Jangan sampai kebalik atau salah! Ketahui lebih mendalam perbedaan jurusan dan prodi kuliah.

Menjelang kuliah, sobat eCampuz pastinya disibukkan dengan memilih jurusan mana yang akan ditekuni beberapa waktu mendatang. Tidak jarang, menentukan jurusan mana yang akan dipilih untuk dipertimbangkan dari berbagai pihak seperti orang tua, teman-teman hingga tes bakat minat dilakukan untuk meminimalisir kesalahan pemilihan, yang hal ini pun bisa saja mempengaruhi tujuan karir kedepannya.

Ahli Educational Psychologist, Irene Guntur, berasal dari Integrity Development Flexibility (IDF) menuturkan sedikitnya 87% mahasiswa Indonesia salah pilih jurusan. Melihat fenomena tersebut, penting bagi sobat eCampuz untuk secara matang mempertimbangkan dan menyimak kembali tips yang bisa dilakukan dalam menentukan pilihan jurusan.

Tapi sebenarnya apakah sobat eCampuz sudah mengetahui mengenai apa sih jurusan itu? Lalu bagaimana dengan prodi? Apa fakultas itu? Apakah perbedaan jurusan dan prodi? Nah, untuk mengetahui lebih jauh, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Fakultas?

Fakultas (faculty) didefinisikan unit akademik yang terdiri dari beberapa program studi yang mempunyai fokus kepada bidang ilmu tertentu. Fakultas bertanggung jawab untuk mengatur dan manajemen program pendidikan, kurikulum serta tenaga pengajar. Pasti sudah sering mendengar istilah “FT” yaitu singkatan dari Fakultas Teknik, FH singkatan dari Fakultas Hukum, FISIP singkatan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan masih banyak lagi.

Kata faculty bisa saja memiliki arti berbeda dengan definisi di luar negeri. Faculty merujuk pada staf akademik di sebuah universitas baik dari dosen matakuliah maupun perguruan tinggi. Hal ini berbeda dengan staf-staf lain yang bersifat administratif organisasi seperti akuntan, registrar, office boy, sekretaris dan lain-lain.

Apa Itu Jurusan?

Sebelum memahami perbedaan jurusan dan prodi, sobat eCampuz terlebih dahulu mengetahui apa itu jurusan. Jurusan merupakan sebuah bagian dari suatu fakultas maupun sekolah tinggi yang memiliki tanggung jawab dalam manajemen dan mengembangkan sebuah bidang studi. Hal ini juga dapat diartikan sebagai subjek yang akan dijadikan fokus utama di universitas.

Contohnya di sebuah universitas memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi dengan jurusan Jurnalistik maupun Hubungan Masyarakat. Jurusan yang diambil inilah yang nantinya menjadi gelar. Pada beberapa program tertentu, mahasiswa juga dimungkinkan lulus dengan dua gelar atau joint degree. Mahasiswa dapat berfokus dengan dua bidang minat utama.

Apa itu Prodi (Program Studi)

Program studi merupakan singkatan prodi yang mana merupakan bagian dari jurusan, dimana jurusan dapat terdiri dari berbagai produk yang berfokus pada ilmu-ilmu yang sama. Hal inilah yang menimbulkan perbedaan jurusan dan prodi di sebuah universitas. Contohnya Jurusan Ekonomi yang memiliki dua prodi yaitu Manajemen dan Pendidikan Ilmu Ekonomi. Bila dilihat, keduanya memang mendalami hal yang sama, akan tetapi dibedakan dari tujuan perkuliahan.

Ketika sobat eCampuz mendaftar, program studi inilah yang akan dipilih. Universitas akan langsung menyediakan pilihan spesifik untuk pendaftar yang disesuaikan dengan minta mereka.

Perbedaan Jurusan dan Prodi

Perbedaan Jurusan dan Prodi

Bila kita kembali pada pertanyaan apa perbedaan jurusan dan prodi? Hal ini bisa dijawab dengan mengingat kembali ketika sobat eCampuz masih berada di bangku sekolah menengah atas. Penggunaan istilah jurusan merujuk pada penjurusan IPA,IPS atau Bahasa. Tetapi bagaimana jika ini terjadi di level universitas yang cenderung memiliki banyak Jurusan maupun Prodi?

Jurusan cenderung diartikan dalam kelompok besar yang telah mencakup ilmu tertentu. Jurusan lebih mencakup berbagai prodi-prodi yang lebih spesifik. Contoh jurusan yang ada di beberapa universitas di Indonesia seperti jurusan Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Apakah sobat eCampuz termasuk kedalam Gen Z? Simak deh beberapa jurusan yang paling santai dan cocok untuk kamu kaum Gen Z!

Sedangkan Prodi diartikan sebagai bentuk lebih spesifik dari jurusan yang berfokus pada keahlian maupun bidang studi tertentu. Contoh Program Studi Teknik Pertanian, Teknologi Industri Pertanian dan Teknologi Pangan & Hasil Pertanian. Universitas Indonesia adalah universitas yang menyediakan banyak Jurusan dan Prodi. Contoh Jurusan dan Prodi yang ada di Universitas Indonesia misalnya adalah Jurusan Ilmu Komputer yang memiliki Prodi Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

1. Memahami Diri Sendiri

Memahami diri sendiri adalah hal terpenting sebelum memilih dan menentukan jurusan maupun program studi kuliah. Hal ini dapat memudahkan calon mahasiswa mengetahui apa yang sebenarnya disukai. Terkadang, fase ini akan menghadapi berbagai hambatan seperti pengaruh dari orang-orang sekitar. Pastikan kamu tidak terpengaruh ya sobat eCampuz!

2. Jangan Cuman FOMO!

Fear of Missing Out terkadang baik, namun jika kamu menerapkannya untuk memilih jurusan, sebaiknya dihindari ya sobat eCampuz. Walaupun tidak semua tren itu buruk, namun sebagai calon mahasiswa kamu harus betul-betul memastikan pilihan jurusan dan program studi atas dari diri sendiri. Sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari.

3. Pikirkan Prospek Karir

Memahami perbedaan jurusan dan prodi tidak cukup untuk membantu menentukan mana yang akan dipilih. Saat dihadapkan oleh banyak pilihan, sebaiknya pikirkan matang-matang dan buat pertimbangan prospek karir kedepannya. Apabila prospek karir jurusan dan prodi tersebut sesuai dengan minat dan peluang kedepannya, tidak ada salahnya untuk dipilih.

Nah sobat eCampuz, itu tadi contoh-contoh Program Studi, contoh Jurusan dan perbedaan-perbedaan jurusan dan prodi yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan memilih. Gimana sudah tau mau ambil jurusan dan program studi apa?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)