Mahalnya biaya perguruan tinggi menjadi salah satu alasan pemerintah mengeluarkan KIP Kuliah. Program tersebut diharapkan mampu meringankan beban finansial kepada mahasiswa selama masa perkuliahan. 

Buat sobat eCampuz yang sedang gundah gulana dikarenakan masalah biaya yang harus dibayarkan selama perkuliahan, nggak ada salahnya lho mencoba daftar KIP Kuliah yang masih dibuka pendaftarannya sampai dengan bulan Oktober 2024. Supaya kamu nggak salah langkah, yuk perhatikan pengertian hingga syarat-syarat KIP Kuliah di bawah ini.

Apa Itu KIP Kuliah?

Kartu Indonesia Pintar atau yang dikenal dengan nama KIP Kuliah adalah program pemerintah berupa bantuan sosial dalam bentuk uang dan merupakan program untuk mahasiswa yang kurang mampu. Program ini berlaku pertama kalinya pada tahun 2021 setelah sebelumnya merupakan program Bidikmisi yang sudah dijalankan pemerintah sejak tahun 2011.

Selanjutnya pada tahun 2022, secara resmi program Bidikmisi dikembangkan menjadi KIP Kuliah Merdeka. Perkembangan tersebut memberikan bantuan biaya pendidikan yang lebih besar dibandingkan program sebelumnya.

Besaran Bantuan KIP Kuliah Merdeka

Jika program sebelumnya mendapatkan 2.4 juta, lain halnya dengan KIP Kuliah Merdeka. Sebab di program KIP Kuliah terbaru, mahasiswa akan menerima besaran bantuan tergantung rerata besaran biaya pendidikan di masing-masing jurusan. 

  • Prodi dengan akreditasi Unggul atau A atau Internasional maksimal Rp8.000.000 dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp12.000.000.
  • Prodi dengan akreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp 4.000.000.
  • Prodi dengan akreditasi Baik atau C maksimal Rp 2.400.000.

Bantuan lain yang didapatkan adalah biaya hidup, disesuaikan dengan wilayah perguruan tinggi. Puslatdik membaginya menjadin 5 klaster besaran, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000 per bulan.

Baca Juga : Beasiswa Kuliah Gratis dari Pemerintah untuk D3 sampai S3

Dengan tambahan bantuan berupa biaya hidup, alasan ekonomi tidak bisa lagi dijadikan alasan untuk sobat eCampuz tidak melanjutkan masa studi di perguruan tinggi. Apalagi, program ini terbuka untuk siapa saja bagi yang memenuhi syarat yang sudah ditentukan. 

Siapa saja bisa mendaftar, namun apakah semua perguruan tinggi bisa menerima mahasiswa baru melalui KIP Kuliah? Jawabannya, tidak semua perguruan tinggi menerima mahasiswa baru dari program KIP Kuliah ini. Segera cek, apakah kampus atau program studi sobat eCampuz masuk ke dalam daftar penerima.

Cara Cek PTN yang Menerima KIP Kuliah

  • Ketikkan nama perguruan tinggi yang dituju atau masukkan nama program studi yang diinginkan di kolom “Cari” 
  • Kemudian tekan “Enter” pada keyboard.

Syarat Penerima KIP Kuliah 2024

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang lulus tahun 2024 atau maksimal 2 tahun sebelumnya (2023 dan 2022).
  • Lulus seleksi di PTN atau PTS dengan prodi terakreditasi minimal C atau Baik.
  • Mempunyai potensi akademik baik tetapi berasal dari keluarga kurang mampu.
  • Penerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) SMA/SMK yang terdata pada Dapodik dan SiPintar.
  • Mahasiswa dari keluarga yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau penerima bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan bidang sosial sepert Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  • Masuk dalam kelompok masyarakat miskin maksimal pada 3 desil pada Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan Kemenko.
  • Mahasiswa dari panti sosial/asuhan.
  • Mahasiswa yang memenuhi syarat berikut:
    • Bukti pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta per bulan atau Rp 750 ribu per anggota keluarga.
    • Bukti keluarga miskin dalam bentuk surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang dikeluarkan dan dilegalisasi oleh pemerintah, minimum tingkat desa/kelurahan.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2024

  1. Mahasiswa melakukan pendaftaran di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.
  3. Sistem akan melakukan validasi data. Apabila berhasil, mahasiswa akan menerima email berisi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.
  4. Siswa memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNBP, SNBT, Mandiri).
  5. Perguruan Tinggi memverifikasi data siswa yang lolos di jalur seleksi.
  6. Jika verifikasi berhasil, maka siswa berhak menerima bantuan KIP Kuliah.

Timeline KIP Kuliah

Yuk, disimak dan dicatat tanggal tanggal penting di bawah ini. Jangan lupa segera daftar supaya tidak ketinggalan.

  • Pendaftaran Akun Siswa KIP Kuliah: 12 Februari – 31 Oktober 2024
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP): 13 Februari – 27 Februari 2024
  • Pengumuman Hasil SNBP: 26 Maret 2024
  • Pendaftaran UTBK-SNBT : 21 Maret – 5 April 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gel I : 30 April dan 2 – 7 Mei 2024
  • Pelaksanaan UTBK Gel II : 14 – 20 Mei 2024
  • Pengumuman Hasil SNBT : 13 Juni 2024

Baca Juga : Apakah Ini Tujuan Kuliah Bagi yang Merasa Tidak Pintar?

Jika mahasiswa lolos maka akan segera dihubungi oleh pihak perguruan tinggi yang bersangkutan. Jadi pastikan sobat eCampuz mengisi email dan nomor telepon dengan benar ya.

Bagaimana, sobat eCampuz tertarik untuk mendaftar? Jika sobat eCampuz masuk ke dalam syarat-syarat penerima KIP Kuliah, jangan ragu untuk segera mendaftar karena benefit yang didapatkan sangatlah besar.

Baca artikel menarik lainnya seputar dunia perkuliahan di eCampuz.com. Temukan informasi terkait jurusan kuliah dan juga tips menarik seputar kuliah lainnya.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Newsletter Subscribe

Get the Latest Posts & Articles in Your Email

[mc4wp_form id="517"]

We Promise Not to Send Spam:)