Ketahui info pendaftaran KIP kuliah 2024 terupdate berikut ini. Jangan sampai terlewat ya!

Pendaftaran KIP kuliah kembali dibuka setelah sebelumnya sistem pendaftarannya terganggu akibat peretasan Pusat Data Nasional (PDN) beberapa waktu yang lalu. Karenanya calon mahasiswa yang sebelumnya sudah melakukan registrasi KIP Kuliah 2024 sebelumnya dihimbau mengunggah ulang KIP pada situs resmi KEMENDIKBUD RISTEK. 

Apakah sobat eCampuz sudah melakukan pendaftaran KIP Kuliah? Atau masih bingung apa itu KIP Kuliah? Simak prosedur pendaftarannya di artikel ini.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) merupakan bentuk kontribusi pemerintah dalam bentuk bansos pendidikan/biaya pendidikan bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun sederajat. Dimana program ini menyasar pada penerima yang memiliki potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan dalam segi ekonomi.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya atau gratis. Tidak hanya pendaftaran, calon mahasiswa juga akan terbebas dari biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi. KIP-Kuliah juga memberikan subsidi biaya hidup perbulan sebesar Rp 700.000 menyesuaikan pertimbangan biaya hidup pada masing-masing wilayah.

Beasiswa KIP-Kuliah vs Beasiswa

Program ini sering diartikan sebagai beasiswa KIP Kuliah karena memiliki tujuan yang sama yaitu pemberian bantuan biaya untuk mendukung pendidikan. Akan tetapi beasiswa KIP Kuliah dan beasiswa nyatanya berbeda. Dimana beasiswa cenderung berfokus pada pemberian kontribusi dana terhadap siswa berprestasi. Hal ini tertuang pada Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Meski begitu, ketentuan atau persyaratan Kartu Indonesia Pintar Kuliah diadakan sebagai jaminan para penerimanya betul-betul siswa berpotensi dan memiliki kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi mereka.

Jadwal Unggah Kembali Pendaftaran KIP Kuliah 2024

Calon mahasiswa yang sudah mendaftar KIP Kuliah dan dinyatakan lulus SNBP dan SNBT dapat mengunggah kembali atau reclaim akun KIP Kuliah mulai dari 29 Juli 2024 sampai dengan 31 Agustus 2024. Hal ini juga berlaku pada calon mahasiswa yang belum pernah melakukan pendaftaran KIP Kuliah yang juga dapat melakukan registrasi di waktu yang sama. 

Cara Daftar KIP Kuliah 2024

pendaftaran-kip-kuliah

Sobat eCampuz berminat mendaftar? Lalu bagaimana cara daftar KIP Kuliah 2024? Calon mahasiswa wajib melengkapi data di formulir pendaftaran, mengunggah kembali kelengkapan dokumen-dokumen, mencetak formulir serta kartu KIP Kuliah.

Nah perlu diingat ya sobat eCampuz, pengunggahan atau reclaim akun KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Induk SIswa Nasional (NISN) dengan sistem KIP-Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. 

Cara Daftar KIP Kuliah bagi Pengguna Baru

Untuk sobat eCampuz yang baru ingin membuat akun pendaftaran KIP Kuliah, dapat mengikuti step-step dibawah ini:

  1. Melakukan akses pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Klik menu “Login Siswa” dan input data pada Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), serta alamat email aktif yang digunakan.
  3. Mendapat kode akses dan nomor pendaftaran melalui email yang terdaftar.
  4. Menyelesaikan serangkaian pendaftaran pada portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai dengan jalur yang telah dipilih.

Cara Daftar KIP Kuliah bagi Pengguna yang Sudah Terdaftar

Sobat eCampuz yang sebelumnya sudah mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah, dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Mengakses laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Melakukan reclaim akun KIP Kuliah dengan NIK dan NISN.
  3. Mengunggah kembali dokumen pendaftaran maupun data-data pendukung pendaftaran KIP Kuliah.

Sampai saat ini, tercatat sebanyak 853.393 calon mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran KIP-Kuliah tahun 2024. Sobat eCampuz yang memiliki keinginan mendaftar dengan jalur seleksi mandiri dapat terlebih dulu membuat akun KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Seluruh informasi pendaftaran dapat diakses di laman yang sama.

Syarat KIP Kuliah 2024

Perlu sobat eCampuz ketahui, terdapat persyaratan-persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah 2024 diantaranya:

  1. Penerima KIP-Kuliah merupakan siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun yang berjalan maupun lulus 2 tahun sebelumnya.
  2. Mempunyai potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan ekonomi dengan menyertakan bukti dokumen yang sah.
  3. Dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi terakreditasi A atau B. Untuk Prodi terakreditasi C dimungkinkan melalui pertimbangan tertentu.

Pembuktian keterbatasan ekonomi calon penerima KIP-Kuliah dinyatakan akurat dengan:

  1. Kepemilikan program bantuan pendidikan nasional (bansos pendidikan) yang berwujud Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Menginput pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial. Mulai dari bansos Program Keluarga Harapan (PKH), bansos Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBIJK), bansos Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).
  3. Termasuk dalam kelompok masyarakat miskin maupun rentan miskin maksimal pada desil 3 Data Penyasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).
  4. Calon mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota panti sosial/panti asuhan.

Tidak memenuhi salah satu dari kriteria-kriteria diatas? Calon mahasiswa tetap dapat mendaftarkan diri asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi. Hal ini dapat dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan dari orang tua maupun wali paling banyak Rp 4.000.000 (empat juta rupiah) setiap bulan, maupun pendapatan kotor gabungan dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Bagi calon penerima kriteria ini wajib mengunggah Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Cara buat SKTM ini, kalian bisa mengikuti prosedur yang ada di tautan berikut ini.

Bagaimana penjelasan mengenai pendaftaran KIP Kuliah ini? Semoga sobat eCampuz sudah cukup paham mengenai apa itu Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah), tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara daftar KIP 2024, hingga syarat-syarat KIP Kuliah. Untuk informasi lebih lanjut, melakukan pendaftaran akun baru, hingga reclaim kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)