Udah mulai cari kuliahan? Ini nih universitas di Yogyakarta yang masuk peringkat dunia! 

Sobat eCampuz, ngaku deh ketika kalian udah mulai mencari universitas dambaan, pasti kalian sempatkan untuk browsing peringkatnya. Time Higher Education dalam laman resminya merilis ranking universitas-universitas terbaik, baik peringkat se-Indonesia hingga peringkat yang didapat universitas tersebut di tingkat dunia.

Adanya sistem peringkat atau rank tentunya akan mendorong visibilitas universitas di mata calon mahasiswa. Maka tidak heran universitas-universitas akan melakukan berbagai usaha demi meningkatkan kualitas mereka untuk dapat masuk di peringkat atas. Untuk menentukannya, beberapa aspek seperti kualitas penelitian (research quality), kesiapan kerja lulusan (graduate employability), kualitas pengajaran (teaching quality) hingga pandangan international (international outlook) menjadi pedoman yang dipegang teguh dan terus menerus dilakukan usaha untuk meningkatkannya.

Universitas di Yogyakarta yang Berhasil Masuk Peringkat Dunia

Universitas di Yogyakarta Terbaik

Dari banyaknya universitas terbaik di Indonesia, beberapa di antaranya berada di kota Yogyakarta. Pastinya sobat eCampuz sudah tau dong, Yogyakarta sudah lama dijuluki sebagai Kota Pelajar, karena kota ini bagaikan rumah bagi universitas terkemuka. 

Lalu apa saja universitas-universitas di Yogyakarta yang terbaik? Simak sampai akhir ya!

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Siapa yang tak kenal dengan Universitas Gadjah Mada? Rata-rata masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui bahwa universitas yang satu ini berkualitas, baik dari kesiapan kerja dari lulusannya, penelitian yang dilakukan hingga pandangan internasional terhadap Universitas Gadjah Mada. UGM berhasil menempati urutan kedua sebagai universitas terbaik di Indonesia.

UGM merupakan universitas di Yogyakarta didaulat sebagai salah satu perguruan tinggi negeri/kampus tertua di Indonesia, karena berdiri dari kancah perjuangan revolusi kemerdekaan bangsa Indonesia. Dikutip dari sejarahnya, UGM adalah penggabungan dari beberapa sekolah tinggi yang terlebih dahulu didirikan yang kemudian disahkan melalui Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit. UGM sendiri terdiri dari 18 (delapan belas) program Sarjana dan Sarjana Terapan dan 1 (satu) Sekolah Vokasi yang seluruhnya terdapat 93 (sembilan puluh tiga) program studi.

Lebih dari 375 ribu mahasiswa telah diluluskan dari UGM dan telah tersebar di berbagai pelosok negeri hingga mancanegara. Tidak sedikit dari alumni UGM yang berhasil masuk dan terdaftar sebagai orang-orang penting dan memberikan pengaruh untuk bangsa Indonesia. Sebut saja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dari Prodi Kehutanan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dari Prodi Hubungan Internasional, mantan Wakil Presiden Boediono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dari Prodi Manajemen

UGM, berhasil meraih peringkat ke 2 (dua) sebagai kampus terbaik se Indonesia dan peringkat ke 677 se Dunia. Jadi tidak heran ya sobat eCampuz kalau UGM menjadi salah satu universitas di Yogyakarta yang menjadi dambaan semua orang.

Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Yogyakarta. Di tahun ini, UII berhasil menyandang predikat Kampus Islam #1 di Indonesia yang telah diakui oleh Times Higher Education World University Rankings 2024 (THE WUR).

Semula, UII dikenal sebagai Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan satu bulan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945. UII menjadi universitas di Yogyakarta yang terinspirasi semangat nasionalisme dan berpedoman nilai-nilai Islam. 

Terletak di utara Yogyakarta sebagai simbol jantung kebudayaan Jawa, kampus utama UII memiliki letak geografis menghadap ke Gunung Merapi. Hal ini dipercaya menjadi tempat yang tepat untuk melakukan proses belajar mengajar didukung oleh fasilitas 10 perpustakaan, 82 laboratorium, dan 27 pusat studi untuk penelitian maupun pendidikan.

Dalam mendorong cita-citanya sebagai perguruan tinggi swasta kelas dunia, UII tengah membangun jejaring yang lebih luas dengan banyak universitas ternama, seperti Hokkaido University: Jepang, Solbridge International Business School: Korea, Universiti Kebangsaan Malaysia dan masih banyak lagi.

Berkat usaha yang dilakukan, UII telah dipercaya oleh banyak mahasiswa dan berhasil meluluskan lebih dari 84.000 alumni. Jadi tidak heran ya UII bisa dikatakan sebagai salah satu universitas swasta di Jogja atau kampus terbaik di Jogja. 

Universitas Negeri Yogyakarta

Sobat eCampuz, tahukah kamu? Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merupakan salah satu universitas di Yogyakarta yang telah berdiri sejak 60 tahun lalu. Awalnya UNY  merupakan bagian salah satu fakultas di UGM yang pada akhirnya membentuk institusi sendiri dinamakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta (IKIP Yogyakarta).

Bergantinya IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ternyata mendatangkan pro dan kontra dari masyarakat. Kondisi ini memberikan indikasi kuat dimana IKIP Yogyakarta menjadi bagian krusial pada kehidupan masyarakat dan sistem pendidikan di Indonesia. Dinamika masyarakat ini benar-benar menunjukan adanya kekhawatiran akan terbengkalainya pendidikan guru apabila IKIP Yogyakarta digantikan menjadi UNY.

Dari kecemasan inilah menjadi fondasi UNY untuk tetap meyakinkan masyarakat bahwa di masa mendatang akan tetap mempertahankan pendidikan guru. Perubahan nama ini menjadi harapan untuk terus meningkatkan sistem pendidikan guru. Sehingga para dosen di jurusan mampu melakukan fertilisasi silang keilmuan antar latar belakang kependidikan dan ilmu dasar.

Tahun 2007, UNY dinyatakan sebagai satu-satunya Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) diantara 20 universitas di Indonesia yang layak masuk (the most promosing university) ke dalam kelas dunia. Itulah sebabnya UNY menjadi salah satu universitas di Yogyakarta yang menjadi wishlist tersendiri bagi calon mahasiswa yang ingin mendalami ilmu pendidikan guru.

Universitas Sanata Dharma

Universitas di Yogyakarta yang satu ini memiliki 5 (lima) kampus yang tersebar di kota Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma (USD) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta Katolik yang sampai saat ini telah memiliki 8 (delapan) Fakultas dengan 26 (dua puluh enam) Program Studi Sarjana S1, 10 (sepuluh) Program Magister (S2), 3 (tiga) Program Profesi, dan 3 (tiga) Program Kursus Bersertifikat.

Awalnya, universitas swasta di Jogja yang satu ini muncul dari ide Prof. Moh. Yamin yang disambut baik oleh imam-imam Katolik untuk mendirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) pada tahun 1950. PTPG Sanata Dharma memiliki 4 (empat) Jurusan seperti Bahasa Inggirs, Sejarah, IPA, dan Ilmu Mendidik. Namun seiring berjalannya waktu, Sanata Dharma semakin menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat yang kemudian dikembangkan menjadi Universitas Sanata Dharma.

Universitas Sanata Dharma berhasil meraih peringkat ke 59 se Indonesia sebagai salah satu kampus terbaik. Baru-baru ini di tahun 2023, USD berhasil meraih penghargaan pada Anugerah Dikti Ristek 2023 dengan meraih Bronze Winner untuk kategori Perguruan Tinggi Pelaksana Program Kompetisi Kampus Merdeka 2023.

Nah sobat eCampuz, itulah tadi beberapa universitas di Yogyakarta yang berhasil ke dalam peringkat Nasional maupun Internasional. Apakah salah satu kampus diatas adalah dambaan sobat eCampuz?

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)