur masuk perkuliahan yaitu SNPMB, UTBK dan juga jalur mandiri ya sobat eCampuz.

Berikut adalah daftar PTN dan PTS di Indonesia yang memiliki program studi Teknologi Pangan:

  • Universitas Gadjah Mada
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Jendral Soedirman
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Al Azhar Indonesia
  • Universitas Pasundan
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Pelita Harapan

Itu dia beberapa kampus yang menyediakan jurusan teknologi pangan, setiap kampus memiliki akreditasi yang berbeda, jadi pastikan sobat eCampuz mengeceknya terlebih dahulu ya.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Cek Akreditasi Kampus & Prodi

Bagaimana sobat eCampuz? Sudah paham mengenai jurusan teknologi pangan? Tertarik untuk mencobanya? pastikan jurusan tersebut sesuai minat dan bakat teman teman ya.

Temukan artikel menarik tentang dunia perkuliahan mulai dari info kuliah, jurusan, fakta unik hingga beasiswa di eCampuz.com.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)