Universitas Terbuka (UT) adalah salah satu institusi pendidikan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yang menawarkan program belajar jarak jauh dan terbuka (tanpa batasan). Sebagai kampus pelopor program pembelajaran jarak jauh, UT tak hanya diminati oleh calon mahasiswa dari dalam negeri saja. Berdasarkan informasi “UT Dalam Angka“, tercatat ada ratusan mahasiswa jangkauan luar negeri yang juga daftar Universitas Terbuka. Mulai dari Taiwan, Korea Selatan, Hongkong, Saudi Arabia, bahkan negara Eropa.

Teman-teman yang saat ini sedang mencari informasi kampus-kampus mana saja yang menyediakan program kuliah online, info terkait daftar Universitas Terbuka menjadi informasi penting bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi tanpa harus meninggalkan aktivitas sehari-hari. 

Proses daftar Universitas Terbuka dirancang agar mudah diikuti oleh semua calon mahasiswa. Melalui sistem yang transparan dan user-friendly, Universitas Terbuka memastikan proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah dan efisien.

Yuk, mengenal lebih lanjut tentang UT dan cara pendaftarannya. Terlebih lagi, periode daftar Universitas Terbuka 2024/2025 diperpanjang hingga pertengahan Agustus, loh!

Baca Juga : Jurusan Kuliah Paling Santai Buat Gen Z, Memang Ada?

Jadwal Pendaftaran dan Registrasi UT 2024/2025

Sebelum cara daftar Universitas Terbuka periode 2024/2025 kami ulas, berikut ini adalah jadwal yang harus sobat eCampuz diperhatikan.

Jadwal Pendaftaran dan Registrasi UT Jalur RPL

RPL adalah singkatan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau. Jalur ini dikhususkan melalui pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja dalam pendidikan formal. Berikut ini informasi penting terkait jadwalnya:

  • Pendaftaran mahasiswa baru: 6 Mei―19 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB 
  • Pembayaran LIP admisi/biaya pendaftaran: 6 Mei―20 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB
  • Unggah berkas mahasiswa baru (sudah bayar admisi dan perbaikan berkas): 6 Mei―21 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Validasi berkas oleh DAAK dan UT Daerah diperpanjang menjadi 24 Agustus 2024.
  • Pemrosesan RPL oleh Fakultas diperpanjang menjadi 30 Agustus 2024.
  • Batas Waktu registrasi mata kuliah untuk Jalur RPL sampai dengan tanggal 5 September 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Batas pembayaran uang kuliah untuk Jalur RPL sampai dengan tanggal 11 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Jadwal Admisi dan Registrasi UT Jalur Umum

Bagi siapapun yang ingin mendaftar tanpa rapor atau capaian pembelajaran, dapat melalui Jalur Umum. Jalur ini membebaskan siapa saja yang ingin masuk ke program studi pilihan tanpa tes masuk–hanya dengan seleksi berkas administrasi.

  • Pendaftaran mahasiswa baru: 6 Mei―26 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB. 
  • Pembayaran LIP admisi/biaya pendaftaran: 6 Mei―27 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Unggah berkas mahasiswa baru: 6 Mei―29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Batas Waktu registrasi mata kuliah untuk Jalur RPL sampai dengan tanggal 5 September 2024 pukul 23.59 WIB.
  • Batas pembayaran uang kuliah untuk Jalur Non RPL sampai dengan tanggal 11 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Cara Daftar Universitas Terbuka 2024

Teman-teman sudah menentukan jurusan sesuai minat? Jika sudah, selanjutnya siapkan seluruh formulir dan berkas persyaratan pendaftaran UT. Setelah persiapan berkas selesai, kita baru dapat melakukan proses pendaftaran. Berikut ini adalah tahapan singkat cara daftar Universitas Terbuka.

Pendaftaran Akun

Apabila sudah memantapkan hati dan syarat berkas pendaftaran sudah siap, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dilakukan di laman https://admisi-sia.ut.ac.id/auth/login. Berikut adalah tampilan Sistem Informasi Akademik (SIA) Universitas Terbuka.

cara daftar universitas terbuka

Tampilan SIA UT di atas menampilkan pilihan tombol yang dapat digunakan oleh mahasiswa UT, mahasiswa PPG, calon mahasiswa, dan pendaftaran calon mahasiswa. 

Bagi teman-teman yang akan mendaftar menjadi mahasiswa UT, klik tombol “Pendaftaran Calon Mahasiswa”. Setelah proses klik, akan muncul tampilan seperti berikut ini.

cara daftar universitas terbuka

Tampilan di atas menunjukkan halaman yang berisi data diri dan program studi yang akan dipilih. Jangan lupa untuk memilih jenjang pendidikan: Diploma dan Sarjana, Magister, atau Doktoral.

Setelah mengisi data diri di atas, klik “Buat Akun Mahasiswa Baru” untuk membuat akun. Halaman berikutnya akan menampilkan informasi aktivasi akun melalui WhatsApp dan email sebagai calon mahasiswa baru. 

Apabila aktivasi akun selesai, langkah selanjutnya adalah kembali ke laman Sistem Informasi Akademik (SIA), lalu pilih tombol “Masuk Sebagai Calon Mahasiswa”. Halaman selanjutnya akan mengarahkan calon ke pembayaran dan registrasi yang lebih lengkap.

Pembayaran Billing Admisi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membayar billing admisi senilai Rp 100.000. Pembayaran dapat dilakukan di bank atau mitra Universitas Terbuka, yaitu BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI, BSI, Alfa Group, Tokopedia, OVO, atau Pospay.

Registrasi Data Pribadi

  • Lengkapi proses registrasi yang berupa data pribadi pada formulir data diri calon mahasiswa, informasi kontak, program pendidikan, pendidikan terakhir dan alih kredit, serta informasi tambahan.
  • Unggah berkas atau dokumen wajib yang diminta pada ikon yang sudah disediakan.
  • Bagi calon mahasiswa difabel, lakukan registrasi pada formulir yang disediakan. 

Validasi Data Pribadi

Setelah pengisian data selesai, data akan divalidasi oleh pihak Universitas Terbuka dalam waktu 3×24 jam dari proses pengisian kelengkapan data registrasi pribadi.

Cetak KTMS

Sembari menunggu proses validasi data pribadi, calon mahasiswa akan diarahkan untuk mengunduh dan mencetak kartu tanda mahasiswa sementara (KTMS).

Proses Registrasi Masa Kuliah

Lakukan registrasi mata kuliah sesuai dengan program yang ditempuh pada ikon akademik. Hati-hati jangan sampai salah menginputkan data ya sobat eCampuz.

Pelunasan Billing Registrasi Mata Kuliah

Setelah registrasi mata kuliah sesuai program yang ditempuh, lunasi billing registrasi mata kuliah pada bank dan mitra Universitas Terbuka. Bagaimana, sobat eCampuz? Mudah bukan melakukan pendaftaran di kampus Universitas Terbuka? 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan di Masa Depan, Tertarik?

Selama pendaftaran masih dibuka, pantau selalu informasinya agar tidak ketinggalan. Selain itu, persiapkan diri sebaik mungkin karena salah satu kunci untuk memasuki dunia kuliah adalah keyakinan. Pastikan jurusan yang dipilih sesuai dengan keinginan dan minat sobat eCampuz agar perkuliahan berjalan dengan senang dan nyaman.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)